Tempat Wisata Curug Parigi Yang Harus Kamu Kunjungi

Bekasi merupakan salah satu kota penyangga dari Ibu Kota Jakarta. Bila Anda berkunjung ke Kota Bekasi, wisata yang paling mudah Anda lakukan yakni wisata belanja. Begitu Anda keluar dari pintu Tol Bekasi Barat, tentu akan menemukan banyak pusat perbelanjaan. Tidak hanya wisata belanja, ternyata Bekasi juga memiliki wisata alam seperti air terjun yang harus dikunjungi yakni Curug ParigiObjek wisata air terjun memang akan membuat otak kembali segar. Suara gemuruh atau gemericik air terjun dilengkapi nuansa alami dari sungai yang mengalir memang memiliki daya tarik tersendiri. Air terjun tersebut tampak seperti Air Terjun Niagara versi mini yang terkenal di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat. Pasti kamu penasaran seperti apa keindahan di sana. Dan masih banyak tempat wisata di Bekasi yang harus kamu kunjungi.

curug parigi

Curug Parigi terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi. Tepatnya di Jalan Pangkalan 5, Kampung Parigi, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Untuk bisa sampai di sana, memang perlu mempersiapkan waktu lebih banyak, sebab kondisi jalan cukup macet. Untuk menghindari kemacetan di perjalanan, sepeda motor menjadi pilihan transportasi terbaik sebagai transportasi. Bila menggunakan sepeda motor dari arah pintu keluar Tol Bekasi Barat hingga curug membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun, jika menggunakan transportasi umum atau mobil pribadi maka waktu tempuhnya akan lebih lama. Karena ada banyak titik kemacetan yang dilalui. Sesampainya di Jalan Pangkalan 5, terdapat jalan beton atau sudah dicor cukup untuk satu mobil, sepanjang kurang lebih 500 meter.  Untuk bisa masuk ke sana, kamu pun di berikan selembar kertas. Yang berisi biaya masuk mobil sebesar Rp 10.000, motor Rp 5.000, dan sepeda Rp 2.000.

Sejarah Curug Parigi

Sejarah terbentuknya air terjun ini adalah karena sebuah galian batu yang dilakukan untuk bahan pembangunan Jalan Raya Narogong. Saat itu ada sebuah bukit batu yang tidak bisa dipecah. Akhrinya bukit batu itu bentuknya menyerupai curug atau air terjun. Setelah pembangunan jalan selesai, warga pun melakukan penambangan pasir di bekas bukit batu tersebut. Lama kelamaan area penambangan itu berubah menjadi sebuah cekungan yang kini menjadi sebuah curug. Namun, tidak seperti air terjun kebanyakan, curug ini tidak memiliki suhu dan suasana yang tepat. Karena air di sana ternyata berbau busuk. Selain itu, di bawah air terjun, air akan berbuih dan mengeluarkan bau menyengat. Selain itu ada banyak sampah yang membuat pemandangan di sekitar air terjun ini menjadi kian kotor. Semoga pembenahan curug ini untuk dijadikan objek wisata bisa lebih mengubah suasana yang ada.

Kendahan Curug Parigi

Curug Parigi Bekasi sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan ternyata salah satu film di era 80-an pernah ada yang menjadikan curug ini sebagai lokasi pengambilan gambar. Namun, lokasi ini memang baru populer akhir-akhir ini. Kepopulerannya terjadi karena beberapa foto di instagram yang menampilkan keindahan air terjun mini ini. Sehingga banyak kalangan dan wisatawan yang penasaran dan berdatang ke sana. Sebelum populer, ternyata lokasi ini sering didatangi oleh komunitas-komunitas pegiat alam bebas, seperti komunitas gowes, fotografi, dan komunitas lainnya. Selain komunitas, warga sekitar pun sering datang ke sana. Curug Parigi Bekasi ini memiliki penampilan yang mirip dengan Curug Malela. Namun, tidak seperti Curug Malela yang terbentuk secara alami, curug ini terbentuk karena ulah manusia.

Dulunya, area tersebut adalah area bekas tambang pasir atau galian pasir. Bekas galian itulah yang akhirnya membentuk sebuah perbedaan ketinggian, hingga lahirlah air terjun tersebut. Ketinggian curug adalah sekitar 2 meter, sedangkan lebarnya mencapai 20 meter. Namun, keindahan Curug Parigi ini tidak berlangsung setiap saat. Karena debit air sungai yang berubah-ubah juga mengubah tampilan air terjun ini. Jika debit sungai kecil, maka air terjun ini tidak menumpahkan banyak air, dan keindahannya kurang terlihat. Saat musim hujan atau saat debit sungai tinggi, air terjun ini akan lebih terihat keindahannya. Oleh karena itu jika berkunjung ke sana lebih baik datang ketika musim hujan agar menembukan pemandangan yang indah.

Kisah Mistis

Nggak selamanya air terjun Parigi menyenangkan lho. Kadang-kadang, beberapa kisah misteri terjadi di curug ini yang berlokasi di Bantar Gebang. Salah satu kejadian mistisnya hadir di pertengahan Agustus 2015 lalu. Seorang wisatawan lenyap menghilang lantaran menyebrang dari curug sebelah Barat seperti yang dilansirRepublika. Pengunjung memang dilarang berenang di curug paling kanan, pasalnya air di bagian ini cukup dalam. Pengunjung hanya boleh berada di curug paling kiri dan curug tengah (yang mirip Niagara) saja.  “Pokoknya banyak korbannya, rata-rata anak-anak tapi ada juga satu cewek yang dewasa meninggal di situ. Banyak lah,” jelas Naman, salah satu warga situ.

Rute Menuju Curug Parigi

Aksesibilitas menuju air terjun ini bisa ditempuh dari banyak cara. Berikut ini akan diberikan beberapa rute menuju Curug Parigi dari sekitar Jabodetabek.

  1. Dari Jakarta

Karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Jakarta, banyak orang dari Jakarta yang mengunjungi Curug Parigi ini. Beberapa diantaranya biasanya datang saat akhir pekan. Jika kamu berasal dari Jakarta dan ingin mengunjungi air terjun ini, kamu perlu mengikuti akses menuju curug berikut ini. Akses dari Jakarta bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan menuju Mall Metropolitan atau Mega Bekasi. Lanjutkan perjalanan ke arah Jalan Naroogong. Lanjutkan perjalanan menuju Bantargebang, kemudian carilah pasad Bantargebang. Jika sudah melewati pasar tersebut, carilah pangkalan TNI Batalyon Armed 7. Sekitar 300 meter dari pangkalan TNI, masuklah ke gang di sebelah kanan jalan. Gang itu akan menuju Curug Parigi.

  1. Dari arah Bogor atau Depok

Jika kamu berasal dari Bogor atau Depok, akses ke curug akan lebih dekat. Karena air terjun ini berada di perbatasan Bekasi dan Bogor. Akses dari Bogor atau Depok bisa diakses dari Cileungsi. Dari Cileungsi, perjalanan bisa dilanjutkan ke pangkalan TNI Batalyon Armed 7. Jika dari arah Bogor atau Depok, gang berada di sebelah kiri jalan, sebelum pangkalan TNI. Ikuti saja jalan di gang tersebut, dan perjalanan akan berakhir di Curug Parigi.

  1. Dari arah Karawang

Untuk wisatawan dari Karawang, akses menuju Curug Parigi bisa dilakukan dari arah Cikarang. Ikuti jalur Kalimalang hingga sampai di Kampus Unisma. Di lampu merah dekat kampus, belok ke arah kiri sampai menemukan lampu merah lagi. Dari sana, belok ke kiri lagi dan ikuti jalan hingga menemukan pangkalan TNI. Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan harus melewati trek yang cukup sulit. Ada beberapa jalan yang terjal dan rawan longsor. Lebih baik berhati-hati karena ada erosi tanah yang mungkin terjadi. Hal ini pula lah yang menyebabkan kejernihan air terjun cukup rendah. Air di air terjun ini memang lebih berwarna cokelat seperti cokelat susu.

Pencarian Terbaru: