Tempat Desa Wisata Cikalahang Cirebon Yang Harus Anda Kunjungi

Desa Wisata Cikalahang Cirebon adalah salah satu tempat wisata di Cirebon yang tidak boleh anda lewatkan objek wisata ini. Karena tempat wisata ini sangat lah indah dan juga sejuk. Kalau biasanya wisatawan datang untuk melihat megahnya keraton atau belajar sejarah perkembangan Islam di sana. Cikalahang adalah desa di kecamatan Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Desa Cikalahang terdiri dari lima blok yaitu Blok I, II, III, IV, dan V. Penduduk desa ini terdiri dari 2000 KK, karena merupakan desa terluas yang ada di Kabupaten Cirebon, ini bisa dibuktikan dengan. Berdirinya 3 masjid desa yang ada, disamping itu adanya 3 sekolah dasar yang jarang ditemui di tempat lain dikabupaten Cirebon. Sebagian besar penduduk di desa ini bertani dan pedagang. Desa Cikalahang merupakan batas desa yang menghubungkan Cirebon dengan Kuningan. Desa ini merupakan akses ke tempat Pariwisata Telaga Remis Kabupaten Kuningan

Asal Usel Desa Wisata Cikalahang Cirebon

Desa Wisata Cikalahang Cirebon

Pada zaman dahulu desa wisata Cikalahang Cirebon merupakan hutan yang sangat lebat. Pada suatu hari ada seorang wanita yang hendak membuka lahan di hutan tersebut. Untuk dijadikannya tempat tinggal tetapi tidak bisa melakukan semua itu. Ia harus menebang pepohonan yang sangat besar dan berfikir untuk membakar hutan tersebut. Namun karena dibakar api merambat kemana-mana hingga merambat ke Desa Bobos, Dukupuntang, Pakuncen. Karena itulah perbatasan desa Cikalahang tidak teratur. Setelah semua rata tanpa ada pepohonan orang-orangpun mendatangi lahan tersebut untuk menjadikan tempat tinggal. Semakin lama semakin banyak orang yang bertempat tinggal di lahan tersebut. Hingga lahan tersebut menjadi ramai dan dinamakan sebagi desa Sudi Mampir, karena banyak orang yang mampir di lahan tersebut. Pada suatu hari ada seorang kakek-kakek yang berjualan minyak di desa tersebut, tetapi tidak ada yang membelinya. Hingga akhirnya kake itu menjual minyak tersebut ke Desa Mandala, dan hasilnyapun tetap sama saja.

Ia beristirahat di bawah pohon Malaka dan memakan beberapa buah malaka. Tetapi rasanya pahit, dan ia meminum air sumur yang ada didekat pohon itu. Tetapi air itu terasa manis lalu berfikir untuk menjual air tersebut. Dan lama kelaman langsung menjualnya keliling desa Sudi Mampir. Dan akhirnya air itu laku terjual karena masyarakat penasaran dengan air itu. Tapi masyarakat mengeluh karena rasa air tesebut tidak manis apa yang dikatakan oleh kakek-kakek tersebut. Masyarakat mengadukannya ke Desa, Keesokan harinya kakek tersebut dipanggil ke Desa untuk di Sidang. Dalam sidang tersebut kakek itu menjelaskan bagaimana dan dimana ia mengambil air tersebut. Semua orang  tertawa mendengar cerita kakek itu. ‘hahaha’ Karena setelah memakan buah malaka terus minum air ,air itu akan terasa manis di mulut kita. Dan peristiwa itu tersebar kemana-mana. Hingga pada akhirnya orang-ornag lebih mengenal desa Sudi Mampir. Dengan sebutan desa Cikalahang yang artinya Ci= cai/air, Lahang= hambar/ tidak berasa.

Alamat Wisata Desa Wisata Cikalahang Cirebon

Desa Wisata Cikalahang Kab Cirebon terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya di Desa Cikalahang, Kecamatan Depok, Cirebon, Jawa Barat. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke tempat wisata tersebut. Silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi, Buka Peta Petunjuk Arah

Desa Wisata Cikalahang Cirebon Yang Terluas

Desa wisata cikalahang Cirebon ini  memiliki kurang lebih 2000 kepala keluarga dan merupakan seda terluas di kabupaten Cirebon. Di desa ini kita bisa menemukan 3 masjid dan 3 sekolahaan yang seperti jarang di jumpai di desa – desa lainnya. Desa wisata Cikalahang Cirebon ini ternyata juga merupakan batas yang menghubungkan di daerah Cirebon dan Kuninga.

Segarnya Air Dari Gunung Ciremai Desa Wisata Cikalahang Cirebon

Berkunjung ke Desa wisata cikalahang Cirebon lokasi ini memiliki kolam renang yang airnya di kenal sangat jernih dan super segar. Karena memang langsung berasal dari gunung Ciremai. Desa Wisata Cikalahang ini punya kolam pemancingan yang menyediakan banyak jenis ikan. Mulai dari ikan nila, ikan mas, dan juga ikan gurame. Kalau kalian pengen membawa pulang ikan pancingan sendiri, cukup keluarkan uang sebesar Rp 20 ribu sampai dengan Rp 40 ribu.

Akses Menuju Desa Wisata Cikalahang Cirebon

Untuk menuju ke Desa Wisata Cikalahang Cirebon, hanya membutuhkan waktu kurang. Lebih 1 jam saja kok bila melalui jalur alternatif Cirebon-Majalengka. Dan tentunya kalian bisa menggunakan angkot atau bus untuk bertandang ke sana. Di perjalanan menuju Cikalahang bersiaplah untuk dibuat menganga karena kalian akan melewati hamparan sawah hijau yang indah. Belum lagi udara sejuk yang bisa membuat kita lebih bersyukur atas karunia Tuhan. Lagi-lagi Cirebon akan membuat liburan kita terasa makin indah dan sejuk dengan adanya Desa Wisata Cikalahang ini. Lokasi yang sangat pas untuk merasakan sejuknya udara sambil berenang. Di air jernih ataupun sekedar memancing dan merasakan segarnya si ikan bakar. Bila kalian sudah terpuaskan dengan Desa Wisata Cikalahang. Penganan yang satu ini bisa didapatkan di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No.79 Cirebon, seberang CSB Mall.

Pencarian Terbaru: