Tempat Wisata Curug Cikaso Sukabumi Yang Amat Sangat Cantik

Di negara kita ini, tempat wisata air tentunya sangat banyak sekali. Karena di Indonesia memang banyak wilayah pengunungan. Air terjun dari mulai yang terkecil sampai yang terbesar. Banyak dari spot wisata alam berupa air terjun ini. Ada yang sudah populer dan dan di kelola dengan baik oleh pihak pemerintah. Di wilayah Jawa Barat, objek wisata air terjun yang dalam bahasa Sunda ini Curug. Salah satu nya yaitu di Sukabumi. Curug Cikaso Sukabumi . Sukabumi merupakan sebuah Kabupaten di Jawa barat,

Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat wisata keren yang ada di Sukabumi. Sukabumi punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Pantai, Situs budaya, situs bersejarah. Spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore. Tempat wisata Sukabumi ini pasti nya memiliki pesona yang akan meanjakan mata. Sehingga ingin berlama-lama di Sukabumi. Dan yang akan kita bahas kali ini yaitu Curug Cikaso Sukabumi.

Curug Cikaso Sukabumi Memiliki Pemandagan Yang Indah

Curug Cikaso Sukabumi

Mengunjungi tempat wisata alam merupakan sebuah cara kita untuk lebih mendekatkan diri kepada alam sekitar. Dan salah satu tempat wisata Sukabumi alam yang memiliki pesona adalah air terjun. Dan kali ini, kita akan mengulas tentang Curug Cikaso Sukabumi. Curug Cikaso Sukabumi merupakan Curug atau air terjun yang ada di daerah Sukabumi. Yang telah menjadi salah satu tempat wisata alam yang menjadi andalan dari Kota Sukabumi ini. Nama asli dari Curug Cikaso Sukabumi adalah Curug Luhur. Namun asli dari Curug Cikaso ini berasal dari sungai Cikaso.

Sehingga maka penduduk sekitar yang menamainya dengan Curug Cikaso Sukabumi. Memiliki nama asli Curug Luhur, karena curug ini mempunyai 3 curahan atau air terjun. Diantara nya yaitu Curug Meong, Curug Aki, dan Curug Aseupan. Curug cikaso Sukabumi ini mempunyai ketinggian 80m dan lebar 100 meter. Yang menyajikan keindahan alam dan air terjun yang memukau. Gemuruh deras nya curug ini membuat nada alam yang menenangkan. Selain hijau nya pepohonan, kebut air tak lupa titik-titik embun yang menghiasi dedaunan. Yang menambah asri nya Curug Cikaso Sukabumi ini.

 Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Curug Cikaso Sukabumi

Sebelum anda masuk ke area tempat wisata Curug Cikaso Sukabumi ini, di haruskan untuk membayar tiker terlebih dahulu. Untuk tiket masuk nya pun sangat terjangkau. Jika anda berkunjung kesana dengan berkendara mobil, anda akan di kenakan biaya Rp. 27.000 per mobil+uang parkir Rp. 6.000. Di Curug Cikaso Sukabumi juga terdapat persewaan perahu yang memiliki harga Rp. 60.000/perahu. Setiap perahunya mampu menampung hingga 10 orang. Di tempat ini juga telah di fasilitasi dengan toilet umum agar para pengunjung tidak kesusahan untuk buang air. Baca juga tempat wisata pondok halimun sukabumi dan tempat wisata situ sukarame sukabumi

Pesona Keindahan Wisata Alam Curug Cikaso

Curug Cikaso menyimpan pesona yang amat luar biasa. Keindahan air terjun nya menjadi incaran para wisatawan. Letak nya terhalang oleh lembah bahkan lumayan sulit untuk di capai. Namun, mereka selalu ingin mendapatkan nuansa yang sejuk dan juga menyegarkan. Curug Cikaso memang menyimpan banyak keunikan tersendiri. Berbeda dengan air terjun yang lain nya. Lebar tebing sekitar 100 meter dengan ketinggian sekitar 80 meter. Curug Cikaso Sukabumi ini, terlihat lebih gagah saat di pandang. Apalagi saat debit air nya sedang tinggi tentu saja akan menghasilkan aliran air yang cukup deras. Ketika saluran yang membentang di Curug Cikaso ini memang mampu menghadirkan pemandangan indah. Juga sangat menyegarkan mata. Ada dua aliran yang bisa kita lihat dengan jelas sementara untuk yang satu nya sedikit tersembunyi karena tertutup oleh tebing.

Ketiga aliran tersebut akhir nya akan tumpah dalam satu kolam yang ada di bawah nya. Warna airnya biru kehijauan karena mendapatkan pengaruh dari ganggang. Yang telah tumbuh di dalam nya. Dengan air yang begitu sejuk, apalagi warna nya yang begitu indah. Yang mampu menjadikan kolam tersebut sebagai tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin memanjakan diri nya. Tetapi para wisatawan harus berhati-hati. Sebab, kedalaman kolam tersebut bisa mencapai 22 meter. Di tempat wisata Curug Cikaso ini nyata nya sudah menyediakan beragam fasilitas menarik untuk para pengunjung nya. Saat anda merasa lapar, karena liburan anda bisa menikmati segala macam hidangan yang berada di warung kecil. Bahkan bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas juga. Sudah tersedia di berbagai kios souvenir yang berada di sekitar lokasi wisata Curug Cikaso Sukabumi.

Lokasi Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso Sukabumi merupakan objek wisata air terjun yang beralamat di Kampung Ciniti. Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya berjarak sekitar 8 km dari surade, 15 km dari Jampang Kulon, 32 km dari Ujung Genteng,. 70 km Pelabuhan Ratu, dan 110 km dari kota Sukabumi. Sebenar nya Curug Cikaso Sukabumi ini bukanlah destinasi wisata yang baru. Yang berada di Sukabumi. Air terjun dengan lokasi terpencil ini menjadi target para wisatawan. Jika anda mengawali perjalanan anda dari kota Jakarta.

Mungkin anda membutuhkan waktu sekitar enam jam lamanya untuk bisa sampai di lokasi Curug Cikaso Sukabumi. Yang cantik nya wah banget ini. Namun jangan khawatir lagi, karena perjalanan panjang yang di lalui akan terbayarkan dengan keindahan yang ada di sana. Pesona air terjun Curug Cikaso Sukabumi akan membuat anda akan merasa takjub melihat nya. Apalagi letak nya yang di antara tebing yang tinggi. Dengan hutan yang rindang. Pasti nya bisa membuat liburan anda terasa menyenangkan sekali.

Sejarah Dan Mitos Curug Cikaso Sukabumi

Banyak tempat wisata di Indonesia yang memang masih memiliki cerita mistis dan legenda di dalamnya. Begitu juga dengan Curug Cikaso Sukabumi. Konon katanya, Curug Cikaso Sukabumi ini memiliki ‘penunggu’ yang bersemayam di tiga titik curah air terjun di Curug Cikaso Sukabumi. Menurut legenda, masing-masing penunggu tersebut. Antara lain Nyi Blorong di Curug Aseupan, Eyang Santang di Curug Meong, dan Prabu Siliwangi di Curug Aki. Oleh karena itu, Anda sebagai pengunjung Curug Cikaso harus selalu berhati-hati, terutama bila ingin berenang di sini. Mintalah pendapat dari penjaga curug bila ingin berenang untuk mengantisipasi dari kejadian yang tidak diinginkan.

Banyak pengunjung yang telah melihat sejumlah penampakan di tempat ini. Selalu waspada dan hati-hati saat berwisata ke Curug Cikaso Sukabumi. Dan ikuti setiap himbauan maupun peringatan dari para penjaga di sini. Oleh karena itu, para pengunjung selalu di ingatkan para pengelola untuk selalu berhati-hati. Apalagi di saat berenang, agar tidak terjadi hal-hal buruk yang tidak di inginkan.

Rute Menuju Curug Cikaso Sukabumi

Rute ke wisata air terjun Curug Cikaso cukup mudah diakses. Jika Anda dari arah kota Sukabumi, maka jalurnya searah menuju Pantai Ujung genteng. Dengan rute Sukabumi – Jampang Kulon – Surade – sampai ke Jalan Cikaso. Di Jalan Cikaso, kondisi jalan menuju air terjun memang agak sulit. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik, karena akan melewati tanjakan dan turunan curam, serta tikungan tajam. Beberapa ruas jalan juga masih ada yang rusak, sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat perjalanan menuju ke Curug Cikaso.

Bila Anda backpacker dan ingin naik angkutan umum, bisa menggunakan bus dari Bandung atau Sukabumi dengan tujuan kota Surade. Selanjutnya turun di Jalan Raya Cikaso, persisnya di simpang tiga menuju curug. Dari pertigaan ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Melewati area persawahan dan ladang dengan jarak tempuh sekitar 2 km. Setibanya di lokasi parkir khusus wisatawan. Anda masih harus menempuh jarak 1 kilometer untuk sampai ke lokasi air terjun. Anda bisa berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar