Objek Wisata Liburan Keluarga Ke Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi Bandung adalah air terjun yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 87 meter, menjadikan air terjun ini sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 kilometer dari kota Bandung. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu, sungai cimahi yang berhulu di situ (Danau) Lembang dan mengalir ke kota Cimahi. Curug ini berada  di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Mitos Curug Cimahi Bandung

curug cimahi bandung

Mitos curug pelangi atau nama curug cimahi berasal dari sungai yang mengalir diatasnya, yaitu sungai cimahi. Sungai ini berhulu di situ lembang dan mengalir ke kota cimahi, jika dilihat dari atas curug ini memiliki dua tingkat. Cimahi dalam bahasa sunda berarti cukup air, namun karena sungai cimahi digunakan untuk pemukiman. Dan kabupaten Bandung debit air curug cimahi Bandung ini malah jauh berkurang. Dengan udara yang segar dan sejuk membuat sobat akan betah di curug cimahi Bandung ini. Dan jika sobat kebawah pas persis depan curug pelangi nanti akan terasa cipratan-cipratan air dari curug pelangi. Dan ini tidak salahnya buat sobat yang memang aktifitasnya padat banget dengan kemacetan dan polusi udara. Jadi akhir pekan boleh berlibur ke tempat wisata dan ini menjadi referensi sobat ke curug cimahi.

Berbeda dengan curug lainnya seperti curug panganten cimahi, curug pelangi bogor, curug tilu leuwi opat dan curug pelangi majalengka. Pesona curug cimahi tak hanya bisa dinikmati hingga sore hari saja. Jika pada siang bolong wisatawan dimanjakan dengan air terjun serta keindahan panorama alamnya. Dan jika sore menjelang malam wisatawan dapat menikmati panorama air terjun yang bermandikan cahaya. Cahaya tersebut bersumber dari lampu yang dipasang di dinding belakang air terjun. Lampu dirancang secantik mungkin agar bisa menghasilkan warna-warni pelangi. Karena itulah curug cimahi Bandung juga dikenal dengan rainbow waterfall atau air terjun pelangi.

Alamat Curug Cimahi Bandung

Lokasi dari air terjun pelangi di Bandung ini masih sama dengan curug cimahi, di daerah Parongpong. Cara menuju lokasi mudah kok. Bisa via jalan sersan bajuri di pertigaan terminal ledeng, jalan alternatif via ciwaruga, ataupun jalan alternatif via Cimahi-Parongpong.

Tapi jika bingung, yang paling mudah adalah via jalan Lembang-Parongpong. Rekan-rekan tinggal ambil arah ke kiri di pertigaan besar sebelum masuk kota Lembang. Lokasi air terjun pelangi atau curug cimahi terletak kurang lebih 2  KM sebelum Dusun Bambu Bandung.

Rute Menuju Curug Cimahi Bandung

Wisata air terjun yang memiliki tinggi 87 meter ini merupakan salah satu wisata air terjun yang tertinggi di Bandung. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Cimahi, rutenya sangat mudah diakses. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari Pusat Kota Bandung. Anda bisa menuju ke Curug Cimahi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bila anda menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor. Rute yang dapat  anda tempuh adalah melalui jalur cimahi yang mengarah ke Lembang.

Atau anda juga bisa melalui jalur Cihideung (Taman Bunga Cihideung) menuju ke arah Cisarua. Bila melewati rute dari kota Cimahi, wisatawan bisa melintasi Jl. Kolonel Masturi melintasi Universitas Advent Indonesia, terus menuju ke terminal Prongpong. Sementara bagi yang menggunakan kendaraan umum, ada beberapa rute yang bisa anda tempuh. Pertama, anda bisa naik angkutan umum dari terminal Ledeng jurusan Sukasari. Tiba di terminal Sukasari atau depan Villa Istana Bunga bisa turun. Dan berjalan kaki sekitar 25 menit atau naik angkutan kota. Dengan jurusan Cisarua-Lembang dan turun di depan pintu masuk Curug Cimahi.

Fasilitas Yang Tersedia Di Curug Cimahi

Fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola di antaranya shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun. Tempat parkir, pintu gerbang, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak. Piknik site, bangku, tempat sampah, pusat informasi dan pos jaga, serta mushola dan kamar kecil. Selain itu terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman. Yang biasanya buka pada hari-hari ramai seperti akhir pekan dan liburan.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional Curug Cimahi Bandung

Jam operasional atau jam buka curug cimahi bandung dibuka setiap hari dari hari Senin s/d Minggu mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Berikut daftar harganya.

KategoriHarga
Tiket masuk/orangRp. 15.000
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Bandung, Curug Cimahi. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga. Terima kasih..