Keindahan Tempat Wisata Curug Genting Tirta Banjarnegara

Curug Genting tirta Banjarnegara ini merupakan salah satu dari 3 tempat wisata Banjarnegar di Desa Giritirta, Kecamatan, Pejawaran. Selain air terhun genting di daerah ini juga terdapat sumur air panas giritirta dan air terjun mrawu. Curug genting tirta banjarnegara ini memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter dengan debit air yang cukup besar. Segarnya uap air yang timbul dari ketinggian 70 meter lebih akan anda rasakan. Bahkan jika terlalu dekat dengan air terjun maka akan membuat pakaian anda basah. Air yang menaglir di sini berasal dari hutan wilayah pegunungan utara.

Lokasi Curug Genting Tirta Banjarnegara

Curug Genting Tirta Banjarnegara

Terletak di Dusun Mliken, Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Genting Tirta Banjarnegara

Untuk menuju ke Curug Tirta Banjarnegara ini dapat melewati dua jalur. Dari kota Banjarnegara, menuju kecamatan Madukara, Karangkobar dan Pejawaran. Atau dari kota Banjarnegara lewat Singamerta Kecamatan Sigaluh, Madukara, Pagetan dan Pejawaran. Perjalanan dengan kecepatan 60 kilometer perjam memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Bila dari Pasar Karangkobar ambil belokan ke kanan ke arah Pejawaran. Setelah 7 km perjalanan akan ditemui Gapura besar bertuliskan Curug Genting. Dan Mrawu yang terletak di sebelah kiri jalan di Desa Giritirta.  Selanjutnya dari gapura masuk ini perjalanan diteruskan melewati jalan setapak menyusuri saluran irigasi lahan pertanian sayuran.

Aksesbilitas

Sebenarnya jika letak kedua air terjun ini tidak jauh dari pusat kecamatan Pejawara. Yang berjarak 3 kilometer dari pusat kota Kecamatan Pejawaran. Atau kurang lebih 33 km ke utara (arah dieng) dari kota Banjarnegara. Dan Desa Giri tirta ini yang berada di jalur menuju dieng dari kota Banjarnegara. Yaitu dengan melewati Kecamatan Karangkobar dan Pejawaran. Mungkin karena akses ke lokasi belum memadai air terjun tersebut jarang dikenal masyarakat.

Pesona Curug Genting Tirta Banjarnegara

Ketika anda sedang menuju ke wisata giri tirta anda akan di suguhi dengan suara gemericik air yang begitu khas. Yang akan memberantas keheningan di sepanjang jalan. Perjalanan awal Anda akan menemukan suara khas dari aliran Curug Genting. Yang merupakan satu dari dua curug sunyi yang tengah menyelinap di Giri tirta Banjarnegara. Dijamin rasa penasaran dalam perjalanan akan semakin penasaran dan menggali rahasia di balik keindahan gemercik angin tersebut. Usai menjangkau meninggalkan setengah kilometer dari Curug Genting. Maka Anda akan menemukan sebuah jembatan bamboo yang melintang pada sungai kecil yang berbatu. Wisata di sekitar Giri Tirta ini memang masih sangat sepi pengunjung. Tampaknya masih sedikit wisatawan yang mengetahui surga keindahan di Banjarnegara ini. Wisata dengan panorama bak di surga ini terletak di pelosok Desa Giri Tirta Kecamatan pejawaran. Untuk menjangkau tempat yang indah ini memang membutuhkan perjuangan yang tidak ringan.

Banyak rintangan yang harus dilalui terlebih kaitannya dengan track perjalanan. Akan tetapi, di tengah-tengah jalan yang kurang mendukung Anda akan menemukan kepuasan keindahan. Berupa panorama sekitar serta hasil cocok tanam dari warga sekitar. Berada di genting yang menajdi bagian dari perjalanan untuk menuju giri tirta ini akan membayar lunas perjalanan yang anda lalui. Ketika telah sampai di tempat tujuan, Anda akan menyaksikan air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter. Dengan bebatuan kecil berserakan yang ada di bawahnya. Rerumputan hijau di sekeliling akan menyambut riang serta menyelimuti bebatuan di sekitar. Di sinilah Anda akan merasakan keagungan Tuhan yang sangat luar biasa dengan sajian panorama yang begitu indah menawan. Berawal dari perjalanan ini Anda akan menemukan tanaman sayur milik warga. Pematang yang begitu sempit akan semakin mendekatkan Anda dengan tanaman-tanaman tersebut. Seperti loncang kubis, cabai, seledri, dan masih banyak tanaman lainnya.

Curug Genting Tirta Banjarnegara

Selanjutnya Anda harus memaksa menapakkan kaki Anda untuk menemukan tempat tujuan. Yang lebih menantang dan tentunya dengan suguhan istimewa yaitu Curug Mrawu. Hanya berjarak 200 meter dari sumber air panas, Anda bisa menikmati keindahan panorama di Curug Mrawu ini. Guyuran air yang sangat indah dari ketinggian 60 meter ini akan memberikan pemandangan yang sejuk dan menenangkan.