Menikmati Keindahan Tempat Wisata Curug Cigangsa Sukabumi

Sukabumi ini terkenal dengan beragam objek wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Dari wisata kuliner yang menggoyangkan lidah. Hingga wisata alamnya yang sangat menyegarkan mata. Untuk mencapai tempat wisata Sukabumi ini adalah Curug Cigangsa Sukabumi yang memiliki banyak nama antar lain.

Curug Cigangsa Sukabumi

Seperti Curug luhur, Keunikan yang ada di Curug ini terletak pada tiga tingkatnya. Dan bentuk akibat gempa yang sangat kuat sehingga menyebabkan longsor. Curug Cigangsa Sukabumi menyembul dari balik perbukitan hijau. Mengalirkan air yang jernih diantara dinding bebatuan yang tersusun rapi menyerupai tangga. Curug Cigangsa menjadi tempat wisata alam yang banyak diminati wisatawan dari berbagai kota maupun daerah. Jangan lupa baca juga pantai ujung genteng sukabumi

Sejarah Curug Cigangsa Sukabumi

Nama lain dari Curug ini adalah Curug luhur, Curug ini memiliki tiga tingkat dan di perkirakan yang terbentuk. Akibat adanya gempa yang sangat kuat dan mengakibatkan terjadinya longsor. Deras air di Curug ini sangat tergolong kecil. Karena di bagian hulunya di bendung untuk keperluan irigasi warga setempat. Keunikan yang anda dapatkan ketika ke Curug Ciganga Sukabumi ini memiliki dinding batu. Yang berwarna kehitaman sebagai landasan dari air mengalir. Ada pula batu oleh masyarakat setempat di sebut Batu Masigit atau Baru Masjid. Serta anda bisa menikmati keindahan Curug dari dua arah yaitu atas dan bawah. Nama gangsa sendiri di ambil dari nama orang yaitu Eyang gangsa. Selain itu curug ini merupakan tempat persembunyian para pejuang di masa penjajahan Belanda.

Fasilitas Curug Cigangsa Sukabumi

Fasilitas yang ada di tempat ini memang tidaklah banyak. Akan tetapi anda bisa puas berkunjung karena memiliki area parkir yang luas. Anda beberapa warung nasi lokasi dan anda bisa menemukan satu batu besar. Yang sering kali di jadikan pusat dalam menikmati pemandangan Curug. Serta sarana yang ada di sini sangat menjaga tempat wisata Sukabumi ini.

Harga Tiket Masuk Serta Jam Buka Curug Cigangsa Sukabumi

Anda bisa menikmati Curug cigansa Sukabumi ini dengan harga yang relatif murah hanya Rp. 3.000/orang. Dan tarif kendaraan roda empat adalah Rp. 14.000/mobil. Seta anda bisa mengunjungi Curug ini kapan pun. Karena buka selama 24 jam setiap harinya. Untuk harga tiket bisa saja berubah sewaktu – waktu.

Lokasi Dan Rute Menuju Curug Cigangsa Sukabumi

Perjalanan ke Curug ini berjarak sekitar 110 km ke arah selatan kota Sukabumi, Jawa Barat. Atau 1 km saja dari kecamatan Surade. Jika dari Curug Cikaso maka jaraknya hanya 10 km denan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Anda bisa berjalan kaki. Anda akan melewati medan yang cukup sulit karena hanya ada jalan setapak yang jalanannya pun cukup menantang. Hati- hati sebab anda juga harus menyeberangi sungai dimana airnya cukup deras.

Curug Cigangsa bisa anda tempuh dengan melalui tugu kota Surade. Sampai ke lokasi membutuhkan perjuangan sebab tidaka ada tanda arah atau petunjuk sama sekali. Kemudian kendaraan akan berhenti dan diparkirkan di salah satu rumah warga. Barulah anda bisa berjalan kaki dengan menyusuri pematang sawah dan menyeberangi sungai menuju lokasi Curug. Lokasi Curug bisa anda tempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Anda bisa sampai di bagian atas Curug. Jika anda ingin menikmati keindahannya dari bawah, anda harus terlebih dahulu menuruni lereng yang curam dan kondisi jalan yang licin. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke bawah adalah kurang lebih 20 menit. Klik disini untuk melihat peta.