Wisata Alam Pesona Goa Agung Garunggang Bogor

Salah satu destinasi tempat wisata di Bogor yang mungkin belum banyak dijamah oleh orang-orang yaitu Goa Agung Garunggang. Yaps, sesuai dengan namanya. Di tempat wisata ini para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam. Berupa bongkahan bebatuan unik dan tentunya sebuah goa yang tersembunyi.

Dari parkiran motor menuju lokasi terbilang cukup jauh yaitu 2 km. Tapi sambil jalan menuju kesana kalian bisa menikmati pemandangan alam yang masih alami dan segar. Goa ini ditemukan pertama kali pada tahun 87. Inilah keunikah dari goa yang terdapat di sini, pintu masuknya mengangga secara vertikal. Sehingga kamu yang ingin melihat keindahan. Di dalam nya perlu untuk menggunakan anak tangga yang sebelum nya sudah disediakan oleh pengelola. Sebenarnya di area ini memiliki 4 goa, akan tetapi baru satu yang sudah dibuka untuk umum maupun wisatawan. Dan di dalamnya yang cukup sempit, namun keindahan alam akan terpampang cantik.

Pesona Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Hamparan bebatuan yang unik ini dapat menghipnotis mata dan seolah membawa para pengunjung berada di kehidupan masa lampau. Lokasi ini mungkin dapat dibilang mirip dengan candi atau lebih tepatnya sebuah situs. Karena bebatuan yang ada disini tersusun sedemikian rupa hingga memiliki bentuk yang unik. Di lokasi ini juga terdapat Batu Gantung yang menjadi ojek berfoto  bagi para pengunjung karena keunikan dari bebatuan ini. Selain itu juga terdapat sebuah kolam pemandian yang terbentuk secara alami.

Lokasi ini terbilang cukup unik dan berbeda dari lokasi wisata alam goa biasanya. Pasalnya goa yang berada di lokasi ini tidak akan tampak langsung saat anda memasuki kawasan wisata ini. Mulut goa yang ada di lokasi ini menganga secara vertikal. Sehingga untuk memasuki goa ini, para pengunjung harus menggunakan anak tangga yang telah disediakan oleh empunya tempat wisata ini. Sebenarnya di lokasi ini terdapat 4 buah goa. Namun, hanya 1 goa saja yang dapat ditelusuri dan itupun harus didampingi oleh guide.

Lokasi

Goa Agung Garunggang Geopark Sentul Bogor berlokasi Jl. Ptp Terusan, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Lokasi Goa Agung Garunggang sebelum Curug Leuwi Hejo. Untuk menuju kawasan tersebut ada sebuah gang kecil. Di samping tempat penyucian motor dan mobil yang terletak di sebelah kiri jalan. Bagi yang membawa sepeda motor dapat memasuki gang kecil tersebut hingga pintu masuk dan parkir di sana. Namun, untuk beberapa hari kedepan anda harus menitipkan kendaraan di tempat penyucian karena akses menuju pintu masuk sedang di perbaiki. Untuk mobil dapat menitipkan di tempat penyucian tersebut.

Fasilitas Di Goa Agung Garunggang Bogor

Untuk fasilitas ada baiknya anda menyediakan perbekalan dari rumah. Karena fasilitas yang ada disini masih terbilang sangat minim. Dan untuk fasilitas toilet mushola masih belum tersedia.

Rute

Salah satu lokasi wisata yang cukup unik ini berada di. Cigobang Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang, Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi yang bisa anda jadikan patokan untuk menuju kawasan wisata ini adalah Jungle Land dan Leuwi Hejo. Jika sudah berada di Sentul, ikutilah arah menuju ke Jungle Land lalu ikuti arah yang menuju ke perkampungan. Dari situ anda dapat meneukan spanduk atau papan arah mengenai Goa Agung.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Goa Agung Garunggang, anda wajib memakai pemandu yang tanpa dipatok tarif atau seikhlasnya dan menggunakan headlamp untuk penerangan. Jika ingin menjelajahi goa tersebut hingga tembus disarankan untuk pergi di musim kemarau. Karena disaat musim hujan, lorong goa tertutup oleh lumpur yang terbawa oleh air yang mengalir.

Demikian beberapa penjelasan mengenai goa agung garunggung yang perlu anda ketahui sebagai salah satu wahana swafoto yang menarik. Semoga informasi ini berguna dan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf jika ada kesalahan pada artikel ini. Selebihnya saya ucapkan terima kasih dan jangan lupa untuk selalu mencari informasi objek wisata lainnya disini dan juga masih banyak lagi tempat wisata di Bogor yang perlu anda ketahui

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!