Tempat Wisata Curug Ciputrawangi Sumedang Yang Sangat Mempesona

Selama ini Sumedang ini lebih di kenal dengan kuliner nya. Yaitu tahu Sumedang. Namun ternyata, kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat ini juga memiliki potensi wisata yang memukau. Di kelilingi oleh pegunungan, kawasan yang berjarak 45 Kilometer dari Kota Bandung ini menyajikan indah khas alam parahyangan. Sumedang ini menyimpan alam yang asri yang dapat di jadikan sebagai destinasi wisata alam. Maupun wisata budaya dan juga sejarah nya. Hal ini di karenakan Sumedang merupakan daerah dataran rendah sebagian kecil nya. Nah Sumedang memiliki tempat wisata ait terjun nya. Atau biasa di sebut dengan curug. Curug yang akan kita bahas lebih dalam di tempat wisata sumedang pada kali ini yaitu Curug Ciputrawangi Sumedang.

Curug Ciputrawangi Yang Sangat Asri Di Sumedang

Curug Ciputrawangi merupakan salah satu curug yang berada di Kabupaten Sumedang. Yang tepat nya berada di daerah Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang. Tak heran ada juga yang menyebut nya Curug Narimbang. Curug ini letak nya berada di sebelah timur kaki Gunung Tampomas. Dan jika ingin mendaki Gunung Tampomas, bisa melalui jalur dari Curug Ciputrawangi ini. Yang merupakan posko satu pendakian Gunung Tampomas. Karena termasuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Yang alamnya masih terjaga, tidak mengherankan jika sewaktu-waktu ada hewan liar yang terlihat di kawasan curug ini. Hewan liar dari kawasan hutan Gunung Tampomas sengaja turun ke Curug Ciputrawangi untuk minum seperti monyet, landak dan babi hutan. Atau bahkan ada juga macan kumbang. Namun hewan tersebut, katanya tidak akan mengganggu manusia sepanjang mereka tidak diganggu. Baca juga tempat wisata mata air cipelang sumedang

Uji Nyali Di Sumber Air Minum Macan Kumbang

Curug Ciputrawangi Sumedang ini, bukan hanya curug biasa. Di tempat wisata ini di perkirakan ada empat macan kumbang yang kerap turun dari Gunung Tampomas untuk mampir minum. Rasa nya mungkin para pengunjung akan di buat kaget, jika melihat satwa liar di hadapan kalian di tengah hutan. Begitu pula yang rasa nya akan terjadi jika kalian mengunjungi Curug Ciputrawangi Sumedang ini. Bukan hanya macan kumbang yang kerap turun gunung demi memuaskan dahaga. Jika kalian beruntung, kalian akan bertatapan langsung dengan babi hutan, landak hutan, monyet. Dan yang harus sekali kalian waspadai adalah macan kumbang.

Menurut warga Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Sumedang. Macan kumbang yan kerap mengunjungi Curug Ciputrawangi ini tak pernah mengganggu warga. Mereka hanya turun gunung dan sekedar untuk minum saja. Bahkan tak pernah ada riwayat konflik antara warga dengan macam kumbang. Begitu juga dengan satwa lain nya. Pasal nya warga desa Narimbang begitu kuat memegang dan juga menjalankan adat dan istiadat demi menjaga alam tetap lestari.

Suasana Curug Ciputrawangi Sumedang Yang Alami

Curug Ciputrawangi ini juga kerap di sebut warga dengan Curug Narimbang. Curug Ini memang berada di kaki Gunung Tampomas yang merupakan kawasan wisata Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Pohon besar di sekelilingi Curug merupakan pertanda. Bahwa alam dan lingkungan sekitar Curug Ciputrawangi ini sangat lah terjaga kelestarian alam nya. Hal ini tentu nya tak lepas dari peran warga yang ikut menjga kelestarian alam di kaki gunung tampomas. Tidak mudah memang, namun hal ini dapat di lakukan dengan kerja sama. Kalian yang hadir sebagai pendatang sebaik nya juga ikut serta menjaga kelestarian alam Curug Ciputrawangi Sumedang.

Rute Menuju Curug Ciputrawangi

Sementara untuk akses ke Curug Ciputrawangi, bisa di capai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Lokasi wanawisata ini jarak nya kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota sumedang ke arah Cirebon. Jika kalian berangkat dari pusat kota sumedang ambil menuju cirebon hingga sampai di Simpang Legok-Conggeang. Melalui jalan Legok-Conggeang hingga tiba di Ciporong. Selanjut nya, ambil arah menuju Desa Narimbang. Sesampai nya di area parkir perjalanan di teruskan dengan sedikit menanjak. Kondisi jalan setapak ini tidak terlalu bagus. Bahkan licin bila hujan tiba. Jarak tempat dari parkiran ke lokasi Curug Ciputrawangi sekitar 25 menitan. Ketiggian curug Ciputrawangi ini tidak lah terlalu tinggi di mana di bawah nya terdapat kolam kecil tampungan air.