Tempat Wisata Taman Hutan Kota Srengseng Jakarta

Taman rekreasi dengan konsep taman wisata di jakarta adalah Hutan Kota Srengseng Jakarta. Ternyata lokasinya sangat mudah ditemukan. Jaraknya dari Jalan Raya Pos Pengumben tak sampai 1,5 km. Petunjuk arah nya pun jelas memandu kita hingga ke lokasi. Dari luar, penampakan nya tidak seperti hutan. Lebih mirip kantor instansi atau sekolahan, lengkap dengan gapura dan tugu berbentuk dinding yang menyembul dari rimbun nya pepohonan. Secara administratif Hutan Kota Srengseng termasuk Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat. Terletak di Jalan Haji Kelik, dengan koordinat geografis 6º13’12”LS dan 106º49”BT. Atau kalau mau cari di google maps koordinatnya -6.208783, 106.764093. Luasnya 15 ha, cukup luas untuk ukuran hutan kota. Hutan ini memiliki fungsi utama sebagai hutan konservasi dan daerah resapan air.

Sejarah Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng jakarta

Hutan Kota Srengseng disulap dari sebuah tempat pembuangan akhir sampah. Seiring dengan perkembangan waktu, tempat ini sudah tidak memungkinkan lagi menjalankan fungsinya. Oleh karena itu pemerintah DKI Jakarta mengubah fungsinya menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Tempat ini direhabilitasi dengan sistem gali uruk (sanitary landfill). Timbunan sampah yang terkumpul di urug dan ditutup dengan lapisan tanah. Konon, metode ini meniru apa yang dilakukan Kota Seoul, Korea Selatan. Kota itu berhasil menyulap tempat pembuangan sampah menjadi taman hijau World Cup Park. Hutan Kota Srengseng ditetapkan sebagai hutan kota lewat Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta nomor 202 tahun 1995. Dalam surat keputusan tersebut kawasan Hutan Kota Srengseng difungsikan. Sebagai daerah resapan air, pengawetan plasma nuftah, objek wisata dan aktifitas masyarakat. Namun pembangunan kawasan sudah dimulai sejak tahun 1993. Bahkan, persiapannya seperti pembebasan tanah sudah dimulai sejak tahun 1986.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota Srengseng Jakarta

Untuk tiket masuk ke Hutan Mangrove Taman Wisata Alam Angke Kapuk di Jakarta, Anda cukup membayar Rp 25.000 per orang . Untuk berkeliling menggunakan perahu, anda bisa menyewa dengan harga kisaran Rp 250.000 yang bisa menampung sebanyak 06 orang.

Daya Tarik Hutan Kota Srengseng Jakarta

Di Hutan Kota Srengseng ini terdapat banyak tempat untuk beraktifitas terutama untuk ber olahraga seperti jogging tracker. Lapangan untuk senam, tempat bermain untuk anak-anak. Selain memberikan pemandangan alam dari pepohonan hijau tetapi juga tersedia wahana permaianan dan tempat untuk berolahraga. Selain dari itu Hutan Kota Srengseng di Jakarta juga terdapat sebuah danau. Untuk melakukan kegiatan memancing atau kemping, memiliki lahan parkir yang cukup luas juga. Kemudian data yang dihimpun pada tahun 2016 ada sekitar 4.800 kurang-lebih pohon yang ada di wisata keluarga itu.

Dan terdiri dari 63 spesies. Hutan Kota Srengseng mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum. Hutan ini berada sekitar 300 meter dari halte Transjakarta Jalan Panjang, dan dari jalur. Sebaliknya tersedia angkutan kota nomor 24 dan bus Kopaja jurusan Blok M-Meruya. Selain Hutan Kota Srengseng, satu lagi lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat libur Lebaran. Yakni Mangrove yang terletak di Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Di sini wisatawan bisa berkeliling dengan berjalan kaki di pedestrian kayu. Yang telah di sediakan sambil menghirup udara segar dan berfoto selfie bersama teman-teman atau keluarga.

Alamat Wisata Hutan Kota Srengseng Jakarta

Hutan Kota Srengseng Kota Administrasi Jakarta Barat terletak di provinsi Jakarta, Indonesia. Tepatnya di Jalan Haji Kelik RT.8/RW.6, Srengseng, Kembangan, RT.8/RW.6, Srengseng, Jakarta Barat, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11630. Terdapat 8 tempat wisata di jakarta Kota Administrasi Jakarta Barat. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke objek wisata tersebut. Silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.

Jam Buka dan Tutup Hutan Kota Srengseng Jakarta

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kota Administrasi Jakarta Barat. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Hutan Kota Srengseng. Hutan Kota Srengseng buka jam 07.00 dan tutup jam 17.00. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.