Jalur Pendakian Tempat Wisata Gunung Prau Dieng Wonosobo

Gunung Prau Dieng Wonosobo memang terkenal di kalangan pendaki, namun tetap saja masih banyak belum mengetahui fakta nya. Walaupun begitu Gunung Prau Dieng Wonosobo menjadi salah satu destinasi tempat wisata  Wonosobo favorit bagi para pendaki sejak tahun 2014. Gunung Prahu Dieng atau yang lebih di kenal dengan Gunung Prau. Gunung Prau Dieng ini merupakan salah satu objek wisata wonosobo. Yang wajib sekali untuk di kunjungi pada saat berwisata ke Dieng. Gunung Prau Dieng ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung nya, sehingga tak pernah sepi akan pengunjung.

Pesona Keindahan Gunung Prau Dieng Wonosobo

Gunung Prau Dieng Wonosobo

Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo dan juga menikmati pesona salah satu spot golden sunrise terbaik di Indonesia. Yang bakalan susah di tolak oleh pendaki manapun di Dunia. Dataran tinggi Dieng di Wonosobo mempunyai banyak cerita yang seperti nya tidak akan pernah habis untuk di bahas. Alam yang begitu sejuk serta hijau nya perbukitan yang bisa di intip dari berbagai sudut di langit-langit desa ini. Perpaduan yang sempurna ini akan terasa akan semakin lengkap di waktu pagi. Yaitu saat matahari mulai terbit menampakan sinar nya dari balik Gunung Prau Dieng Wonosobo ini. Gunung Prahu atau lebih sering akrab di sapa dengan Gunung Prau Dieng ini. Memiliki ketinggian mdpl sendiri merupakan gunung yang mencakup 3 wilayah di Jawa Tengah. Yaitu Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Wonosobo.

Meskipun tidak setinggi puncak lain yang berdiri gagah mengelilingi nya. Seperti si kembar Sindoro & Sumbing , Slamet serta Unggaran. akan tetapi Gunung Dieng Prau Wonosobo ini mempunyai pesona nya sendiri. Sehingga mampu menarik perhatian para wisatawan. Untuk melakukan pendakian kedua, ketiga, dan seterusnya. Di puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo juga terhampar padang rumput yang begitu sangat luas. Yang membentang mulai dari ujung timur ke barat dengan sedikit pepohonan. Karena ketinggian nya memang tidak seberapa. Dan mungkin juga bisa di daki oleh anak kecil sekalipun. Gunung yang mendapat julukan Gunung Seribu Bukit ini selalu di kucilkan dan di pandang sebelah mata. Oleh orang-orang yang menganggap diri profesional. Namun keindahan tetap tidak bisa berbohong, puncak kerdil ini bahkan sudah mampu menyihir para pendaki. Yang tentu nya sudah pernah merasakan mendaki gunung tertinggi di berbagai belahan dunia.

Letak Dan Lokasi Gunung Prau Dieng Wonosobo

Berada di ketinggian 2.565 mdpl, Gunung Prau menjadi gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Secara administrasi lokasi Gunung Prau Dieng memanjang meliputi lima kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal. Di setiap kabupaten ini terdapat jalur-jalur pendakian yang sudah biasa ditempuh.

Medan Dan Akses Pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo

Akses untuk menuju Gunung Prau Dieng Wonosobo cukup lah mudah. Bisa memulainya dari desa-desa yang menjadi base camp awal pendakian. Medan atau trek pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo juga tergolong cukup ringan dan cukup gampang. Untuk di tempuh oleh pendaki pemula. Kawasan Gunung Prau Dieng Wonosobo yang sebagian besar ditutupi oleh rerumputan dan semak belukar. menjadikan medannya cukup aman. Tidak banyak pepohonan tinggi yang Akan menutupi pemandangan. Jalan setapak menuju puncak tidak terlalu menanjak sehingga menjadikannya tidak terlalu sulit. Dan tidak terlalu menguras tenaga. Lagi pula tak ada kata sulit jika tekad sudah bulat. Hanya perlu mengikuti jalur yang sudah sering ditempuh dengan tetap berhati-hati menjaga diri.

Waktu Terbaik Untuk Mendaki Gunung Prau Dieng Wonosobo

Untuk dapat menikmati sajian Gunung Prau Dieng Wonosobo secara lengkap. Maka sangat di sarankan untuk mendaki pada saat musim kemarau. Karena jalur pendakian akan kering dan tidak becek. Sehingga aman untuk di lalui. Selain pertimbangan jalur, pada musim kemarau juga akan sangat mudah menentukan lokasi mendirikan tenda di puncak berbeda saat musim penghujan. Di luar dari faktor teknis yang telah di jelaskan. Mengapa musim kemarau di anggap sebagai waktu terbaik untuk mendaki gunung ini. Adalah karena pada musim ini langit di puncak akan sangat bersih. Dan juga tidak tertutupi oleh awan mendung. Sehingga Golden Sunrise Gunung Prau Dieng Wonosobo yang sangat melegenda ini akan terlihat secara penuh.

Tak hanya sampai di situ, musim kemarau juga merupakan pertanda bahwa bunga-bunga di Taman Bunga Daisy mulai bermekaran. Namun pada saat musim kemarau tiba. Suhu di puncak gunung pada saat musim kemarau ini akan mencapai titik terdingin. Dan angin nya pun terkadang akan sangat kurang bersahabat. Oleh karena itu, ada baik nya untuk mempersiapkan segala sesuatu nya seperti jaket dan juga baju hangat. Serta obat-obatan pribadi dan juga masker untuk mengantisipasi debu.

Bukit Teletubies

Masih di area yang sama, yaitu Gunung Prau Dieng Wonosobo terdapat sebuah bukit yang imut. Yang mirip bukit yang ada di film Teletubies. Dan karena memang sangat mirip, maka bukit itu pun di beri nama bunit Teletubies. Rerumputan hijau dan dataran bukit yang timbul tenggelam. Membuat para wisatawan seakan enggan untuk berhenti melakukan swafoto. Baja juga tempat wisata pantai karapyak pangandaran dan tempat wisata pantai karang nini ciamis

Taman Bunga Daisy

Di waktu -waktu tertentu, yaitu di akhir musim hujan atau menjelang musim kering. Bukit Teletubies akan di tutupi hamparan Bunga Daisy. Bunga endemik ini mekar serentak mewarnai Bukit Teletubies di Puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo. Warna-warni indah yang tidak akan sering di saksikan. Dan tentu nya wajib sekali untuk di abadikan dengan kamera.

Memandang Sunrise Dan Sunset Dari Puncak Prau

Camping di Gunung Prau Dieng Wonosobo akan memungkinkan para wisatawan untuk melihat sunrise yang indah pada saat pagi hari tiba. Keindahan sunrise yang berwarna jingga keemasan. Atau yang lebih di kenal dengan Golden Sunrise. Di lihat dari Puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo ini lah yang di buru oleh pecinta fotografi dan juga penikmat alam. Gunung Pra juga terkenal dengan view silver sunrise nya yang juga tak kalah indah. Selain itu juga, senja hari nya juga bisa menikmati sunset. Nikmati dan abadikan lah detik-detik kembali nya matahari ke peraduan nya. Keindahan yang harus kita syukuri.

Jalur Pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo

Untuk menuju puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo ini, ada 2 jalur alternatif. Yang dapat di tempuh. Yaitu melalui utara dan jalur selatan.  Untuk jalur selatan, Jalur selatan adalah jalur yang melintasi dataran tinggi Dieng ( Desa Patak Banteng). Jalur ini sangat lah di rekomendasi kan apabila para pendaki yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu. Karena jarak tempuh melalui jalur selatan hanya sebanyak 2 hingga 3 jam perjalanan saja.

Nah sedangkan untuk para pendaki yang ingin menggunakan jalur Utara. Jalur utara dapat di tempuh melalui Kabupaten Kendal. Bisa berangkat dari Desa Genting Gunung, Desa Kenjuran. Maupun Desa Balong yang berada di Kecamatan Sukorejo. Jarak tempuh jalur utara ini lebih jauh dan lebih lama. Kurang lebih membutuhkan  waktu sekitar 5-6 perjalanan. Jika ingin menikmati sunrise, sebaik nya berangkat lah pada pukul 01.00 WIB. Dan akan sampai di puncak tepat pada pukul 04.00 WIB.