Golden Sunrise Di Tempat Wisata Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Dataran tinggi Dieng memang surga nya wisata. Bagaimana tidak,di dataran ini saja terdapat beberapa tempat wisata yang menjadi andalan dari Kabupaten Wonosobo tersebut. Namun, yang akan di bahas kali ini akan membahas tentang tempat wisata Wonosobo. Yang tentu nya tidak akan kalah terkenal di dataran tinggi Dieng. Meski tidak sepopuler Bukit Sikunir, Telaga Warna Wonosobo, Batu Ratapan angin Wonosobo, hingga Kawah Bukit Sikunir. Namun Wisata Gardu Pandang Tieng ini juga memiliki keindahan pesona alam yang tak kalah dari wisata alam lain nya.

Lokasi Gardu Pandang Tieng Dari Kabupaten Wonosobo

Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Gardu pandang Tieng berlokasi di desa Tieng 3 km dari Dieng, Kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo. Gardu tieng merupakan wahana tamasya yang dibangun untuk melihat pemandangan. Sebab bila diperhatikan dari sini panorama luar biasa akan tampak menonjol. Dari arah timur akan terlihat menonjol perbukitan yang diselimuti oleh kabut tipis. Selain itu, panorama bawah yang akan kelihatan pedesaan dengan udara yang adem dan asri.

Kawasan wisata Gardu Pandang Tieng juga menjadi rest area favorit para wisatawan. Sebab, bisa istirahat sembari melihat pemandangan yang menawan memang jadi unggulan sendiri. Ikon Gunung sindoro tampak jelas melalui gardu pandang dengan warna kebiruan dan menjulang tinggi menjadi panorama tersendiri yang bisa dipandang. Kadang puncak dari Gunung sindoro ini bahkan akan tertutup oleh awan tipis.

Daya Tarik Wisata Gardu Pantang Tieng Wonosobo

Orang-orang sering mengatakan bahwa lokasi ini adalah tempat kenangan dan juga favorit para wisatawan asing. Lokasi ini sangat padat akan pengunjung. Baik dari dalam wilayah ataupun luar. Bahkan ketika subuh saja ada yang datang ke tempat ini untuk menikmati sunrise. Ketika rekan-rekan datang ke sini. Selain itu juga kita akan di suguhkan oleh pemandangan perbukitan dengan berselimutkan dengan kabut tipis di sebelah timur. Beberapa kilometer di bawah Gardu Pandang Tieng Wonosobo ini juga terdapat kawasan pedesaan. Dengan rumah yang beratapkan seng hitam. Toleh kan lah kepala ke sebelah selatan. maka kegegahan Gunung Sindoro beserta dengan Desa Tieng akan menyambut kita. Para pengunjung juga akan merasakan sensasi “Negeri Di Atas Awan”.

Karena memang letak nya dataran tinggi Dieng sering kali berselimut awan tebal. Rupa nya, lokasi tempat wisata Gardu Pandang Tieng Wonosobo ini menjadi tempat penyambutan tamu-tamu penting. Baik di Kabupaten Wonoobo dan Banjarnegara. Contoh nya ketika Kabupaten ini sedang kedatangan tamu 7 Duta Besar. Di beberapa Negara, Gubernur, serta orang-orang penting lain nya. Salah satu penarik wisata di tempat wisata ini adalah Golden Sunrise Dieng. Banyak sekali fotografer serta videografer yang berlomba-lomba untuk mengabadikan momen indah ini. Bahkan keindahan nya di klaim tidak kalah dengan lokasi tempat wisata di luar negeri.

Harga Tiket Masuk Ke Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Untuk tiket masuk menuju Gardu Pandang Tieng Wonosobo hanya akan membayar tiket retribusi kawasan sebesar Rp 10.000. Dan berlaku untuk wisatawan domestik maupun asing. Jadi tidak perlu membayar biaya tiket untuk menikmati golden sunrise di gardu pandang tieng ini.

Menikmati Golden Sunrise Di Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Golden sunrise Gardu Pandang Tieng Wonosobo ini sudah di kenal oleh masyarakat luas. Sunrise di tempat wisata ini benar-benar bisa menampilkan warna keemasan matahari dan keindahan alam yang tiada tara nya. Pengunjung juga bisa lebih mudah untuk meng-capture momen ini, tinggal memanjat saja Gardu saja. Cukup dengan memarkirkan kendaraan di kawasan parkir tanpa harus menaiki bukit. Dan berlomba-lomba dengan waktu. Sembaru melihat Golden Sunrise, kita juga akan menikmati pemandangan serta udara yang khas pengunungan Dieng yang sejuk.

Satu hal yang perlu menjadi catatan bagi para pengunjung yang sedang berkunjung ke Gardu Pandang Tieng Wonosobo ini adalah cuaca. Seperti kawasan pegunungan lain nya, udara serta kondisi cuaca di Gardu Pandang Tieng Wonosobo ini tidak menentu. Terkadang bisa mendapatkan keindahan alam yang tiada banding nya. Jika cuaca sedang berkabut atau berawan, tenang saja. Karena kita juga bisa kok menenangkan diri di tempat ini sambil menikmati kesejukan udara nya. Seperti yang telah di sebutkan di atas, pemandangan alam memang lah hal yang sangat di nantikan oleh para pengunjung. Kita akan bisa menikmati pemandangan Gunung Paru, Gunung Sindoro, Bukit Sikunir Wonosobo, serta juga keindahan Gunung Pakuwojo.

Fasilitas Wisata Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Bagi kalian yang Gardu Pandang Tieng Wonosobo, selain bisa menikmati pemandangan. Juga bisa sekaligus mencicipi aneka kuliner khas di Pengunungan Dieng. Di sana kita bisa mencicipi kopi khas daerah tersebut. Atau yang juga bisa di sebut dengan Purwaceng. Di tempat ini juga jika para pengunjung yang hendak membawa makanan ataupun minuman sendiri dari rumah. Dan menikmati nya di Gardu pandang Tieng Wonoosobo. Di tempat wisata ini juga terdapat beberapa warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman. Tersedia juga toilet serta area parkiran kendaraan.

Kesederhanaan Dan Kearifan Lokal Penduduk Desa Tieng

Tengok juga lah ke bawah. Karena di sana dapat melihat padatnya rumah rumah di sekitar gardu. Yang tampak rapat dan juga guyub rukun antar sesama masyarakatnya. Tapi jangan terburu buru untuk turun ya, karena ketika matahari mulai meninggi. Maka akan mendapatkan momen dimana para petani di daratan tinggi Dieng ini berduyun duyun untuk pergi ke sawah. Tampak beberapa petani menenteng bekal makanan, membawa sabit dan cangkul hingga menggunakan pakaian tebal seperti sarung dan jaket.

Momen yang dapat diabadikan adalah kerukunan antar warga sekitar. Karena para petani ini menuju ke ladang berbarengan dengan para petani lainnya. Sehingga tampak kesederhanaan dan kearifan lokal penduduk desa Tieng tersebut. Tak dapat dipungkiri bahwa dataran tinggi Dieng ini adalah penghasil sayuran dan buah buahan terbaik di Indonesia. Nah, Wisata Gardu Pandang Tieng ini juga sering menjadi tempat untuk menyambut tamu tamu besar di Kabupaten Wonosobo. Dan juga Kabupaten Banjarnegara yang ingin menikmati keindahan panorama alam di Dieng tersebut.

Pesona Keindahan Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Gardu Pandang Tieng merupakan gardu pandang yang dibangun di tepi Jalan Raya Wonosobo-Dieng. Pemandangan dari tempat ini cukup menarik. Dimana pengunjung disuguhkan dengan pemandangan Gunung Sindoro di sisi timur. Dan dibagian bawah terlihat area ladang serta pemukiman penduduk. Sebagian besar wisatawan yang akan berwisata di Dataran Tinggi Dieng tidak melewatkan untuk berhenti sejenak di tempat ini.

Selain pemandangan alam yang indah dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing. Tempat ini juga termasuk salah satu tempat terindah untuk pemandangan Sunrise nya. Terutama saat musim panas tentunya. Karena letak dari Gardu pandang ini yg hampir sejajar lurus dengan puncak Sikunir. Yang memiliki salah satu pemandangan sunrise terbaik jadi pemandangan sunrise di Gardu pandang Tieng tidak diragukan lagi untuk keindahan sunrisenya.