Tempat Wisata Danau Jempang Kalimantan Yang Harus Dikunjungi

Objek wisata danau jempang adalah salah satu tempat wisata Kalimantan yang di andalkan oleh pemerintah Kabupaten. Di kawasan wisata ini selain keindahan daun nya yang terdapat juga potensi seni budaya lokal yang berada di Kabupaten Tanjung Isuy. Untuk menuju ke tempat ini di butuhkan waktu sekitar 8 jam dari kota Balik Papan. Dan dari kota Samarinda di butuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan. Wilayah Danau Jempang ini cukup luas, secara keseluruhan memiliki luas sekitar 15.000 hektar dengan kedalaman sekitar 7 – 8 meter.

Danau Jempang

Jika kita ingin pergi ke danau Balik papan, kita bisa menggunakan travel yang melayani tujuan Balikpapan. Ke Melak turun di Camp Baru ataupun menggunakan bus tujuan Camp Baru dari Kota Samarinda. Dari Camp Baru, barulah kita menyewa sepeda motor untuk ke Danau Jempang – Tanjung Isuy Kecamatan Jempang.

Bila melalui jalur sungai dari Kota Samarinda kita dapat menggunakan kapal motor ke Muara Muntai. Selanjutnya kita menggunakan perahu ketinting ke Danau Jempang. Danau Jempang berada di kawasan terbuka sehingga untuk menikmati keindahan alam obyek wisata ini kita tidak dikenakan biaya retribusi. Baca juga pasar terapung lok baintan

Danau Jempang

Danau Jempang ini sebagai salah satu danau penghasil ikan di kelilingi oleh beberapa perkampungan. Yaitu Kampung Muara Ohong, Tanjung Jone, Tanjung Jan dan Tanjung Isuy. Di daerah ini juga kita akan melihat seni budaya Dayak berupa seni ukir patung dan kerajinan ulap doyo. Disamping itu kita juga dapat melihat lamin atau Rumah Panjang khas dayak yang berdiri di sekitar perkampungan danau.

Dibibir Danau Jepang ini kita juga bisa dapat melihat beberapa rumah terapung. Yang di gunakan masyarakat setempat sebagai basis untuk mencari ikan di sekitar danau. Dan selain itu juga kita dapat melihat beberapa satwa yang hidup. Di sekitar danau yaitu Bangau serta beberapa spesies Burung Raja Udang dan Bekmantan.

Danau ini terkadang kita akan melihat beberapa kapal motor yang lalu lalang membawa penduduk setempat untuk beraktivitas. Penduduk tersebut menggunakan danau ini sebagai salah satu alternatif jalan di karenakan di daerah ini. Fasilitas jalan darat sangat kurang ditambah dengan kondisi daerahnya yang berawa-rawa memang sangat memungkinkan pemanfaatan transportasi air. Kapal yang lalau lalang tersebut melayani rute menuju Desa Jantur – Tanjung Jone dan Tanjung Isuy.

Menikmati Danau Dengan Perahu Bermotor

Bila kita ingin menikmati langsung Danau Jempang kita dapat menggunakan long boat. Atau perahu kayu bermotor berukuran lebih besar serta beratap yang di sewakan oleh penduduk setempat. Sambil mengitari danau yang dapat melihat beberapa jenis burung yang terbang di sekitar danau. Burung tersebut antara lain Walet Raksasa, Cangak Merah, Kuntul Perak. Kuntul Kerbau, Kuntul Besar, Kuntul Kecil, Blekok Sawah, Trinil Pantai, Bangau Tongtong dan Pecuk Ular Asia.

Di danau ini juga sering di adakan acara adat yaitu upacara pelepas danau biasanya. Pada upacara tersebut yang terdapat perlombaan lomba perahu dayung dan lomba perahu ketinting. Rangkaian ini yang biasanya di lakukan di bulan Mei, dan ketika sore hari anda juga dapat menyaksikan sunset yang indah. Dan di samping itu juga kita akan melewati beberapa kampung yang berada di pinggir danau. Dan terkadang juga para penduduk melambaikan tangan sambil tersenyum kepada orang orang baru.

Selesai menikmati keindahan alam serta kehidupan di Danau Jempang ini kita juga. Dapat melanjutkan perjalanan ke Cagar Alam Kersik Luwai yang merupakan obyek wisata alam serta memiliki keunikan tersendiri. Untuk menuju ke cagar alam tersebut cukup dekat dikarenakan masih berada satu wilayah kecamatan Jempang yaitu di Kampung Pulau Lantin. Baca juga tempat wisata benteng anoi itam