Tempat Wisata Sejarah Gunung Kinabalu Malaysia

Gunung Kinabalu Malaysia yang memiliki ketinggian yang mencapai 4.095 mdpl. Gunung ini yang merupakan gunung tertinggi di Malaysia dan menepati ukuran ke-3 dalam barisan gunung tertinggi di Benua Asia. Ketinggiannya yang masih lebih rendah 789 meter ini di bandingkan dengan gunung jayawijaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Letak gunung kinabalu yang berada di daerah Ranau, Kundasang Kota Sabah, Malaysia bagian Barat. Yang termasuk ke dalam World Heritage UNESCO. Yang merupakan taman nasional pertama di Malaysia yang di resmikan pada tahun 1964.

Tempat Wisata di Malaysia Gunung Kinabalu

Untuk sebagian besar masyarakat Malaysia yang khususnya penduduk Sabang, Gunung Kinabalu. Yang merupakan bagian terpenting untuk mereka adalah simbol kebanggaan, kebesaran dan semangat persatuan. Sementara dari segi spiritual gunung kinabalu sangat di percaya sebagai tempat bernaungannya roh para leluhur. Tidak jauh dari gunung – gunung yang ada di Indonesia. Gunung Kinabalu yang menyimpan bagian kisah legenda dan misteri di dalamnya.

Sejarah Gunung Kinabalu Malaysia

Konon pada zaman dahulu gunung Kinabalu yang di jaga oleh seekor naga raksasa. Yang tidak ada satu orang pun yang dapat melawannya. Semua penduduk takut untuk menjamahi Gunung Kinabalu Malaysia ini. Dan sementara itu para manusia yang sangat menginginkan mutiara berharga yang tersimpan rapih di salah satu sudut gunung Kinabalu. Hingga suatu hari seorang pangeran dari negeri Cina datang untuk merampas mutiara tersebut.

Dan setelah melakukan pertempuran yang sangat dahsyat dan sengit. Pada akhirnya ia berhasil menewaskan sang naga yang membawa mutiara berharga di Gunung Kinabalu. Dan kisah tersebut juga masih saja berlanjut hingga hendak pulang ke negeri Cina. Dan sang pangeran tersebut melihat seorang gadis yang sangat cantik dari suku Kadazan (suku asli daerah Sabah). Dan kemudian ia berhasil menikahi gadis tersebut, namun setelah beberapa saat kemudian dari hari pernikahannya. Sang pangeran pergi pulang ke negeri asalnya dan menelantarkan istrinya.

Karena merasa sedih, kecewa, hancur dan juga patah hati, kemudian gadis Kadazan pergi ke kawasan. Gunung Kinabalu Malaysia untuk menenangkan hatinya, namun ketika ia sampai malah terus – terusan menangis saat berada di Gunung Kinabalu. Saking sering dan lamanya ia menangis dan juga mengatakan hal – hal yang tidak seharusnya, gadis Kadazan berubah menjadi batu.

Kisah di atas merupakan awal mula penamaan gunung Kinabalu. Dimana kata ‘Kina’ memiliki arti Cina dan ‘Balu’ memiliki makna Janda. Berarti gunung Kinabalu bisa diartikan sebagai ‘Jandanya Pangeran Cina’. Sementara suku Kadazan memiliki versi tersendiri dalam penamaan gunung Kinabalu. Menurut mereka gunung Kinabalu juga bisa disebut dengan nama ‘Aki Nabalu’ yang memiliki makna ‘gunung Nenek Moyang’. Hal ini menggambarkan bahwa gunung Kinabalu merupakan tempat bersemayamnya nenek moyang atau leluhur mereka.

Biaya Ke Gunung Kinabalu Malaysia

Dari Bandara Soekarno – Hatta, Jakarta menuju Bandar Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Harga tiket berkisar Rp. 1.000.000, hingga Rp. 2.200.000 ( terhitung pemesanan seminggu sebelum keberangkatan, harga selalu berubah). Dari bandar Kinabalu anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan minivan atau taksi bersama. Harga untuk satu kali jalan sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 70.000 setelah sampai, ada beberapa biaya retribusi yang harus di bayar dan jika langsung di total kan mencapai Rp. 1.300.000

Pembentukan

gunung Kinabalu yang terbentuk daro tumnukan litosfera Laut China Selatan dan litosfera yang berbentuk pulau Kalimantan. Litosfera adalah bagian yang paling atas permukaan kerak bumi. Dalam tumbuhkan itu litosfera Laut Cina Selatan semakin tenggelam. Ke bawah permukaan bumi dan memberikan tekanan kepala litosfera yang membentuk kalimantan.

Tekanan itu mendorong bongkahan Gunung Kinabalu yang terletak di bawah permukaan bumi naik ke atas permukaan bumi. Dorongan itu menyebabkan Gunung Kinabalu bertambah tingginya 5 mm/tahun dan hal ini tidak dapat dilihat dengan kasat mata.

Ciri Fisik

Permukaan asal Gunung Kinabalu yang terdiri dari bebatuan sedimen yang terpecah karena kikisan selama 8 hingga 12 juta tahun. Kikisan yang terus menerus itu pada akhirnya menyebabkan batuan beku menjadi lebih kuat. Semua puncak tinggi di dunia di tutupi es tebal pada waktu kuartenar atau zaman air batu. Yang terjadi kurang lebih satu juta tahun yang lalu termasuk gunung kinabalu Malaysia. Yang ketika saat itu tingginya dengan gunung – gunung di Pegunungan Hilamaya. Ketika itu puncak kinabalu di selubungi es dan terjadi pencairan glaser. Pencairan glasier itu dapat dilihat di kawasan Pinusok Gravel yaitu sebuah tempat wisata Malaysia yang terletak di antara Kundasang dan Ranau.

Rute Gunung Kinabalu Malaysia

Dengan ketinggian yang mengagumkan anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 4 jam saat menaikinya. Meskipun demikian anda harus tetap hati – hati jika mencoba naik ke atas. Sebab bebatuan yang berada di sana sudah berusia ratusan tahun dan terkadang cukup licin untuk di jadikan pijakan. Sebelum anda benar – benar menuju puncak dan Low Peaks di Kinabalu berikut ada beberapa pemberhentian. Yang akan anda temui selama di perjalanan KM 0. (Pondok Timpohon). Titik pertama pendaki Anda bisa menyewa perlengkapan untuk memudahkan pendakian seperti tongkat dsb. KM 0 – 1.

Masih minim titik daki, namun pemandangan air terjun Carson akan anda lihat dari sini. KM 2 – 4 Anda akan mulai menemukan jalur pendakian dengan anak tangga dari batu. KM 4 – 6. Tantangan pendakian dimulai di titik ini, suasana mulai berkabut. Dan jalan-jalan batu mulai terasa licin, cukup berbahaya bagi anda yang tidak fokus. KM 6. Merupakan titik peristirahatan di mana ada resort Laban House yang harus anda pesan sejak awal pendakian. Anda bisa beristirahat dengan nyaman di sini KM 6 – 8. Merupakan titik terakhir menuju puncak, di mana bebatuan mulai terlihat dan pepohonan mulai jarang ditemui. Anda akan merasakan hembusan angin kuat menerpa karena tak ada pepohonan yang menghalangi.

Baca juga batu caves Malaysia