Tempat Wisata Goa Lanang Pangandaran Cocok Untuk Body Rafting

Pangandaran adalah nama Kabupaten berada di selatan Jawa Barat. Meski tergolong baru, namun pesona Pangandaran sangatlah mengesankan. Tak heran banyak wisatawan yang yang gemar berkunjung ke Pangandaran. Potensi objek wisata yang terbilang banyak menjadikan Pangandaran sebagai destinasi di Jawa Barat. Terkenal dengan pantai nya, Pangandaran juga memiliki sejuta pesona. Kabupaten yang menjadi kampung halaman dari menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti itu juga memiliki segudang potensi alam yang mengesankan. Tidak salah jika kemudian banyak tempat wisata Pangandaran yang cocok dan layak sekali untuk di kunjungi. Nah kali ini, tempat wisata yang akan di ulas yaitu tempat wisata Goa Lanang Pangandaran. Pangandaran merupakan salah satu kawasan wisata yang diburu oleh beberapa orang. Dan yang akan di bahas kali ini yaitu tempat wisata Goa Lanang Pangandaran.

Apalagi orang-orang yang suka petualangan. Pangandaran menjadi tugas tempat untuk dikunjungi. Pemandangan alam dari tempat ini mampu membuat beberapa pengunjung terdiam sejenak dan kemudian berteriak “wow”. Pangandaran terletak di Jawa barat. Sebagai kawasan wisata, ada begitu banyak cara untuk menikmati tempat. Dan cara terkenal yang sering mencoba oleh pengunjung adalah paket Body Rafting Goa Lanang. Body rafting mampu mengeksplorasi perjalanan dari pada menggunakan perahu atau kendaraan lainnya.

Goa Lanang Pangandaran Berasal Dari Sejarah Prabu Anggalarang

Goa Lanang Pangandaran

Goa Lanang Pangandaran berawal dari sejarah Prabu Anggalarang. Yang mendapat julukan sebagai pangeran lanang yang berada di dusun Cikawung , Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Dia kemudian memilih goa. Untuk di jadikan sebagai tempat untuk pemerintahan nya. Maka dari itu lah, sampai sekarang goa tersebut di sebut dengan sebutan nama Goa Lanang Pangandaran. Menurut cerita gua ini dulunya merupakan Keraton yang pertama Kerajaan Galuh, sedangkan Keraton yang kedua terdapat di Karang Kamuyaan Ciamis.

Raja Galuh ini laki-laki (Lanang) yang sedang berkelana. Sesuai dengan letak geografis lingkup kekuasaan kerajaan Pananjung pada waktu itu adalah sekitar kota Pangandaran. Yang saat ini dan yang berada di sebelah barat daya nya. Karena kerajaan nya sudah tidak ada, maka kini lokasi yang dulu menjadi keraton. Yang kini di jadikan sebagai salah satu lokasi wisata sejarah yang sangat unik dan juga sangat menarik untuk di kunjungi. Apalagi untuk bisa menikmati keindahan dalam Goa Lanang Pangandaran bisa di lakukan dengan menggunakan body rafting atau water tubing.

Mengapa Di Sebut Goa Lanang ?

Di sebut juga Goa Lanang karena di dalam nya terdapat batuan endapan yang berbentuk seperti alat vital laki-laki. Jadi, di sebutlah menjadi Goa Lanang. Begitu lah yang di katakan oleh masyarakat setempat. Baca juga tempat wisata santirah river tubing pangandaran

Paket Body Rafting Goa Lanang Pangandaran

Body rafting berbeda dari wisata berenang biasa. Body rafting adalah penggunaan tubuh para pengunjung untuk melewati beberapa tujuan di air. Namun, body rafting menggunakan peralatan tertentu untuk membuat tubuh menjadi bisa mengapung. Untuk itu perlu menggunakan jaket pelampung, helm dan beberapa pelindung. Agar bisa mengapung selama kegiatan body rafting tersebut. Dan juga akan dapat berjalan untuk menghindari hal-hal yang berbahaya dan kemudian berenang lagi. Tubuh kalian akan menjadi bersatu dengan alam. Kalian akan melewati beberapa tujuan dengan menggunakan body rafting. Seperti di dalam Goa Lanang Pangandaran ini. Dan berikut ini adalah paket body rafting di Goa Lanang Pangandaran :

Untuk harga paket nya yaitu Rp. 469.500/peserta (minimal 20 Orang). Dan fasilitas nya yaitu :

  • Hotel Ac
  • Body Rafting Goa Lanang
  • Wisata Pantai Batu Hiu
  • Wisata Konservasi Penyu
  • Wisata Pantai Batu Karas
  • Wisata Pantai Pangandaran
  • Professional Guide
  • Life Jacket
  • Ban Renang
  • Instruktur renang
  • Makan 4 Kali
  • Snack 1 kali
  • Under Water Camera

Setelah lelah menikmati rafting dan bermain di air selama kurang lebih 3 jam. Tentunya lapar, maka akan langsung di jamu dengan makan siang yang di sediakan khusus kepada para peserta rafting. Adventure rafting ini sangat cocok untuk usia 4 – 65 tahun.

Keunikan Goa Lanang Pangandaran

Keunikan dari Goa Lanang Pangandaran ini yaitu, para pengunjung bisa langsung jumpt point rafting setinggi 10 meter. Di awal start, dan spot body rafting di sini para pengunjung akan menelusuri gooa sepanjang 360 meter. Serta terdapat menyerupai kerajaan kelelawar di dinding atas goa tersebut. Sebelum rafting di mulai, barang-barang bawaan seperti baju ganti dan yang lain-lain nya. Dapat di simpan di tempat penitipan. Dan dapat di ambil di finish point. Kalau ingin membawa kamera, dompet dan handphone bisa kita simpan di dalam dry bag. Yang telah di sediakan oleh perusahaan jasa rafting. Banyak sekali bonus dan hadiah yang di berikan oleh alam kepada kita saat mengarungi sungai Santirah. Tidak hanya terpacu adrenalin saat melintas riam jeram juga pemandangan alam. Yang belum tentu para pengunjung temukan sebelum nya di manapun. Selain di Goa Lanang Pangandaran ini. Berikut adalah bonus yang bisa di dapatkan ketika berkunjung ke tempat wisata ini :

  • Dapat menikmati 5 Curug atau air terjun dan dinding tebing yang indah
  • Menembus 4 aliran sungai dalam lorong goa alam
  • Menerjang 3 riam dan jeram yang menantang adrenaline
  • Dua jam melintasi sepanjang 1,5 kilometer sungai santirah di desa wisata Selasari

Rute Menuju Goa Lanang Pangandaran

Untuk dapat menikmati wisata Goa Lanang Pangandaran dapat menempuh perjalanan 1,5 jam start dari Pangandaran ke arah Barat. Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan yang indah. Yang berupa pedesaan dan juga hamparan sawah di sekeliling lokasi. Apalagi wisatawan menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan dengan ukuran bus medium. Tidak ada masalah untuk sampai di sana tetapi apabila wisatawan menggunakan big bus tidak dapat masuk. Karena kondisi jalan yang berliku-liku dan kecil sebaik nya wisatawan menggunakan jasa angkot yang banyak parkir di terminal Pangandaran. Jika menggunakan kendaraan umum dari Pangandaran wisatawan naik bus jurusan Cijulang. Atau Cigugur berhenti di Panyingkiran Cibenda di lanjutkan dengan ojeg.

Kelebihan Goa Lanang Pangandaran

Goa Lanang Pangandaran tidak hanya memiliki keindahan alam yang di padukan dengan sungai dan cerita Prabu Anggalarang saja. Akan tetapi wisatawan akan di kenalkan dengan fauna yang ada di sana. Misal nya kelelawar yang banyak yang bergelantungan di dinding-dinding goa. Saking banyak nya orang sekitar menyebut nya dengan kerajaan kelelawar. Tidak sampai di situ, ketika musim menggarap sawah. Para wisatawan akan di kenalkan bagaimana menanam padi. Melihat petani yang sedang membajak sawah, bahkan wisatawan bisa bermain lumpur bersama-sama.

Lokasi Goa Lanang Pangandaran

Goa Lanang Pangandaran berada di sekitar pantai Pangandaran. Lebih tepat nya berada di Desa Jadimulya, Langkaplancar, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Goa Lanang Pangandarn dapat di tempuh dari Pangandaran kurang lebih sekitar 1,5 jam ke arah Cintaratu. Dalam perjalanan ke sungai ini, para pengunjung akan di suguhkan oleh pemandangan alam desa yang menawan. Serta sangat unik yang menjadi bagian pengalaman dari paket body rafting.

Pencarian Terbaru: