Destinasi Tempat Liburan Ngehits Danau Quarry Di Bogor

Danau Quarry adalah sebuah danau air tawar yang terbentuk akibat “ulah” manusia. Danau Quarry dahulunya adalah bekas lahan pertambangan batu dan juga pasir yang dikelola oleh PT. Jayamix untuk pembuatan beton. Tapi karena proses pertambangan menghasilkan getaran-getaran disekitar pertambangan yang membuat mengganggu warga sekitar. Akhirnya dihentikan dan dibiarkan. Sehingga legokan bekas pertambangan tersebut terisi oleh air hujan. Dan uniknya, air yang ada di danau tersebut berwarna hijau. Danau Quarry mempunyai nama panggilan lain yakni Danau Jayamix. Karena dulunya bekas lahan pertambangan batu dan juga pasir. Maka dari itu danau ini sering disebut juga sebagai danau jayamix.

Keindahan Danau Quarry

Danau Quarry

Warna air yang kehijauan ditambah dengan tebing bebatuan yang tidak tertata menjadi daya tarik orang untuk berfoto di Danau ini. Namun sayangnya, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di danau ini karena untuk keselamatan dan alasan tertentu. Bagi warga Bogor sudah tidak asing lagi. Sebab wisata danau di Jawa Barat tersebut cukup hits di kalangan traveler di Bogor. Danau ini berada di Desa Kampung Sawah milik potensi bahan material batu dan pasir. Yang memberikan kesan eksotis sangat indah dan menyejukkan sejauh mata memandang.

Lokasi Danau Quarry

Wisata Danau Quarry sendiri terletak di daerah Rumpin tepatnya di desa Kampung Sawah, Rumpin, Bogor. Dengan pesonanya yang menawan, danau ini ternyata terbentuk dari eksplorasi penambangan pasir yang dulu dilakukan oleh PT. Jaya Readymax. Pusat tambang tersebut sudah 6 tahun lebih tidak beroperasi.

Jam Operasional

Tempat wisata ini buka 24 jam. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni Waktu Indonesia bagian Barat.

Fasilitas Danau Quarry

Danau tersebut memiliki kedalaman sekitar 27 meter, sehingga pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di danau tersebut. Sebagai gantinya, pengelola menyediakan fasilitas sepeda air yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau dan menikmati keindahannya langsung dari tengah danau. Tetapi untuk menikmati fasilitas tersebut anda diharuskan untuk membayar tiket sebesar Rp. 10.000 per orang.

Pengelola wisata telah menyediakan berbagai fasilitas wisata berupa wahana seperti sepeda air yang berada di bawah. Agar pengunjung dapat sampai ke lokasi bawah, sebaiknya berhati-hati ketika melewati tebing-tebing yang cukup curam. Bagi anda yang memiliki hobi berfoto, disini pun juga telah disiapkan spot foto yang menarik dan juga unik. Hanya saja sampai sekarang belum ada fasilitas toilet umum. Setidaknya anda dapat menggunakan fasilitas kamar mandi warung-warung yang ada disekitar danau.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuknya sekitar Rp. 10.000,-. Harga ini tidak tentu serta dapat berganti setiap saat, tergantung warga sekitaran jadi pengelola Danau Quarry. Jika anda ingin bermalam disana, anda tidak usah bingung karena disana terdapat hotel yang bisa anda booking.

Rute Menuju Ke Danau Quarry

Rute danau Quarry Rumpin Bogor bisa dilalui melalui simpang tiga Semplak atau pasar Parung menuju ke arah Kecamatan Rumpin. Bila teman-teman pernah berwisata ke gunung Munara. Mungkin bukan hal sulit menemukan lokasi wisata ketika dalam perjalanan, lantaran objek wisata danau searah dengan wisata situs gunung Munara.

Dari lokasi pasar Parung lurus saja menuju simpang tiga Rumpin. Setelah melewati simpang tiga, belok ke arah kanan menuju ke BDK-Bogor, Rumpin panjang atau melewati gunung Munara. Lurus saja mengikuti jalan dan jika menemukan plang jalan tertulis PT. Lotus SG Lestari dan ikuti saja ke arah PT itu. Bila tak bertemu, kawan bisa bertanya ke penduduk sekitar. Jika ketemu, ikuti saja terus jalan itu, jangan heran ya kawan kalau kondisi jalan disana kurang bagus. Anda bisa melalui perkampungan yang belum padat penduduk, jalan sempit bahkan rusak. Sebagai tanda nya ketika bertemu jalan sempit rusak maka kawan sudah mendekati lokasi wisata.

Sepertinya sekian dulu artikel tentang Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Danau Quarry Rumpin Bogor, semoga bermanfaat review destinasi wisata anda. Jika dirasa artikel ini bermanfaat maka tak ada salahnya meluangkan waktu sejenak. Untuk membaca artikel lain seputar review wisata, wisata kuliner di berbagai daerah, terimakasih.

Tags:,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!