Mitos Di Tempat Wisata Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo

Menghabiskan masa liburan paling tepat adalah dengan berkunjung ke objek wisata. Salah satu objek wisata desa yang tergolong baru di Wonosobo yaitu Wisata Gunung Lanang Mergolangu. Tempat wisata Wonosobo ini menawarkan keindahan alam nya yang membuat para pengunjung nya akan merasa terpesona. Bahkan pemandangan di sekeliling nya akan nampak indah. Bila di lihat dari gunung lanang mergolangu Wonosobo ini. Di jamin, para pengunjung tak ingin cepat-cepat pulang. Karena keindahan alam nya membuat perasaan sejuk nan tenteram.

Tempat Wisata Gunung Lanang Wonosobo Jawa Tengah

Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo

Gunung Lanang Mergulangu Wonosobo itu merupakan sebuah tempat wisata dengan pemandangan alam yang memukau. Tempat wisata di Wonosobo ini sangat lah cocok untuk pra pecinta alam yang suka memburu sunrise di saat pagi hari. Lokasi yang mudah di capai sehingga tidak tidak lah usah berjalan jauh untuk menuju tempat wisata ini. Karena lokasi nya yang berdekatan dengan perkampungan yang sudah berada di dekat gunung lanang mergolangu Wonosobo. Gunung lanang mergolangu Wonosobo secara adminitrasi berada di Kabupaten Wonosobo. Tepat nya di perbatasan Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang dengan Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang. Gunung lanang mergolangu Wonosobo ini memiliki ketinggian setinggi 1.105 meter. Di atas permukaan air laut mdpl. Dengan ketinggian relative 1.010 mdpl. Gunung Lanang merupakan puncak dari sebuah dataran tinggi yang tak terlalu luas di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Purworejo.

Berpetualang Ke Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo

Menikmati sensasi berpetualang yang menantang, tempat wisata gunung lanang mergolangu Wonosobo. Mungkin bisa menjadi rujukan masyarakat untuk bisa menaklukan nya. Namanya Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo . Yang terletak di perbatasan antara Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang dengan Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo. Tempat ini merupakan objek wisata yang masih baru di Wonosobo, yang memiliki pemandangan yang sangat indah, karena berada di ketinggian. Di puncak dataran tinggi tersebut, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah wilayah Kabupaten Wonosobo. Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, sehingga dari puncak dapat melihat banyak tempat dengan pemandangan bagus.

Jika di lihat sekilas, bentuk puncak Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo dan Gunung wadon ini mirip. Seperti Lingga dan Yoni. yang merupakan prasasti kuno yang berbentuk seperti kelamin pria dan wanita.  Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Gunung Lanang berarti Gunung Laki-laki dan Gunung Wadon adalah Gunung Wanita. Mungkin ini masih ada kaitannya dengan sejarah masyarakat kuno. Namun legenda asal mula penamaan kedua gunung ini belum diketahui secara akurat. Baca juga tempat wisata kebun teh tambi wonosobo

Mitos Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo

Setiap tempat wisata pasti memiliki sebuah mitos yang tersebar di sekitar nya. Seperti hal nya salah satu tempat wisata Gunung Lanang Mergolangu. Gunung  Lanang menyimpan mitos yang secara turun-temurun dipercayai warga sekitar. Masyarakat setempat percaya, Gunung Lanang dulu merupakan seorang pemuda yang dikutuk karena bersikeras mempertahankan cintanya yang tak direstui orang tuanya. Masyarakat juga percaya, Gunung Tampomas atau disebut Gunung Wadon merupakan pasangan nya. Gunung Lanang sendiri tempat yang menjadi titik tertinggi di jajaran Pegunungan Serayu Selatan. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 1.105 mdpl.

Harga Tiket Dan Akses Jalan Menuju Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo

Untuk menuju puncak Gunung Lanang Mergolangu Wonosobo, para pengunjung harus melakukan pendakian sekitar setengah jam dari titik awal. Namun, para pengunjung tidak perlu lagi khawatir. Karena sepanjang jalan setapak tersebut telah di beton oleh pihak pemerintah desa setempat. Sehingga akan memudahkan untuk melakukan pendakian. Jika telah mencapai puncak, para pengunjung akan di suguh kan dengan panorama alam yang snagat indah. Termasuk Waduk Wadaslintang Wonosobo.

Selain itu juga terdapat ait terjun di sekitar gunung Lanang Mergolangu Wonosobo ini. Di puncak Gunung Lanang ini terdapat sebuah batu yang besar. yang tegak berdiri di antara jurang. Kekurangan dari tempat wisata ini hingga saat ini yaitu akses jalan menuju Gunung Lanang masih minim petunjuk jalan. Sehingga para pengunjung sangat di anjurkan untuk selalu bertanya tentang rute kepada penduduk di sekitar tempat wisata ini. Untuk menuju ke sana para wisatawan dapat melalui Kecamatan Sapuran. Yang jarak nya berada cukup jauh sekitar 28 Kilometer dari pusat kota Wonosobo. Untuk masuk ke lokasi Gunung Lanang, pengunjung hanya akan ditarik karcis Rp 5.000. Untuk kemudian menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sekitar setengah jam. Namun, jangan lah khawatir. Karena sepanjang jalan menuju Gunung Lanang. Para wisatawan akan di suguh kan dengan spot-spot foto yang tak kalah indah. Dan pasti nya akan memberikan kesan yang tidak akan pernah terlupakan.

Pencarian Terbaru: