Objek Wisat Curug Cipurut Yang Asri Untuk Berlibur Bersama Kelurga

Potensi wisata purwakarta terus menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan. Banyak potensi wisata dimiliki Kabupaten Purwakarta yang masih sangat alami. Salah satunya Curug Cipurut keberadaan mata air ini tersembunyi atau belum diketahui banyak orang. Karena Curug Cipurut terletak di Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Jarak tempuh menuju lokasi dari pusat kota mencapai 30 kilometer. Dan untuk bisa merasakan eksotisnya air terjun Cipurut. Pengunjung harus berjalan menempuh 20 menit dari perkampungan warga sekitar dan melewati area perkebunan teh. Akses jalan yang belum memadai, membuat pengunjung harus berhati-hati saat hujan lantaran jalan licin.

Fasilitas Curug Cipurut

Fasilitas air terjun yang alami ini menjadi objek wisata bagi para wisatawan untuk. Sekedar berselfie, dan jug ada tempat camping, kegiatan outbond, dan botram atua makan bersama di alam terbuka. Curug cipurut termasuk bagian dari Cagar Alam Gunung Burangrang yang di kelola oleh Balai Konverasi Sumber Daya Alam Jabar. Curug ini mengalir air yang sangat jernih dengan adanya tiga. Bagian yaitu curug utama yang terdapat di ujung tebing dengan ketinggian mencapai 25 m. Serta dua curug lainnya yang lebih landai yang dibisa di gunakan oleh pengunjung sebagi tempat ber seluncur. Kawasan alam ini bisa di bilang objek wisata alam terbuka(outbond) hingga walk.

Curug Cipurut

Rute Menuju Curug Cipurut Wanayasa

Rute jarak tempuh dari Purwakarta kota – wanayasa 25 KM atau dalam waktu 40 – 50 menit. Untuk menuju Kecamatan Wanayasa  tepatnya ” Situ Wanayasa “.( Tergantung dalam berkendaranya ). Agar dapat merasa tenang dan nyaman kami sarankan untuk mengisi. Bahan bakar terlebih dahulu dengan kapasitas yang memungkinkan untuk bisa sampai pada tempat Wisata Purwakarta tujuan anda. Di karenakan POM pertamina hanya ada  2 POM  di Daerah Pasawahan dan sebelum situ Wanayasa kalau dari arah Purwakarta via.

Pasar simpang anda akan menemui POM Pertamina yang pertama. Tetapi kalau via Desa Citalang anda akan menemui POM Pertamina di 1KM Sebelum situ Wanayasa langsung tetapi tidak usah khawatir. Karena di perjalanan Purwakarta – Wanayasa tersedia POM Mini yang akan anda temui di dalam perjalanan menuju Kecamatan Wanayasa. Ketika anda menemui situ Wanayasa jarak kisaran 500 meter anda akan menemui pertigaan arah jalan Cagak dan arah Bojong Sawit. Anda tinggal ambil rute ke arah Bojong Sawit. Anda tinggal ambil lurus rute menuju arah jalan Bojong Sawit. Tinggal ikuti jalan raya tersebut. Dengan jarak 1 KM dari pertigaan diatas anda akan menemui Gang masuk menuju Desa Sumurugul.

Lokasi Terakhir

Anda tinggal belok kiri masuk ke dalam Gg ke desa Sumurugul, untuk menuju wisata air terjun Curug Cipurut. Setelah anda masuk Gg menuju desa Sumurugul ikuti jalur dan berhati-hatilah. Karena Diameter jalur mulai mengecil agar dapat menstabilkan kendaraan. Karena jalur ini sudah memasuki daerah perkampungan dan tentunya selalu ada anak-anak yang bermain. Di dalam perjalan,anda akan menemui beberapa pertigaan yang akan anda lalui. Maka kami sarankan untuk tetap fokus berhati-hati,dan menstabilkan laju kendaraan anda. Setelah anda masuk Gg menuju desa Sumurugul ikuti jalur dan berhati-hatilah, karena Diameter jalur mulai mengecil.

Agar dapat menstabilkan kendaraan karena jalur ini sudah memasuki daerah perkampungan dan tentunya selalu ada anak-anak yang bermain. Di dalam perjalan, anda akan menemui beberapa pertigaan yang akan anda lalui. Maka kami sarankan untuk tetap fokus berhati-hati, dan menstabilkan laju kendaraan anda. Anda tinggal ambil lurus rute arah menuju wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa. Kami tetap sarankan untuk tetap waspada pada keadaan rute jalur. Didepan rute / jalur perjalanan anda msih ada beberapa pertigaan yang akan anda lalui,jadi agar tetap fokus dalam mengendarai kendaraan. Batas desa Sumurugul dan lahan parkiran untuk menempatkan posisi kendaraan anda. Di sini tersedia lahan parkir berkapasitas 7 kendaran roda 4 dan ada pula pada halaman rumah warga yang. Bervariasi kapasitasnya dari 2 kendaran sampai 3 dan 4 kendaran biaya parkir pun Rp.2000 – 5000 rupiah. Disini awal dari perjalanan jalan setapak menuju wisata air terjun Curug Cipurut Wanayasa.