Destinasi Liburan Wisata Keluarga Situ Cileunca Bandung

Situ Cileunca Bandung yang berlokasi di Wanasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat adalah sebuah danau buatan. Dengan luas mencapai 1.400 hektar dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah. Selain difungsikan sebagai objek wisata, Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air yang berasal dari danau tersebut dialirkan melalui Sungai Palayangan. Sungai ini pula yang sering dijadikan sebagai arena ber-arung jeram. Kedalaman danau mencapai 17 meter, dan sebelum tahun 1918. Ini merupakan hutan belantara yang kemudian diubah menjadi situ, yang berfungsi melayani kebutuhan air masyarakat.

Destinasi Wisata Alam Situ Cileunca Bandung

Situ Cileunca Bandung

Destinasi yang berupa danau buatan ini berlokasi di Kecamatan Pengalengan. Kabupaten Bandung yang merupakan sebuah area yang berudara sejuk dan juga segar. Situ Cileunca ini sebagai salah satu destinasi wisata yang mengandalkan panorama alam sejuk dan indah dimata. Dan bisa menjamin bisa memuaskan hasrat menyatu dengan alam. Setiap traveler yang sedang bosan dengan keramaian kota. Dan ingin menyegarkan diri dengan alam pasti akan senang berlibur di Situ Cileunca.

Kegiatan Di Situ Cileunca

Lalu kegiatan apa saja yang dapat kita lakukan di danau yang indah dan romantis ini? Berikut jawabannya.

  • Berkemah, diwilayah situ cielunca banyak tersedia camping ground yang dikelola beberapa pihak. Lokasinya berbeda-beda berdasarkan sisi danau yang diinginkan. Dimanapun pilihan anda. Tempat wisata di Bandung ini menyediakan view terbaik untuk anda.
  • Memancing, dengan menyewa perahu nelayan tidak lebih dari Rp. 100.000,- (ukuran kecil). Anda sudah bisa memancing seharian. Beberapa ikan air tawar seperti mujair, tawes dan sepat adalah ikan yang mendominasi di danau terpopuler di Situ Cileunca Bandung.
  • Mengunjungi kebun strawberry, karena wilayah situ cileunca Bandung yang dingin. Maka kawasan ini merupakan tempat yang cocok untuk bertanam strawberry. Dan uniknya, untuk mencapai kebun strawberry ini, anda perlu menyeberang dengan menggunakan perahu dengan tarif Rp. 5.000,- per orang.
  • Menikmati liburan di resort, si sini juga tersedia resort yang cukup nyaman sebagai akomondasi terbaik selama di situ cileunca Bandung. Fasilitas yang disediakan juga lengkap sehingga cocok sebagai alternatif berakhir pekan.
  • Berfoto dan keliling danau dengan perahu, jika anda ingin mengeksplorasi keindahan objek wisata ini. Disarankan untuk menyewa perahu dan berkeliling sambil mencari spot foto terbaik. Bahkan anda juga bisa menyeberang ke Situ Cipanunjang yang berada di sebelahnya dan tersembunya.
  • Arung jeram, danau ini merupakan muara dari sungai palayangan yang memiliki jeram-jeram terbaik dengan tingkat kesulitan sedang. Anda menyukai olahraga yang menantang ini? Silahkan ikuti arung jeram di Palayangan yang berakhir di danau ini.

Tarif Tiket Masuk Situ Cileunca Bandung

KeteranganHarga
Orang DewasaRp. 5.000/orang
Anak-anakRp. 2.500/orang
Mobil/BusRp. 4.000
Motor+PengendaraRp. 12.000

Tiket Wahana Situ Cileunca

KeteranganHarga
FlyingfoxRp. 35.000
Painball (40 peluru)Rp. 90.000
PanahanRp. 45.000
Teambuilding GamesRp. 100.000 (min. 20 orang)

Harga Makanan Situ Cileunca

Di Situ Cileunca terdapat berbagai kuliner seperti Ikan Bakar, buah Stroberi, dan juga buah arbei yang bisa anda petik sendiri. Namun, bagi anda yang ingin membawa bekal dari rumah untuk camping di tempat ini. Juga tidak masalah selama kebersihan Situ Cileunca ini masih terjaga dengan baik.

KeteranganHarga
Harga PaketRp. 25.000 – Rp. 35.000
Rebusan/GorenganRp. 15.000

Alamat Situ Cileunca

Alamat : Jl. Raya Pangalengan , Kp Jublegan, Pengalengan, Bandung, Jawa Barat 40378

Rute Situ Cileunca

Rute menuju situ cileunca setelah dari dangduer dilanjutkan dengan menuju jalan utama. Pengalengan memang sudah tidak jauh untuk sampai ke situ Cileunca. Anda cukup berjalan lurus dan mengikuti petunjuk yang sudah ada di jalan. Daerah pengalengan memang sudah masuk kategori daerah wisata. Maka dari itu akan banyak sekali petunjuk yang akan menunjukkan lokasi situ tersbut. Apalagi di tempat ini juga dikenal dengan rafting di cileunca. Apabila anda bingung di jalan maka akan lebih baik apabila anda membawa peta. Peta akan membantu anda menuju situ cileunca dengan mudah.

Mitos Situ Cileunca

Menurut warga setempat, kadang kala kalau kita kemping disekitaran Situ Cileunca. Sering kejadian ada yang ikut nimbrung (berkumpul bersama) padahal mereka tidak saling mengenal. Mungkin dahulu pembuatan situ cileunca tidak dengan syariat islam, sehingga sering terjadi kecelakaan ataupun korban yang disebut dengan tumbal.

Pencarian Terbaru: