Menikmati Keindahan Tempat Wisata Curug Pitu Banjarnegara

Curug Pitu atau Air Terjun Curug 7 yang merupakan salah satu tempat wisata Banjarnegara yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Menikmati liburan bersama keluarga ini merupakan momen yang sangat di nantikan bukan?. Untuk anda yang suka dengan panorama alam, Curug pitu ini adalah tempat yang direkomendasikan untuk di jadikan sebagai objek wisata. Curug pitu Banjarnegara ini merupakan objek wisata alam yang memiliki daya taroik utama berupa air terjun. Yang berjumlah tujuh buah Curug yang tersusun bertingkat dari atas ke bawah.

Curug Pitu Banjarnegara

Nama curug pitu diberikan karena curug tersebut bertingkat tujuh (Jawa : Pitu). Antara Curug Pertama hingga Curug Ketujuh yang berada di paling bawah mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Dan masing-masing memiliki keindahan sendiri-sendiri yang sangat eksotik. Dari curug pertama ini Anda bisa menyaksikan air terjun dengan debit air yang cukup besar. Di kanan kiri adalah hutan yang masih asri yang didominasi tanaman keras serta banyak juga pohon durian. Jika Anda ingin melihat curug di atasnya, Anda harus mendaki jalan setapak di kanan jalan. Ada anak tangga yang cukup memudahkan mendaki. Sekitar 50 meter, curug kedua dan seterusnya sudah menanti.

Sejarah Curug Pitu Banjarnegara

Curug Pitu merupakan objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Di tempat ini kita akan menemukan air terjun yang airnya begitu jernih dan segar. Penampakan dari air terjun ini yaitu memiliki  tujuh tingkatan yang dimulai dari tingkatan pertama. Dari bawah dan tingkatan ke tujuh atau curug ke tujuh berada pada tingkat paling atas. Di curug pertama dan kedua, jalan setapak yang bisa dilewati cukup mudah untuk ditempuh karena jalannya tidak terlalu curam. Selanjutnya, pada curug ke tujuh Anda bisa menikmati kenyamanan dan keseruan bermain air. Sembari menikmati sensasi terkena terpaan air yang memiliki tinggi 50 meter. Untuk curug ke enam airnya tidak terlalu tinggi dan kolamnya yang berada di bawah air terjun ini. Cukup memberikan sensasi kenyamanan untuk berendam. Air di wisata ini sudah pasti air yang berasal dari pegunungan sehingga kesegarannya pun sudah tidak diragukan lagi.

Keindahan Curug Pitu Banjarnegara

Curug Pitu Banjarnegara ini merupakan salah satu air terjun yang bahkan sampai tujuh tingkat. Keindahan curug pitu ini tidak di ragukan lagi karena tempat imi sangat indah. Disekitar lokasi Curug Pitu juga terdapat tempat berkemah yang sering digunakan. Oleh para petualang untuk bisa menikmati pesona di sekitar air terjun. Suasana damai dan segar dapat Anda nikmati ketika matahari muncul dari balik gunung. Ketika pertama samapi di lokasi ini anda kaan di sambut dengan gapura yang terletak bersebelahan dengan Balai Desa Sigaluh. Dengan tulisan “Curug pitu: Objek Wisata Alam”. Masing-masing tingkat curug memiliki keindahan tersendiri. Pada tiap 50 meter pendakian, anda akan disambut oleh tiap-tiap curug dengan keindahan dan pesonanya. Saat anda sampai di curug keenam, Anda akan menemui sebuah curug yang airnya tidak sederas pada air terjun paling bawah. Pada tingkat keempat, yang tempatnya cukup landai. Anda dapat melanjutkan petualangan anda menuju ke curug paling atas.

Faslitas Curug Pitu Banjarnegara

Fasilitas pendukung yang ada seperti MCK, tempat mandi, mushola, tempat makan, dan tempat parkir  sudah disediakan. Meskipun kondisinya memang sedikit kurang baik. Dengan harga tiket Rp. 4.000 Anda dapat menikmati keindahan Curug Pitu. Jangan lupa baca juga tempat wisata Waduk mrica Banjarnegara

Curug Pitu Banjarnegara

Untuk menuju tempat ini tidaklah sulit di jangkau akan tetapi jalan nya tidak terlalu lebar. Meskipun tidak selebar dan sebagus akses jalan menuju ke Dieng, namun jalan telah beraspal hotmik. Demikian juga dengan jalan menuju lokasi air terjun telah disemen. Curug Pitu berjarak sekitar 10 km dari kota Banjarnegara ke arah timur. Dapat ditempuh dengan berkendara roda dua dan empat selama sekitar 10-15 menit. Dari pertigaan jalan Tekidadi yang terletak di jalan Propinsi Banjarnegara – Wonosobo.  Pintu masuk ke curug ini ditandai dengan papan yang bertuliskan Obyek wisata Curug Pitu. Yang berada tepat di sebelah Balai Desa Sigaluh. Akses menuju ke Curug Pitu sangat mudah. Anda dapat melewati jalan propinsi Wonosobo – Banjarnegara. Lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dari arah Barat (Cilacap, Banyumas, Purwokerto, dan Purbalingga).