Tempat Wisata Alam Curug Landung Kuningan Serta Sejarahnya

Kuningan merupakan salah satu objek wista yang ada di daerah Jawa Barat yang memiliki banyak curug. Dan salah satu curug tersebut adalah curug landung Kuningan yang berlokasi di Desa Cisanta, Kecamatan Cigugur.

Sejarah Curug Landung Kuningan

Curug Landung Kuningan mulai di buka pada tahun 2003, mulai beroperasi. Untuk umum sekitar 2 tahun yang lalu tepat nya tanggal 25 Desember 2016. Meski terbilang belum terlalu lama lama tempat wisata Curug Kuningan Landung ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan. Karena wisata alam ini yang terlihat di Desa Cisantana ini menyuguhkan pesona alam yang sangat mengagumkan. Seperti lingkungan alam nya yang masih asri serta air terjun nya yang cukup indah. Asal kata Curug Landung sendiri berasal dari arti kata ‘Cur’ artinya Cai atau Air , ‘Rugu’ yang artinya Ngocor atau Mengalir. Dan Landung artinya Panjang atau Tinggi, sehingga Curug Landung artinya adalah Air terjun yang tinggi. Ketinggian curug ini memang salah satu tertinggi di Kota Kuningan, dimana tingginya mencapai 30m. Air Curug Landung merupakan aliran. Yang berasal dari Curug Putri ini terletak di wisata alam Bumi Perkemahan Palutungan yang berjarak kurang lebih 1 km.

Curug Landung Kuningan

Kedua curug ini bersumber dari salah satu mata air Gunung Ciremai yaitu Mata Air Kopi Cilaja. Di balik ke-eksotikan nya, Curug Landung Kuningan memiliki cerita tersendiri. Dimana menurut cerita terdapat satu kisah dari sepasang kekasih yaitu Putri Hollan William Sie dan kekasih nya yang menikah. Dengan mengadakan upacara adat sunda dengan cara di “Sawer” atau dimandikan di Curug Landung Kuningan. Yang diharapkan agar pernikahan nya langgeng, rezeki lancar serta tinggi kedudukannya. Berangkat dari cerita tersebut sehingga tidak sedikit pengunjung yang memanfaatkan. Curug Landung Kuningan bukan hanya untuk tujuan berwisata namun untuk tujuan lain. Seperti untuk mencari keberkahan agar pernikahan awet, mudah rezeki dan beberapa alasan lain nya. Disamping itu menurut pengelola daya tarik lain dari air Curug Landung ini yaitu terdapat nya manfaat. Dari sisi medis seperti untuk mengobati migrain, hilang ingatan atau amnesia, epilepsi serta mengobati gangguan kejiwaan.

Fasilitas Curug Landung Kuningan

Fasilitas wisata alam Curug Landung Kuningan ini cukup lengkap beberapa di antara nya. Toilet, Mushola, Kantin, Gazebo, Area parkir dan Pos pusat informasi.

Spot Curug Landung Kuningan

Ada beberapa spot menarik yang berada di curug landung Kuningan ini antara lain adalah
Sun Flowers : Area yang di hiasi dengan bunga matahari yang sangat besar
Wing Sky (Ayunan) : Area yang terdapat ayunan, cocok untuk spot foto
Adrenalin : ini cocok untuk and ayang ingin menguji nyali di jurang landung
Sarang Burung : Area ini yang di hiasi dengan sarang burung yang sangat besar
Tower Bambu : Area ini yang paling tinggi di jurnag landung dimana di area ini. Terdapat hiasan dan rangkaian bunga yang membentuk love.
Bambu Sky : Area ini yang di hiasi sayap burung yang terbuat dari besi
Rumah Habbit : Area ini adalah rumah minim seperti rumah habit di film Loar Of The Rings.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional Curug Landung Kuningan

Harga tiket masuk di sini tidak lah terlalu mahal ini sangat terjangkau.
Harga tiket masuk tempat wisata (dewasa) : Rp. 10.000/ orang
Harga tiket masuk tempat wisata ( anak-anak) : Rp. 5.000/ orang
Harga tiket parkir kendaraan roda empat : Rp. 10.000/1 unit
Harga tiket parkir kendaraan roda dua : Rp. 5.000/1 unit
Wisata alam Curug Landung Kuningan buka setiap hari kecuali hari Jumat, mulai pukul 08:00

hingga pukul 17:00. Meski daya tarik wisata alam ini masih sedikit namun menurut pengelola. Wisata alam ini akan terus di lakukan pengembangan mulai dari penambahan fasilitas. Gazebo, Kantin, Kamar Bilas, di bangun nya Panggung Hiburan, serta di bangun nya Kolam Pemandian Air Panas.

Alamat Curug Landung Kuningan

Jl. Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552