Melakukan Body Rafting Di Tempat Wisata Goa Kalisuci Yogyakarta

Gunung Kidul Yogyakarta memang di kenal dengan wisata alam nya yang seolah tidak akan pernah habis. Mulai dari deretan pantai pasir putih yang cocok untuk bersantai. Sampai berbaris goa-goa yang bisa di jadikan wisata adrenalin. Ya, salah satu tempat wisata Yogyakarta ini yaitu Goa Kalisuci Yogyakarta. Goa Kalisuci Yogyakarta ini sendiri berada di kawasan Karst Gunungsewu yang sudah menjadi salah satu warisan alam dunia. Indonesia boleh berbangga karena wisata alam seperti Goa Kalisuci hanya ada tiga di dunia. Yaitu di Mexico, Selandia Baru, dan Indonesia.

Fakta Dan Keindahan Goa Kalisuci Yogyakarta

Goa Kalisuci Yogyakarta

Kawasan wisata ini di sebut sebagai Goa Kalisuci. Karena memiliki sebuah sumber mata air yang sangat bersih dan jernih. Yang berada di bagian atas dari aliran sungai nya. Dan yang unik nya lagi air ini tetap jernih meskipun sungai menjadi keruh, pada saat hujan tiba. Goa Kalisuci menawarkan panorama pemandangan alam yang cocok untuk menyegarkan badan dan pikiran. Di sini akan disuguhi oleh alam yang indah dengan udara yang sejuk dan menyegarkan. Keindahan yang terpampang di sekitar Goa Kalisuci Jogja akan membuat wisata bawah tanah akan terasa sangat berkesan.

Di sepanjang penjelajahan menyusuri aliran air sungai yang jernih. Mata para pengunjung akan terpukau dengan keindahan alami yang berasal dari atap Goa Kalisuci yang berhiaskan stalaktit dan stalagmit. Pemandangan ini akan semakin membuat merasa kagum, betapa besarnya nikmat hidup yang telah Tuhan sajikan. Perpaduan hawa goa yang sejuk dengan jernih dan segarnya air goa. Serta keindahan stalagtit dan staalagmit merupakan suguhan indah. Yang tak akan pernah membuat bosan saat menikmati alam di Goa Kalisuci Yogyakarta.

Hal – Hal Yang Dapat Di Lakukan Do Goa Kalisuci Yogyakarta

Cave Tubing

Cave Tubing adalah salah satu kegiatan wajib yang harus di coba pada saat berada di kawasan wisata Goa Kalisuci Yogyakarta. Dan rasakan nikmat nya menikmati sensasi berpetualang di Goa Kalisuci Yogyakarta ini. Sambil mengarungi aliran air sambil menikmati pemandangan sekitar Goa Kalisuci yang akan membuat para pengunjung berdecak kagum karena nya. Penjelajahan menysusuri air bawah tanah ini akan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam.  Cave tubing di sini menggunakan ban karet, dan setiap pengunjung harus menggunakan perlengkapan yang telah disarankan. Para pemandu akan menemani perjalanan. Sehingga tidak perlu cemas tersesat atau mendapat kesulitan selama Cave Tubing di Goa Kalisuci Yogyakarta.

Hunting Foto

Selain bisa melakukan cave tubing di Goa Kalisuci Yogyakarta. Hunting foto juga bisa untuk di lakukan di Goa Kalisuci Yogyakarta ini. Sehingga dapat mendapatkan objek-objek foto menarik yang bisa di abadikan dengan kamera. Objek-objek seperti stalakmit, stalaktit, tebing-tebing karst, serta sungai jernih berwarna kebiruan tentu akan menjadikan karya foto lebih berkesan. Selain itu juga bisa mengabadikan momen mengarungi keindahan goa dengan berfoto selfie. Namun berhati-hatilah ketika membawa handphone, jangan sampai handpohone kalian tercebut ke sungai yang cukup dalam.

Petualangan Seru Di Goa Kelinci

Jika belum pernah melakukan nya, tidak lah perlu khawatir. Karena akan di temani oleh pemandu yang telah memiliki keahlian khusus di bidang nya. Selain itu juga aliran sungai bawah tanah ini cukup aman bagi pemula, tidak seperti sungai-sungai yang berarus deras. Yang biasa di gunakan untuk olahraga arung jeram. Setelah mengenakan seluruh perlengkapan, petualangan seru pun segera di mulai. Dan para pengunjung akan hanyut bersama perahu karet mengikuti aliran air. Aliran sungai bawah tanah akan terus membawa dari goa Kalisuci Yogyakarta menuju Luweng Sengit. Serta Luweng Geleng, dan hingga berakhir di Goa Mburi Omah. Baca juga tempat wisata hutan pinus mangunan yogyakarta dan tempat wisata tebing breksi yogyakarta

Jarak tempuh cave tubing di Goa Kalisuci Yogyakarta ini sekitar 500 meter. Dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Pemandu akan memberikan banyak hal yang berkaitan dengan bentukan goa, potensi goa, serta mengarahkan perjalanan hingga menuju itik akhir. Jadi selain berwisata dan bertualang juga akan mendapatkan banyak wawasan. Suasana di dalam goa cukup gelap, karena tidak terdapat penerangan demi menjaga kelestarian ekosistem yang ada di dalam nya. Di antara lain hewan mamalia kelelawar yang banyak terdapat di sudut-sudut goa. Meskipun dalam keadaan yang gelap, selama perjalanan menyusuri goa para wisatawan bisa tetap menikmati keindahan alami goa.  Dengan berbagai relief stalaktit dan stalakmit dengan sejuta pesona nya yang memukau. Semua nya seolah berpadu bersama gemericik aliran air yang menantang.

Jam Buka Wisata Goa Kalisuci Yogyakarta

Wisata Kalisuci Yogyakarta Cave Tubing Gunungkidul ini dibuka mulai pukul 8 pagi setiap harinya. Dan diakhiri pada jam 16.00, batasan waktu ini di dasari estimasi bahwa saat memasuki waktu gelap. Wisatawan tidak kesulitan dalam menaiki tangga keluar. Dan bisa melaksanakan sholat Maghrib di mushola yang telah disediakan sekaligus menikmati snack yang telah dipersiapkan. Jam buka ini juga sangat tergantung dari kondisi cuaca. Jika daerah di sekitarnya hujan. Obyek wisata Goa Kalisuci Yogyakarta Cave Tubing Gunungkidul ini ditutup. Untuk mengantisipasi adanya banjir yang dapat mengancam keselamatan wisatawan maupun tim pemandu. Jadi, silakan mencari informasinya sebelum melakukan kunjungan. Umumnya cuaca cukup mendukung pada bulan-bulan Mei hingga September atau diluar musim penghujan.

Lokasi Goa Kalisuci Yogyakarta

Kawasan wisata Goa Kalisuci berada di Desa Jetis, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 10 kilometer dari kota Wonosari, ibukota Gunungkidul dan berjarak 60 kilometer dari kota Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi, dari terminal Giwangan Anda bisa naik bus sampai di Simpang Wonosari. Kemudian dilanjutkan naik angkutan kota menuju kecamatan Semanu. Atau Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rute jalan dari Yogyakarta ke Wonosari-Semanu. Dan dari sini lokasi wisata Goa Kalisuci sudah bisa Anda capai dengan jarak yang tinggal 800 meter lagi.

Akses menuju Goa Kalisuci Yogyakarta

Berhubung belum ada angkutan umum yang melayani jalur menuju tempat wisata Goa Kalisuci Yogyakarta ini. Maka wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan sendiri. Dari arah yogyakarta para wisatawan dapat menyusuri jalan Jogja – Wonosari – Kecamatan Semanu – Gua Kalisuci. Jarak antara Wonosari denga Kalisuci sekitar 10 km.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Menuju Goa Kalisuci Yogyakarta

Kawasan wisata Goa Kalisuci Yogyakarta ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan yang sedang berlibur di sini. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi saat ingin mengunjungi lokasi ini. Di sini telah tersedia tempat makan, toilet, dan lahan parkir yang cukup luas. Setiap pengunjung yang datang akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000. Jika para pengunjung ingin menikmati petualangan berwisata mengarungi aliran sungai di Goa Kalisuci Yogyakarta. Maka para pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 70.000 per orang nya. Dengan harga ini para pengunjung bisa mendapatkan fasilitas untuk Cave Tubing yang lengkap.

Pencarian Terbaru: