Bermain Di Curug Cilutung Majalengka Yang Bikin Betah

Majalengka merupakan sebuah kecamatan di Tatar Pasundan yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Majalengka berbatasan langsung dengan kota Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya dan Sumedang. Tidak di herankan lagi jika Majalengka menjadi destinasi wisata yang tidak boleh di lewatkan saat berlibur ke Bumi Pasundan ini. Majalengka punya potensi tempat wisata alam, budaya, dan kuliner yang bisa di eksplorasi. Banyak tempat wisata Majalengka yang masih tergolong baru. Sehingga belum banyak para wisatawan yang mengetahuinya. Salah satu nya yaitu Curug Cilutung Majalengka.

Curug Cilutung, mungkin banyak orang yang tidak mengetahui adanya sebuah cururg atau air terjun dari aliran sungai Cilutung. Tetap memang benar adanya Curug Cilutung Majalengka ini. Curug Ciltung terletak di Desa Campaga Kecamatan Talaga kabupaten Majalengka. Terletak kurang lebih 29 Kilometer dari Majalengka kota. Ibu kota Kabupaten Majalengka. Curug Cilutung Majalengka menyuguhkan pesona air terjun dan alam yang sangat mempesona. Lalu tempat wisata Majalengka ini Di tambah lagi dengan pegunungan, yang membuat para pengunjung nya akan betah.

Indahnya Curug Cilutung Majalengka, Dan Juga Murah Meriah

Curug Cilutung Majalengka

Kecamatan Talaga kabupaten Majalengka ternyata mempunyai wisata alam yang cukup menarik. Nama nya adalah Curug Cilutung . Mungkin belum banyak yang tahu tentang keberadaan Curug Cilutung Majalengka ini. Wahana air terjun yang di alirkan oleh sungai Cilitung tersebut. Curug Cilutung Majalengka ini sering di sebut masyarakat dengan sebutan Air Terjun Cilutung. Karena kata curug adalah kata dalam bahasa Sunda yang berarti air terjun. Curug Cilutung merupakan salah satu objek wisata yang memiliki potensi wisata yang sangat baik untuk di ekplorasi.

Namun lokasi ini masihbelum terkelola dengan baik. Akses menuju ke lokasi sudah cukup baik tetapi masih tergolong minim angkutan umum. Untuk menuju ke lokais tersebut.Memiliki keunikan dengan rute yang cukup menantang. Bahkan mungkin bnayak yang tidak tahu keberadaan Curug Emas ini. Berjarak sekitar lima kilometer dari Kantor Kecamatan Talaga. Di Curug Emas ini terlihat pemandangan indah. Selain bebatuan di Curug Emas, terdapat pula saluran irigasi yang bagus. Lebih menantang ke arah horizontal, tampak sawah-sawah milik para petani. Di sambung dengan bukit-bukit yang menjulang tinggi.

Potensi Wisata Curug Cilutung Majalengka

Kondisi alam yang masih natural. Belum tercemar oleh kegiatan-kegiatan perindustrian. Suasana pedesaaan yang membuat para pengunjung akan semakin betah dan tenang. Ekologi di sekitaran air terjun memberikan pemandangan yang tidak kalah dengan air terjun di tempat lain. Air nya yang sangat bersih dan juga dingin. Memberikan kesegaran pada tubuh para pengunjung yang sedang berkunjung ke Curug Cilutung Majalengka. Bebatuan yang menyanggah air terjun. Menciptakan pemandangan yang layak nya berada di peradaban masa lalu. Para pengunjung yang datang bisa bermain air dan bahkan bisa mandi bersama keluarga ataupun bersama teman.

Memiliki Banyak Sebutan Nama

Curug Cilutung ini di kenal juga memiliki banyak sebutan nama. Diantara nya yaitu Curug Emas, Curug Ciranca, dan Curug Campaga. Curug ini termasuk curug permanen. Dalam arti terus menerus mengalir sekalipun musim kemarau tiba. Cuma memang, kalau musim kemarau, debit airnya akan berkurang. Dan justru waktu yang paling cocok dan terbaik untuk berkunjung ke curug ini adalah pada musim kemarau. Karena di musim hujan debit air akan membesar dengan warna air yang keruh kecoklatan. Baca juga tempat Cadas Gantung Majalengka

Daya Tarik Yang Di Miliki Curug Cilutung Majalengka

Daya tarik dari Objek wisata Curug Cilutung Majalengka ini adalah bebatuan yang unik. Mulai dari curug sampai ke sungai. Beberapa sering di jadikan sebagai spot untuk berselfie. Untuk kemudian di upload ke media sosial. Bebatuan di bawah Curug juga sangat cocok untuk di jadikan untuk ngadem. Dan seringkali di jadikan tempat untuk botram.

Fasilitas Di Curug Cilutung di lakukan oleh karan taruna warga setempat. Jalan akses menuju curug sudah lumayan tertata. Untuk menuju curug, dari tempat parkirkita harus menuruni anak tangga dari batu dan melewati saluran irigasi. Di dekat area parkir sudah tersedia arena bermain anak-anak. Meski belum lengkap, tetapi lumayan nyaman. Dulu, di tempat ini, ada pembangkit Listrik Tenaga Mikrohydro (PLTM). Namun, saat ini sudah tidak beroperasi lagi. Curug ini tidak di perkenankan untuk berenang. Karena air nya yang deras dan banyak batu-batu besar yang membahayakan. Terdapat pula beberapa gazebo yang bisa di gunakan dengan gratis. Gazebo ini biasa di gunakan oleh pengunjung untuk botram bersama rombongan nya.

Rute Menuju Curug Cilutung Majalengka

Jalur menuju Curug Cilutung Majalengka tidaklah sulit. Jika para pengunjung yang berasal dari luar kota, maka bisa menggunakan tol Cipali keluar di gerbang Kertjati. Dari sini lalu menuju ke arah Kota Majalengka. Di perempatan Cigasong yang ada Bunderan Mangga Gedong Gincu, ambil belokan ke kanan. Yang menuju ke arah Maja dan Talaga. Lanjutkan hingga tiba di perempatan alun-alun Talaga. Setelah itu, lalu ambil belokan yang ke kanan, yang menuju ke Bantarujeg. Lanjutkan sampai menemui perempatan kedua setelah perempatan Pasar Talaga, ambil belokan yang ke kiri. Selanjut nya lurus sekitar 50 meter sampai bertemu lagi dengan perempatan. Lalu ambil belokan ke kanan. Dari sini terus saja berjalan menyusuri jalan beraspal. Kondisi jalan sudah cukup bagus dan cukup lebar.

Tiket Masuk Curug Cilutung Majalengka

Untuk masuk ke Curug Cilutung, kita cukup membayar Rp. 5.000/orang untuk dewasa. Dan sedangkan Rp. 2.000/orang untuk anak-anak. Sementara untuk biaya parkir di kenakan Rp. 2.000 untuk motor. Dan Rp. 4.000 untuk mobil.

Dua Air Terjun Yang Selalu Bersama Tapi Tak Bersatu

Dengan ketinggian mencapai 20 meter. Curug Cilutung Majalengka yang berlokasi di Kecamatan Talaga ini di nobatkan sebagai salah satu curug tertinggi di Kabupaten Majalengka. Curug Cilutung Majalengka ini mempunyai keistimewaan lain yang jarang di miliki Curug lain. Yaitu terdapat dua air terjun yang selalu berdampingan. Dua air terjun itu akan terlihat jelas apabila debit air nya sedang deras. Untuk kalian yang bosan karena melakukan rutinitas sehari-hari cobalah untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang berada di Majalengka ini. Yaitu Curug Cilutung yang memiliki pesona air yang asri.

Curug Yang Berhadapan Langsung Dengan Perbukitan

Jika telah sampai di ujung jalan. Para pengunjung dapat melihat langsung dengan jelas, di seberang sana terdapat perbukitan yang bergelombang. Untuk akses jalan sampai ke lokasi sudah doi aspal halus. Dengan hamparan pesawahan yang luas di setiap sisi nya. Sayangnya, di sana tidak di sediakan angkutan umum. Jadi mau tidak mau, berkunjung ke sana harus menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung, mungkin banyak orang yang tidak mengetahui adanya sebuah curug. Atau air terjun dari aliran sungai Cilutung, tetap memang benar adanya curug satu ini. Curug Cilutung terletak di Desa Campaga Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Terletak +- 29 KM dari Majalengka Kota, ibukota Kabupaten Majalengka.