Wisata Goa Sumur Mudal Pangandaran Yang Melegenda

Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota nya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara. Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan. Serta di Kabupaten Tasikmalaya di Barat. Pangandaran dahulu nya masuk dalam kawasan Kabupaten Ciamis, semenjak Oktober 2012. Pangandaran resmi berdiri sebagai wilayah administrasi Kabupaten sendiri. Dan sejak saat itu lah Pangandaran terus melesat perkembangan nya. Salah satu nya adalah dari sektor pariwisata nya. Karena memang, ada banyak sekali tempat wisata Pangandaran yang bisa sekali untuk kita kunjungi. Wisata Pangandaran berupa objek wisata pantai, wisata alam, air terjun, dan lain sebagai nya. Yang juga tak kalah indah dari tempat-tempat lain. Bahkan bisa mengalahkan destinasi wisata di luar negeri sekalipun. Nah, tempat wisata Pangandaran yang akan kita bahas pada kali ini yaitu tempat wisata Goa Sumur Mudal Pangandaran.

Sejarah Goa Sumur Mudal Pangandaran

Gua Sumur Mudal Pangandaran

Asal muasal Goa Sumur Mudal Pangandaran ini berasal dari bentuk goa yang menyerupai cekungan seperti sumur dan dulu di Goa Sumur Mudal ini terdapat sebuah mata air yang mengeluarkan arus desar, air tersebut meluap atau mudal mengalir melalui parit Goa. Sementara itu pada zaman kerajaan air yang keluar dari mata air tersebut digunakan untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari, seperti untuk memenuhi kebutuhan memasak, mandi atau digunakan untuk air minum.

Berwisata Menelusuri Goa Sumur Mudal Pangandaran

Goa sumur mudal merupakan salah satu dari sekian banyak goa-goa yang ada di taman wisata alam cagar alam Pangandaran. Goa ini telah melegenda di karena kan merupakan satu-satu nya goa yang di jadikan sebagai sumber air minum dan memasak pada jaman kerajaan. Goa sumur Pangandaran terbentuk akibat air tanah yang mengikis batuan kapur. Yang sekian lama membentuk goa, konon waktu itu mata air goa tersebut sampai meluap. Sehingga di nama kan Sumur mudal. Keberadaan kini kurang begitu terawat. Di karena kan lokasi nya cukup jauh dari keramaian dan jarang di kunjungi para wisatawan. Goa sumur mudal Pangandaran merupakan sebuah goa yang berada di objek wisata cagar alam Pangandaran. Di dalam goa tersebut ada beberapa keunikan yang bisa kita lihat seperti stalaktit dan juga stalagmit dengan berbagai bentuk. Diantara nya ada yang berbentuk seperti tenggorokan manusia. Dan dinding goa tersebut di hiasi juga dengan relief alam yang indah seperti dinding candi.

Fasilitas Pendukung Goa Sumur Pangandaran

Berbicara soal fasilitas pendukung. Para pengunjung tidak akan di repotkan oleh fasilitas umum. Karena di sekitar kawasan wisata Goa Sumur Mudal Pangandaran terdapat beberapa fasilitas. Yang meliputi area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi. Dan ya, jangan sampai terlewatkan panorama alam Goa Sumur Mudal Pangandaran. Baca juga tempat wisata curug grigis pangandaran

Rute Menuju Goa Sumur Mudal  Pangandaran

Jika perjalanan di mulai dari Jalan Gatot Subroto dan Jalan H.Ibrahim Adjie ke Jalan Nasional III. Langsung saja menuju ke arah selatan di Gang Kebonpisang menuju Jalan Baranang Siang. Dari Jalan Baranang Siang, belok lah ke kanan ke Jalan Ahmad Yani, jarak nya sekitar 500 meter. Hingga sampai ke Bundara. Ambilah jalan keluar menuju Jalan Gatot Subroto. Ikuti terus jalan tersebut. Hingga mengantarkan ke Jalan H. Ibrahim Adjie (akan melewati SDN Kiara Condong VII). Kemudian belok kiri menuju Jalan Nasional III. Ikuti terus jalan tersebut hingga ke karang panimbal. Jark nya sekitar 137 Kilometer. Setelah itu ikuti Jalan Banjar-Pangandaran.

Lokasi Goa Sumur Mudal Pangandaran

Goa Sumur Mudal terletak di kawasan Cagar Alam Pangandaran tepatnya berada di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat.