Tempat Wisata Sejarah Gedung Sate Bandung Jawa Barat

Bagi orang Indonesia yang belum pernah mengunjungi Bandung. Mendengar kata Gedung Sate Bandung pastinya membayangkan sebuah gedung yang dipenuhi dengan tukang sate sedang berjualan di sana. Atau sebuah bangunan yang menjadi gudang daging sate. Namun ternyata tidak seperti yang kita bayangkan. Gedung Sate adalah nama panggilan yang diterjemahkan secara harfiah dari bahasa Indonesia ke ‘bangunan sate’. Yang mengacu pada bentuk bangunan pusat di puncak yang menyerupai bentuk salah satu hidangan tradisional Indonesia yang disebut sate .

Di tempat ini kamu dapat menikmati keindahan gedung yang berarsitek Indonesia bercampur Belanda. Gedung yang terletak di Jalan Diponegoro No. 22 ini memang menjadi pusat perhatian bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Bahkan, jika pada akhir pekan objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi oleh wisatawan. Gedung ini juga menjadi salah satu pilihan tempat yang asik bagi warga sekitar untuk bersantai. Sekedar duduk-duduk atau berolahraga ringan sambil menikmati udara segar kota Bandung.

Gedung Sate Sebagai Objek Wisata

gedung sate bandung

Kini, Gedung Sate menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Karena keindahan Gedung Sate bukan hanya terletak pada bangunannya. Namun juga pada taman-taman yang berada di lingkungan Gedung Sate. Keindahan taman inilah yang membuat para wisatawan menjadikannya lokasi kegiatan dengan nuansa kekeluargaan. Spot yang pas untuk foto keluarga atau pun foto pre-wedding, hingga syuting video klip artis lokal Bandung sampai artis nasional.

Luas bangunan Gedung Sate ini sekitar 10.8 ribu meter persegi. Dan berdiri di atas lahan seluas hampir 28 ribu meter persegi. Gedung Sate ini juga sudah begitu dikenal sebagai ikon kota Bandung tidak hanya bagi masyarakat di propinsi Jawa Barat. Melainkan masyarakat di seluruh Indonesia.

Lokasi Gedung Sate Bandung

Jika anda penasaran dengan sejarah pembangunan gedung ini. Kini anda bisa mengunjungi Museum Gedung Sate Bandung yang diakses oleh masyarakat bandung dan telah dibuka pada 8 Desember 2017. Museum Gedung Sate terletak di lantai dasar Gedung Sate, Jl. Diponerogo, No. 22, Kota Bandung. Pembangunan fisik Gedung sate sendiri memerlukan waktu pengerjaan sekitar 3,5 bulan.

Rute Ke Tempat Wisata Gedung Sate

Jika ingin berkunjung ke gedung sate ini, anda juga bisa datang menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum seperti angkot. Sedangkan jika ingin naik angkot, anda dapat naik dari perempatan jalan r. H Juanda dan Jalan Suanjana menuju ke Jalan Cicaheum. Setelah itu, anda akan langsung sampai tepat di depan tempat ikoniknya kota Bandung.

Sejarah Singkat Gedung Sate

Gedung Sate adalah bangunan umum di Bandung , Jawa Barat , Indonesia . Ini dirancang sesuai dengan desain neoklasik yang menggabungkan unsur-unsur asli Indonesia oleh arsitek Belanda J. Gerber untuk menjadi pusat departemen Transportasi. Pekerjaan Umum dan Manajemen Air Hindia Belanda bangunan ini selesai pada tahun 1920. Saat ini, gedung berfungsi sebagai kursi dari gubernur provinsi Jawa Barat, dan juga sebuah museum.

Dari tempat ini, wisatawan dapat mencoba tempat wisata di Bandung lainnya yang lokasinya berdekatan. Beberapa ratus meter ke arah timur ada Museum Geologi. Lalu tak jauh di sebelah kiri Gedung sate ada Taman Lansiadengan sentra kuliner di Jl. Cilaku. Dan dari sana pula, anda dapat ke arah utara menuju Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Atau di kenal dengan Monju yang berdekatan dengan Kampus Universitas Padjadjaran juga jejeran tempat kuliner di Jl. Dipatiukur.

Jam Operasional Wisata Gedung Sate

Jika anda ingin menikmati objek wisata ikonnya kota Bandung ini, anda bisa datang pada hari libur ataupun pada akhir pekan. Sebab, gedung ini terbuka untuk umum hanya pada hari libur ataupun pada akhir pekan saja. Selain itu, jika ingin datang ke objek wisata ikon kota Bandung ini juga harus membutuhkan izin dari staf keamanan dulu. Jadi rencanakan akhir pekan anda dengan datang ke gedung sate.

Misteri Di Gedung Sate Bandung

Bahkan gedung yang sering dikenal sebagai salah satu ikoniknya Kota Bandung ini sering dikenal dengan misteri ataupun cerita horornya. Mungkin karena bangunannya yang besar dan sudah berumur ratusan tahun menjadikan gunung yang satu ini di kenal sangat angker. Konon katanya, pada jaman dulu di gedung ini pernah ditemukan tujuh jenazah terkubur di halaman gedung. Setelah itu, jenazah tersebut kemudian dikuburkan kembali di tempat pemakaman Taman Pahlawan Cikutra. Namun, ada cerita lain yang mengatakan jika beberapa penjaga gedung ini merasakan ada kehadiran seorang pemuda. Dengan penampilan kunonya, biasanya pemuda misterius tersebut sering berjalan-jalan di kawasan gedung saat langit mulai gelap atau malam hari.

Demikian ulasan tentang wisata Gedung Sate Bandung. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk selalu mencari informasi tempat wisata di bukuwisata.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!