Sejarah Dan Misteri Tempat Wisata Goa Batu Hapu Kalimantan

Goa Batu Hapu yang merupakan sebuah goa karst luas dengan mulut goa yang sangat besar. Dan ada dua bibir goa yang sudah terhubung dengan tangga beton sehingga memudahkan pengunjung masuk ke goa. Di dalam mulut goa stalagmit ( susun batu kapur yang berbentuk kerucut yang berdiri tegak di lantai goa).

Goa Batu Hapu

Dan stalaktit ( batangan kapur yang terdapat pada langit goa dengan ujung meruncut ke bawah). Yang terbentuk secara alami sungguh memukau sekali, dan dari langit goa yang berlubang, cahaya matahari dapat masuk. Sesekali, kelelawar terbang keluar dan masuk mulut goa. Suara kelelawar terdengar semakin berisik saat masuk lebih dalam ke goa dengan melewati jembatan besi. Baca juga sungai Kapuas kalimantan

Rute Dan Alamat Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu adalah objek wisata yang terletak di dekat pasar Binuang tepatnya. Di desa Batu Hapu, kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin yang bisa ditempuh 43 Km. Dari Kota Rantau dan dari Bandar Udara Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru. Goa Batu Hapu berjarak sekitar 80 kilometer atau sekitar 110 kilometer dari Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Goa Batu Hapu yang terletak di Desa Batu Hapu Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Lokasinya yang terdapat akses dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dan beranjak sekitar 154 km dari Kota Banjarmasin dan sekitar 43 km dari Kota Rantau. Sahabat dapat menemukan lokasi wisata ini di dekat Pasar Binuang, jarak yang harus ditempuh dari pasar Binuang sekitar 16 km.

Meskipun yang terletak di pedesaan, jalan menuju lokasi wisata dan tergolong baik dan layak di lalui kendaraan bermotor. Suasana pedesaan dan pegunungan selama perjalanan menuju lokasi wisata. Meskipun tempat wisata Kalimantan ini yang identik dengan kisah mitosnya. Yang sangat terkenal dan tidak perlu ragu untuk mengunjunginya. Karena keindahannya da  kesejukan yang dapat anda rasakan ketika sudah tiba di goa yang terletak di antara pegunungan ini. Anda harus mempersiapkan lampu senter atau headlamp sebelum memasuki goa tersebut, karena tidak ada penerangan di dalam goa.

Meskipun dalam goa batu hapu ini mungkin kesannya sangat mister dan menyeramkan. Karena kegelapan dan kesunyian di dalam nya, namun jangan khawatir, setelah di soroti cahaya dari senter atau pantulan sinar matahari. Dan anda juga harus waspada terhadap kondisi jalan di dalamnya goa yang serba basah, lembab, dan licin. Dan karena itu juga anda harus memakai sepatu atau sendal yang aman dan membuat anda tidak tergelincir. Ternyata Goa Batu juga telah menjadi salah satu korban vandalisme oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab.

Tempat Wisata Goa Batu

Goa Batu Hapu yang merupakan goa memiliki panorama luar biasa dan stalagnit serta stalagmit yang mengisi dalam goa. Yang dapat menggunggah kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dalam ciptaan-Nya sebagai pelajaran pengetahuan alam. Goa ini yang mendapatkan sentuhan perbaikan dan penataan, Pemerintahan Daerah.

Sehubungan dengan kerusakan oknum manusia yang hanya mengejar keuntungan ekonomi sesaat. Tanpa mensyukuri nikmat lainnya yang di sediakan oleh alam. Menurut legenda yang sampai sekarang menjadi mitos masyarakat sekitar, tentang asal usul. Terjadi nya Goa Batu Hapu ini adalah Raden Penganten yang di kutuk oleh ibu nya. Diang Ingsun dan menjadi batu di antara pepecahan kapal nya menjadi gunung dan goa yang ada di sekitarnya.

Goa ini yang terletak di pegunungan sehingga yang memiliki. Hobi tantangan panjat tebing di sinilah anda akan di uji nyalinya akan di uji. Akan tetapi risiko di tanggung sendiri karena belum di asuransikan, masyarakat di sekitar. Goa yang siap bermintra dengan wisatawan yang berkeinginan bermalam sambil menikmati makanan dan kehidupan masyarakat pedesaan. Baca juga danau jempan kalimantan

Pencarian Terbaru: