Tempat Wisata Keluarga Curug Maribaya Bandung

Jika anda yang suka traveling belum lengkap jika nada belum mengunjungi curug maribaya bandung. Salah satu destinasi wisata favorit kebanyakan di daerah Bandung Barat ini memiliki sisi eksotisme yang menarik. Tempat ini sebenarnya sudah cukup populer sejak dulu karena pemandian air panasnya. Tapi karena manajemen wisatanya yang kurang baik tempat ini menjadi kotor dan kumuh. Namun jangan pangling, saat ini kawasan Maribaya Bandung sudah memiliki tampilan yang berbeda 180 derajat. Semakin indah dan tertata fasilitas yang tersediapun lebih memadai. Sehingga lokasi dan harga tiket Curug Maribaya juga berubah. Untuk itu dalam artikel ini akan membahas tentang wisata Maribaya. Namun sebelum itu Anda perlu mengetahui tentang area wisata ini.

Curug Maribaya Bandung

curug maribaya bandung

Tempat Wisata di Bandung memang sangat luar biasa, dan banyak memberikan pilihan tempat wisata yang beragam. Kawasan ini sangat terkenal dengan objek wisata alamnya seperti Kawah Putih.

Karena di sini banyak sekali objek wisata yang menawarkan pesona keindahan alam yang sangat mengagumkan seperti, Gunung Tangkuban Perahu.

Sejarah Curug Maribaya Bandung

Kawasan Maribaya dulunya adalah sebuah tempat yang sangat populer bagi warga bandung karena ada pemandian air panasnya. Kawasan ini juga selama ini dikenal sebagai salah satu sisi eksotisme wisata alam bandung yang masih sangat asri dan alami. Wisata Alam Maribaya sendiri masuk ke dalam kawasan hutan konservasi, yaitu berada di dalam areal Taman Hutan Raya Juanda. Dulunya kawasan Maribaya adalah sebuah tempat yang dibiarkan seadanya. Dan bahkan pernah ditutup untuk dilakukan renovasi pada tahun 2015.

Setelah di renovasi dan dibuka kembali untuk umum. Maka kawasan wisata Maribaya pun berubah menjadi lebih cantik dan lebih terawat. Dan dengan konsep wisata dan tata kelola yang baru, maka hadirlah kini di kawasan ini Maribaya Natural Hot Spring Resort. Di kawasan wisata baru, pengelola telah menambah fasilitas wisata lainnya yang semakin memanjakan pengunjunhg yang berwisata ke sini. Diantaranya dibangun areal parkir yang lebih luas, pusat kuliner baik resto dan cafe, taman – taman. Kebun Binatang mini hingga Toilet dan mushola.

Alamat Curug Maribaya Bandung

Alamat Curug Maribaya sendiri lokasinya berada di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug Maribaya Lembang sendiri lokasinya berada di dalam kawasan Taman Wisata Maribaya. Letaknya hanya berjarak sekitar kurang lebih 15 kilometer dari arah pusat kota Bandung. Atau sekitar membutuhkan waktu berkendara kurang dari 1 jam. Lokasinya juga sangat dekat dengan tempat wisata di Lembang terkenal lainnya. Seperti The Lodge Maribaya dan wisata ala cowboy De’ Ranch. Sementara Taman wisata Maribaya sendiri lokasinya berada di sebelah utara Kota Bandung, tepatnya berlokasi di sebelah timur Lembang.

Legenda Curug Maribaya Bandung

Sebelum bicara daya tarik wisata Curug Maribaya Lembang, maka belum afdol jika kita tidak tahu seputar legenda tempat ini. Asal usul Maribaya sendiri konon berasal dari nama seorang perempuan sangat cantik, sehingga menjadikan sumber rebutan para lelaki. Karena terpesona oleh paras cantik maribaya, sering terjadi ketibutan yang melibatkan banyak pemuda di kampung gadis itu berada. Maribaya sendiri berasal dari keluarga yang hidupnya pas – pasan. Dan ayah maribaya sendiri bernama Eyang Raksa Dinata. Khawatir sesuatu kejadian buruk akan menimpa anaknya yang diperebutkan, maka pergilah eyang raksa dinata untuk bersemedi di hutan. Tujuannya meminta petunjuk dan keberkahan bagi hidup keluarganya kepada sang hyang widi, sehingga bisa berkecukupan. Dan usahanya tidak sia – sia. Kemudian ia pun mendapat petunjuk untuk kembali ke kampung dan mengelola sebuah pemandian air panas di sana.

Sejak mulai dikembangkan tahun 1835 oleh Eyang Raksa Dinata. Tempat ini pun berhasil mengubah kehidupan maribaya yang tadinya miskin, menjadi berkecukupan. Banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut. Mereka tidak hanya datang untuk berekreasi menghirup udara segar alam pengunungan dan perbukitan. Tapi juga untuk berobat dengan berendam di air hangat. Eyang Raksa Dinata yang sebenarnya hanya ingin menghindari pertumpahan darah di kampungnya. Malah mendapat berkah kekayaan setelah mengelola sumber air panas mineral yang dapat dipergunakan untuk pengobatan itu.

Curug Maribaya Bandung Yang Indah

Curug Maribaya sendiri sebenarnya adalah merupakan sebuah kumpulan curug yang memiliki 3 curug kecil. Curug tersebut adalah Curug Cikawari, Curug Cigulung serta Curug Cikolelang. Curug Maribaya Lembang sendiri memiliki ketinggian air tejunnya setinggi kurang lebih 15 meter. Sumber air curug maribaya berasal dari 2 aliran sungai di Bandung barat, yaitu Cigulung serta Sungai Cikawari. Air curug maribaya akan terlihat akan sangat jernih ketika anda melihatnya di saat berkunjung pada musim kemarau,

Hempasan air dari ketinggian 15 meter menuju ke bawah menimbulkan buih putih di kolam di bawahnya. Dan menciptakan butiran air yang lembut terbawa angin. Pada saat musin penghujan, maka karena sumber mata airnya berasal dari 2 alairan sungai di atas. Maka akan sedikit keruh kecokelatan. Namun demikian, pemadangan alam di sekitar curug maribaya ini sangat hijau dan asri, serta udara di kawasan ini cukup sejuk. Sementara dari ketiga curug tersebut, lokasi favorit pengunjung untuk bermain air biasanya di lokasi Curug Cikawari.

Aktifitas Wisata Menarik Curug Maribaya Bandung

Ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan selama berada di kawasan wisata Curug Maribaya Bandung. Anda bisa menikmati pesona air terjun serta menikmati dinginnya udara di sekitarnya sambil menikmati hidangan panas jagung atau ketan bakar. Kawasan maribaya sangat tepat dijadikan lokasi tempat wisata rekreasi atau refreshing keluarga, terutama yang berasal dari perkotaan. Di bawah rindangnya pepohonan serta vegetasi hutan trofis yang masih terjaga keasriannya, tempat ini sangat nyaman disinggahi.

Memancing Di Kolam Telag Giri

Bagi anda yang suka memancing. Maka anda pun bisa menuju ke kolam pancing yang tersedia di san yaitu Kolam Telaga Giri.

Berendam Di Pemandian Air Panas Maribaya Bandung

Anda juga jangan sampai melewatkan untuk memanjakan tubuh seklaigus merefresh pikiran anda selama di kawasan Curug Maribaya Lembang ini. Yaitu berendam di areal pemandian air panasnya yang sekarang sudah sangat tertata dengan baik sesudah dilakukan renovasi. Kolam rendam air panas ini sangat bagus dan banyak dikunjungi tidak hanya wisatawan domestik saja, tapi juga turis asing. Kolam rendam air panas di marbaya ini mengandung belerang. Dengan kadar kandungan yang tinggi, dan dipercaya bagus buat terapi penyakit kulit.

Fasilitas Wisata Curug Maribaya Bandung

Jika anda sudah membaca uraian di atas, maka anda pasti sudah tahu fasilitas wisata apa saja yang ada di sana. Sejak selesai renovasi penataan tempat wisata di kabupaten bandung barat ini benar- benar sangat nyaman untuk dikunjungi. Selain areal parkir yang lebih luas, adanya mobil antar jemput wisatwan, toilet yang bersih, pusat kuliner cafe dan resto. Juga terdapat banyak gazebo, taman – taman yang untuk bersantai yang konsepnya ada seperti rumah hobbit di Farmhouse susu lembang. Serta ada rabbit hole seperti yang bisa kita jumpai di Taman kelinci di Flaoting Market atau di Taman Kelinci Ciwidey. Selain itu terdapat juga fasilitas tempat beribadah muslim mushola, kolam pancing dan masih banyak yang lainnya. Kawasan ini sekarang adalah salah satu Tempat Wisata Keluarga di Bandung Barat yang dikatakan sangat lengkap.

Harga Tiket Masuk Curug Maribaya Bandung

Karena Curug Maribaya ini lokasinya berada di dalam kawasan wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort. Maka untuk bisa memasukinya, setiap pengunjung dikenakan Taris Harga Tiket Masuknya saat ini adalah Rp. 35.000/pengunjung.

No Telepon Dan Jam Operasional Curug Maribaya Bandung

Untuk informasi harga tiket masuk, kegiatan acara, reservasi tempat dan info penting lainnya yang anda perlukan. Silahkan hubungi nomer kontak 022-827-82228 serta Mobile 0812-9373-5432 dan 0822-1415-3019.

Jam operasional tempat wisata curug maribaya lembang ini adalah buka setiap harinya mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!