Menikmatai Tempat Wisata Curug Winong Wonosobo

Objek wisata alam yang patut anda sambangi jika kebutuhan anda singgah di Wonosobo adalah curug winong wonosobo. Selain dengan namanya tempat wisata wonosobo ini adalah berupa air terjun (curug). Dan berlokasi di wilayah desa Winongsari lebih tepatnya Dusun Temanggung. Desa Winongsar, Kecl Kaliwiro, Kab, Wonosobo, Jawa Tengah. Terletak di area hutan desa, Curug Winong Tidak hanya menawarkan keindahaan air terjun yang berbentuk seluncur. Akan tetapi ini juga menawarkan keindahan alam pegunungan khas Wonosobo yang sangat memanjakan mata. Kendati yang terletak di pedalaman hutan, meskipun akses menuju Curug winong Wonosobo ini terbilang sangat bagus. Untuk menuju gerbang desa Winongsari, anda akan di hadapkan pada jalan raya yang mulus. Dan berkelok dengan pemandangan hutan pinus dan pegunungan di sisi kanan dan kiri jalan. Sungguh Pemandangan pembuka yang cukup memanjakan mata. Dari gerbang desa Winongsari ke loket wisata Curug Winong, jaraknya sekitar setengah kilometer melewati jalan desa.

Curug Winong Wonosobo

Namun jalan desa ini tak semulus jalan raya yang dilewati sebelumnya. Dari loket anda perlu berjalan sekitar 500 meter lokasi curug. Hanya butuh sekitar 15 menit dengan berjalan kaki dari loket untu sampai ke lokasi curug winong Wonosobo. Di Lokasi Curug Winong, pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan air terjun. Setinggi hampir 70 meter dengan bentuk permukaan turunan yang menyerupai seluncur. Topografi turunan Curug Winong Wonosobo yang menyerupai seluncur dengan kemiringan tidak lebh dari 70 derajat. Yang membuat banyak pengunjung yang memberanikan diri untuk bisa memanjat. Serta para pengunjung umumnya yang berlomba untuk bisa mencapai titik tertinggi dari permukaan curug yang bisa didaki. Selain pemandangan air terjun, pemandangan lain yang ada adalah tiga batu besar yang di sebut oleh warga setempat watu kelir. Satu batu berada persis di bawah curug, sedangkan dua buah batu lainnya. Berdampingan dan berokasi tidak jauh dari batu yang pertama, hanya saja posisinya agak di bawah.

Fasilitas Curug Winong Wonosobo

Untuk masalah fasilitas, jangan khawatir, meskipun lokasinya pelosok. Akan tetapi di sini ada toilet yang memadahi. Jika ada warung yang menjual snack aneka makanan ringan, juga minuman. Di dekat air terjun tadi ada tulisan bumi perkemahan juga. Kemudian masalah sampah jangan dibuang sembarangan.  Jangan lupa baca juga tempat wisata bukit scooter dieng wonosobo

Curug Winong Wonosobo

Curug winong Wonosobo ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan memiliki tebing yang khas. Disekitarnya masih banyak terdapat bebatuan – bebatuan yang sangat besar. Karena hal ini yang menjadi salah satu ciri khas curug winong Wonosobo. Para pengunjung sampai ada yang sampai memberanikan diri memanjat bebatuan besar dan sampai ke tinggat 2. Jika anda memang masih ragu mending tidak usah ikutan yang memanjat, karena tidak ada tali pengaman. Disalah satu bebatuan yang besar bahkan ada yang sampai di tumbuhi pohon yang agak besar. Disini ada sebuta watu kelir, maksudnya adalah sebuah bebatuan memanjang yang berbentuk seperti kelir di pertunjukan wayang kulit. Dikanan kiri batu tersebut ditumbuhi pohon seperti tiang kelir yang disebut dengan wunung, konon katanya pohon ini termasuk tanaman langka.

Harga Tiket Curug Winong Wonosobo

Ketika sudah di area loket, di sana sudah tersedia parkiran yang cukup luas. Serta biaya parkir di sini hanya Rp. 2000/ motor. sedangkan untuk tiket masuk ke curug winong Wonosobo hanya Rp. 1.000/orang ini untuk hari bisa. Dan untuk hari libur sebesar Rp. 2.000/ orangnya. Harga bisa berubah sewaktu – waktu. Jangan lupa baca juga tempat wisata kebun teh tambi wonosonbo

Tags: