Hiking Ke Tempat Wisata Gunung Lanang Banjarnegara

Gunung Lanang Banjarnegara ini adalah gunung kecil yang terletak di Dusun Wiradarna Kecamatan Bawang Banjarnegara. Jika di ukur menurut dengan ketinggian gunung ini tidak sampai 600 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi warga sekitar tetap menganggap mungkin karena pengaruh kuno secara turun temurun. Wisata Gunung lanang Banjarnegara ini merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi untuk menikmati keindahan alamnya. Mungkin masih banyak yang belum tahu letak atau keberadaan gunung ini. Warga setempat sangat bangga akan keindahan gunung Gunung Kecil ini. Karena selain tempatnya yang sangat indah suasana desanya pun teduh dan membuat anda nyaman berada di sana.

Gunung Lanang Banjarnegara

Terlepas dari itu gunung Lanang Banjarnegara ini menyimpan misteri dan mitos ataupun legenda yang secara turun – temurun. Sangat di percaya oleh warga sekitar, dan warga setempat juga percaya bahwa gunung lanang ini dulunya. Ada seorang anak pemuda yang di kutuk oleh kedua orang tuanya karena bersikeras untuk mempertahankan cintanya. Yang tidak di restui oleh kedua orang tuanya dan masyarakt juga percaya bahawa Gunung Tampoms (Gunung Wadon) adalah pasangannya. Memang sekilas dari bentuknya kedua gunung ini mirip seperti Lingga dan Yoni. Yang merupakan prasasti kuno berbentuk kelamin pria dan wanita. Karena jika di artikan ke dalam bahasa Indesia munurut EYD Gunung Lanang Banjarnegara ini. Berarti Gunung Laki – Laki dan Gunung Wadon adalah Gunung Wanita. Mungkin saja ini ada kaitannya dengan sejarah masyarakat kuno. Akan tetapi legenda asal mula penamaan kedua gunung ini masih belum di ketahui secara akurat. Mungkin nanti desa ini akan mengundang arkeologi untuk menelita kedua gunung tersebut.

Asal Mula Gunung Lanang Banjarnegara

Gunung Lanang Banjarnegara ini yaitu Batu yang sangat besar yang bisa di bilang menyerupai Gunung. Dan asal mulai di berinama Gunung Lanang Banjarnegara ini yaitu dari bentuk. Yang mungkin menyerupai alat kelamini Laki – laki jika di lihat dari kejauhan, menurut warga sekitar. Gunung Lanang Banjarnegara yaitu pasangan dari Gunung Wadon atau yang lebih di kenal dengan nama Gunung Tamponmas. Gunung lanang ini menurut warga sekitar sangat sakral, dan anda bisa lihat apabila mengunjungi Gunung lanang. Yang masih memiliki beberapa sesajen, maka dari itu anda berkunjung ke sana harus menjaga perilaku anda. Agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan.

Akses Munuju Gunung Lanang Banjarnegara

Aksesnya cukup mudah karena suda dilalui aspal semua. hanya dengan waktu sekitar 45menit dari jalan raya. Bagi kalian yang ingin ke Puncak Gunung Lanang, kalian harus menyiapkan fisik dahulu, karena jalan ke Puncak sangat menguras tenaga. Namun tidak disarankan untuk naik ke puncak saat hujan, karena daerah tersebut rawan sekali tersambar petir. Sangat butuh perjuangan untuk sampai ke Puncak Gunung Lanang, namun perjuangan tersebut. Akan terbayar dengan keindahan pemandangan dari Puncak Gunung Lanang Banjarnegara ini. Jangan lupa baca juga tempat wisata curug cikopel Banjarnegara

Fasilitas Gunung Lanang Banjarnegara

Meskipun Gunung Lanang Banjarnegara ini tidak sepopuler wisata puncak Lawe yang berada di Kecamatan Banjarnegara. Mungkin dengan penambahan fasilitas seperti Tali Tambang akan lebih mudah pengunjung dan jelas akan menambah jumlah pengunjung. Gunung lanang ini tidak di kenakan biaya alias gratis. Jika mengunjungi gunung ini selain anda dapat menikmati keindahan alamnya. Disini anda juga bisa melakukan panjat tebing menggunakan akar-akar yang menjuntai disamping. Karena memang jika kita ingin menuju ke puncaknya kita terlebih dahulu memanjat akar-akar tadi.

Pencarian Terbaru: