Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Destinasi wisata gunung tangkuban perahu Bandung merupakan tempat wisata yang sangat popules di kalangan wisatawan. Karena hal tersebut di latar belakangi oleh cerita dongeng yang menark. Dan hampir seluruh rakyat indonesia mengetahui kisah Sangkuryang dan ibu nya Dayang Sumbi. Dan sampai sekarang kisahnya melenggenda di nusantara. Oleh sebab itu tujuan wisatawan ini tidak boleh di abaikan ketika anda berlibur di kota Bandung. Oleh sebab itu kapan lagi anda bisa menyaksikan secara langsung satu antara objek wisata yang. Menjadi legenda di nusantara selain wisata danau toba.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

gunung tangkuban perahu bandung

 

Tangkuban perahu Bandung merupakan segelintir dari banyak tujuan wisata favorit di Lembang yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung. Dimana wisata gunung Bandung ini berada di propinsi Jawa Barat, berjarak 20 KM menuju ke arah utara kota Bandung. Ketika menuju lokasi wisata, pengunjung akan disuguhkan rimbun pohon pinus dan hamparan perkebunan kebun teh yang berada di sekitar-nya. Menurut administratif, gunung aktif Lembang Bandung memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter. Bentuk salah satu gunung legenda Indonesia mirip Stratovulcano yang memiliki pusat erupsi yang senantiasa berpindah-pindah dari timur ke arah barat. Ketika gunung meletus, batu batu hasil letusan kebanyakan berupa lava, sulfur Belerang dan mineral. Namun jika gunung sedang tidak aktif maka yang dikeluarkan hanya uap belerang.

Keberadaan gunung Tangkuban Perahu Bandung menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, sebab semakin banyak wisata pemandian air panas bermunculan. Seperti curug Cipanas Nagrak Kancah Bandung yang mengambil sumber mata air dari gunung aktif Bandung ini. Daerah kawasan wisata, hingga sekarang dikelola oleh pemkab Bandung yaitu perum kehutanan. Ketika siang hari suhu di daerah gunung sekitar 17 derajat celcius. Sedangkan ketika malam hari suhu mencapai angka 2 derajat celcius. Gunung Tangkuban perahu Bandung memiliki beberapa kawasan hutan. Diptrokat Bukit yaitu hutan Montane, hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas dan hutan gunung. Beberapa kawah gunung juga masih memberikan sinyal-sinyal gunung aktif. Tanda gunung ini masih aktif terlihat muncul nya gas belerang. Serta sumber-sumber air api yang berada di kaki gunung, seperti di kawasan Ciater, Subang.

Menurut Para Ahli

Para ahli geologi telah meyakini bahwa kawasan dataran tinggi Bandung yang memiliki ketinggian mencapai 709 meter dari permukaan laut. Merupakan sisa sisa dari danau besar yang terbentuk akibat pembangunan Ci Terum, disebabkan oleh letusan gunung merapi purba. Yang sering dikenal gunung Sunda dan gunung Tangkuban perahu Bandung. Hingga sekarang masih ada sisa-sisa dari gunung Sunda Purba yang masih aktif. Kejadian langkah seperti itu juga bisa teman-teman temui di gunung Krakatau. Yang berada di selat Sunda dan kawasan Ngorongoro berada di Tazania, Afrika. Hingga sekarang legenda Sangkuriang yang merupakan cerita legenda Tangkuban Perahu. Menjadi dokumentasi dari masyarakat sekitar yang hidup di kawasan Wisata, diadopsi dari berbagai peristiwa pada jaman dulu.

Tiga Wahana Tangkuban Perahu Yang Populer

Di tempat wisata Bandung ini, setidaknya kawan bisa menemukan tiga kawah Tangkuban Perahu. Yang cukup populer yaitu kawah Upas, kawah ratu dan kawah domas. Kawah-kawan tersebut terjadi akibat besarnya letusan gunung pada beberapa tahun silam. Diantara ke-3 kawah itu, paling populer dikalangan pengunjung yakni kawah ratu. Tepat di pinggiran kawah diberi pembatas berupa agar, agar menjaga keselamatan pengunjung. Di sekitar kawasan wisata, ada banyak penjual souvenir khas Bandung seperti syal, handmade, boneka, tas, baju dan lain-lain. Sepertinya cocok digunakan sebagai oleh-oleh keluarga. Jam operasional wisata buka pukul 08.00 WIB hingga tutup kembali pukul 17.00 WIB.

Cerita Asal Usul Nama Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Melihat perahu yang menjadi syarat agar sangkuriang bisa menikahinya tampak segera selesai dibuat oleh sangkuriang. Dayang Sumbi pun mengatur siasat untuk menggagalkan usaha sangkuriang. Lantas, dayang sumbi pun membangunkan ayam menggunakan kain yang sudah diberi penerangan cahaya. Sehingga ayam itu pun mengira bahwa hari sudah memasuki pagi hari. Dan dengan kuasa tuhan yang maha kuasa, akhirnya usahanya pun berhasil dilakukan. Dimana ayam – ayam pun pada berkokok meski waktu sebenarnya masih tengah malam. Nah mendapati kenyataan demikian. Maka sangkuriang pun menjadi sangat kesal dibuatnya. Karena usaha kerja kerasnya dirasakannya telah gagal. Dan oleh karenanya, maka ia pun dengan perasaan marah menendang perahu yang belum sempat jadi tersebut. Hingga terbalik dan jadilah sebuah gunung. Dan dari kisah atau cerita Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Inilah yang kemudian dipercaya sebagai awal mula tebentuknya gunung Tangkuban Perahu.

Daya Tarik Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata yang memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya. Dan yang menjadi daya tarik wisata dari gunung berapi yang masih aktif ini. Karena dekat dengan lembang yang suhu alamnya penggunungan yang sangat sejuk. Meskipun tergolong gunung berapai yang masih aktif. Namun Gunung tangkuban perahu tidaklah berbahaya bagi masyarakat yang hendak melihat keindahannya dari dekat.

Misteri Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung ini memiliki mitosyang sangat menarik. Mitos yang tersebar ddi kalangan warga sekitar gunung tangkuban perahu adalah. “Barang siapa yang bisa melemparkan batu dari tepi kawah sampai tengah kawan”. Maka hajat kita akan terkabul dan faktanya. Sampai saat ini belum ada orang yang berhasil melemparkan batu hingga jatuh di tengah kawah gunung tangkuban perahu.

Fasilitas Wisata Gunung tangkuban Perahu Bandung

Destinasi wisata terpopuler dan banyak dikunjungi wisatawan. Pengelola kawasan wisata ini yaitu perum perhutani sudah menyiapkan banyak fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Mulai dari tempat wisata kuliner seperti warung – warung makan dan minum. Lalu kemudian pusat wisata belanja aneka cendera mata dan oleh – oleh bandung. Dan ada pusat informasi, tenaga keamanan, areal parkir yang luas dan aman, toilet. Dan mushola serta masih banyak fasilitas yang lainnya.

Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Wisatawan Domestik Harga
Tiket masuk Rp. 15.000
Parkir Motor Rp. 5. 000
Parkir Mobil Rp. 10. 000
Parkir Bus Rp. 20.000
Wisatawan Asing Harga
Tiket masuk Rp. 50.000
Parkir Motor Rp. 7.000
Parkir Mobil Rp. 15.000
Parkir Bus Rp. 25.000

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

Anda mengunjungi lokasi wisata berada di Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lantaran objek wisata Lembang ini populer di kalangan wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Maka tidak heran ketika akhir pekan terlebih musim liburan lokasi wisata bakal dipadati pengunjung. Supaya sampai ke lokasi wisata, ada beberapa rute yang bisa diambil. Bagi teman-teman berasal dari kota Bandung. Menuju lokasi wisata menggunakan kendaraan pribadi maka ada dua rute ke Tangkuban perahu yang bisa di pilih.

  1. Keluar dari pintu tol Pasteur lalu menuju ke jalan Dr. Djunjunan – Pasir Kaliki -Sukajadi -Setia Budi – Lembang dan terakhir sampai ke lokasi wisata.
  2. Keluar dari pintu tol Padalarang menuju ke Cimahi lalu belok kiri kearah jalan Kolonel Masturi. Sampai di pertigaan jalan raya Lembang belok ke arah kiri, anda pun sampai di lokasi wisata.

Sementara bagi anda yang menggunakan transportasi kendaraan umum, anda pun dapat mengambil rute :

  1. Dari terminal Leuwi Panjang(Bandung), mengambil bus jurusan bandung Indra Mayu lalu turun di pertigaan gerbang masuk wisata.
  2. Dari Stasiun Hall(Bandung), naik angkot yang jurusan ke Hall-Lembang. Turun di perempatan(Lembang – Maribaya – lokasi wisata) naik angkot jurusan Cikole turun di pinggir kawah Gunung.

Jarak lokasi wisata dari kota Bandung sekitar 20 Km, selama perjalanan tersebut. Pengunjung disuguhi oleh pemandangan yang menawan deretan hutan pinus serta kebun teh yang membentang luas menghijau.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!