Menikmati Keindahan Tempat Wisata Goa Cerme Yogyakarta

Di daerah istimewa yang banyak sekali tempat wisata yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang sempurna untuk wisata adrenalin yang berada di Kabupaten Bantul. Dan di kabupaten bantul ini terdapat destinasi wisata adrenalin sekaligus wisata religi yaitu Goa cerme Yogyakarta. Keberadaan goa cerme Yogyakarta ini sudah cukup lama menjadi tempat wisata yogyakarta selain pantai.

Lokasi Goa Cerme Yogyakarta

Lokasi Goa Cereme Yogyakarta ini sudah lumayan mudah untuk dijangkau. Karena jalan menuju kawasan wisata tersebut sudah bagus dan layak untuk dilewatkan. Beberapa kilometer sebelum sampai di tujuan, akses jalan memang cukup menantang. Jalan yang naik turun, berkelok, berukuran kecil, dan situasi pegunungan yang masih asri menjadi sensasi tersendiri.

Goa Cerme Yogyakarta

Alamat dari Goa Cerme ini tepatnya berada di Jalan Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Goa Cerme ini lumayan jauh dengan pusat Kota Yogyakarta. Klik di sini untuk melihat lokasi tersebut.

Rute Menuju Goa Cerme Yogyakarta

Rute menuju Goa Cerme ini sangat mudah dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah Timur menuju Jalan Pangurakan. Kemudian ke arah selatan melewati Jalan Brigjend Katamso, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono. Sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, lurus terus ke Jalan Imogiri Barat. Sampai pertigaan ke arah timur melewati Jalan Bakulan Imogiri, lurus terus sampai di pertigaan ke arah selatan.

Ke Jalan Imogiri Siluk, kemudian jalan terus tetap di Jalan Imogiri Siluk. Sampai di pertigaan kea rah selatan ke Jalan Kretek Siluk, lalu lurus terus ke Jalan Goa Cerme. Ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Goa Cerme. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Goa Cerme lumayan jauh yaitu hanya sekitar 23,5 kilometer. Dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Goa Cerme sekitar 48 menit.

Sejarah Goa Cerme Yogyakarta

Nama “Cereme” yang di gunakan untuk nama goa ini berasal dari kata “ceramah” yang berarti berarti sebuah pembicaraan. Karena goa cemre Yogyakarta ini sangat sering dikaitkan dengan keberadaan Wali Songo. Yang singgah ke tempat ini dalam rangka melakukan syiar agama Islam di pulau Jawa. Goa Cerme ini dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk kepentingan pertemuan dan membicarakan berbagai macam hal mengenai Islam dan penyebarannya. Selain itu, Goa Cerme ini juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak.

Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan. Goa Cerme ini berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Di Goa Cerme tidak hanya menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmite saja. Tetapi juga ada air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang goa. Goa ini sendiri memiliki panjang 1,5 kilometer dengan mulut gua yang berada di Bantul sedangkan pintu keluar berada di Gunungkidul.

Goa Cerme Yogyakarta

Goa Cerme Yogyakarta ini termasuk sebuah goa yang panjang dan juga dalam kedalaman dari Goa Cerme Yogyakarta ini. Sendiri yaitu kurang lebih 750 meter dan untuk dapat mencapat dasar goa ada anak tangga. Kurang lebih sekitar 760 anak tangga jika sedang berada di dalam goa para pengunjung. Harus berhati-hati karena di goa ini terdapat sarang kelelawar yang ada di beberapa tempat selain itu. Karena lantai di dalam goa juga terdapat air yang menggenangi dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1 – 1,5 meter.

Selain melihat air terjun dan sungai bawah tanah, pengunjung juga. Akan melihat banyak peninggalan bersejarah dan banyak di ruangan dalam goa ini. Peninggalan ini berupa panggung pertemuan, air suci 9 zam-zam goa cerme), watu kaji, pelungguhan atau paseban, gamelam kahyangan. Grojogan sewu, air penguripan, batu gilang, dan lain lainnya. Di dalam goa juga terdapat peninggalan yang lainnya, seperti batu padi dan goa yang dahulunya terdapat pusaka. Yang berbentuk kubah emas setapi pada sekitar tahun 1965. Pusaka kubah emas tersebut menghilang dan tentunya bukan sembarang orang yang dapat mengambil benda pusaka kubah emas tersebut.

Harga Tiket Dan Parkir Goa Cerme Yogyakarta

Untuk masuk ke kawasan wisata goa cerme Yogyakarta ini sangat murah yaitu petunjuk hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp. 3000/orang sedangkan untuk biaya parkir di Goa Cerme Yogyakarta yaitu Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Untuk penyewaan headlamp yaitu sebesar Rp. 5.000 dan jasa pemandu yaitu sebesar Rp. 30.000. Jangan lupa baca juga tempat wisata Alun Alun Kidul Yogyakarta

Fasilitas Goa Cereme Yogyakarta

Fasilitas yang ada di Goa Cerme Yogyakarta ini sudah lumayan lengkap berkat pembangunan. Dari pengelola, masyarakat setempat, dan juga pemerintah yaitu:

  • Toilet umum
  • Pusat informasi
  • Warung makan dan minum
  • Tempat pertemuan
  • Penyewaan headlamp
  • Jasa pemandu

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Goa Cereme Yogyakarta

Caving

Caving di Goa Cerme Yogyakarta akan memberikan pengalaman baru Anda harus berjalan kaki melawan arus air sepanjang 1,2 km. Semakin masuk ke dalam, cahaya matahari semakin hilang dan berganti dengan kegelapan total. Yang terdengar hanyalah suara gemuruh air dan kepak sayap kelelawar. Di sepanjang pengarungan anda akan menjumpai tempat-tempat yang dikeramatkan seperti air zam-zam, mustoko, watu kaji, watu gilang, paseban.

Dan masih banyak lagi setelah berjalan kaki menyusuri lorong goa, anda akan menemukan bagian terbaik. Yaitu air terjun mini yang diberi nama Grojogan Sewu. Saat musim penghujan, aliran di air terjun ini sangat deras. Biasanya pemandu hanya mengantarkan sampai bagian ini lantas kembali lagi ke mulut goa. Meskipun jika anda ngaku petualang sejati, anda wajib naik ke air terjun ini. Dan melanjutkan aktivitas penelusuran goa hingga pintu keluar.

Camping

Di kawasan Goa Cerme Yogyakarta ini terdapat playground area yang cukup luas. Dan anda bisa mendirikan tenda di tempat ini saat pagi hari, anda bisa menyaksikan hamparan kabut yang menyelimuti lembah. Gunung Merapi pun terlihat berdiri dengan gagah di kejauhan.

Photo Hunting

Goa Cerme Yogyakarta ini merupakan lokasi yang bagus untuk anda yang sedang belajar tentang fotografi. Goa ini memiliki beragam ornamen yang cantik seperti sodastraw, gourdam, serta stalaktit, dan stalagmit yang masih hidup. Anda bisa mengabadikan mereka semua dalam gambar Aliran sungai serta air terjun kecil yang ada di dalam goa.

Akan menjadi gambar yang apik jika anda mampu mengambil angle yang tepat. Meski gelap dan lembab, Goa Cerme Yogyakarta juga asyik dijadikan lokasi pemotretan model. Dengan sedikit bantuan senter atau headlamp, anda bisa menampilkan siluet-siluet nan indah dengan kesan dark dan misterius.

Semadi

Selain sebagai tempat untuk uji adrenalin, Goa Cerme Yogyakarta juga sering digunakan sebagai tempat semadi atau meditasi. Orang-orang yang memiliki keinginan khusus atau ingin mencari wangsit akan bertapa di lokasi-lokasi tertentu yang ada di goa ini.

Karena itu anda tidak perlu heran jika saat sedang asyik caving mendadak membaui aroma dupa atau mawar. Sebab para peziarah kerap menaruh sesaji di sudut-sudut goa. Jangan lupa baca juga tempat wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta