Tempat Wisata Curug Bangkong Kuningan Serta Sejarahnya

Berbagai wisata air terjun terbaik dapat anda kunjungi salah satunya di Curug Bangkong Kuningan. Curug Bangkong Kuningan ini menjadi tempat wisata di kuningan. Yang menawarkan keindahan panorama air terjun dengan keindahan alam yang begitu indah. Air terjun yang memiliki ketinggian 23 meter dan lebar 3 meter ini memiliki debet air yang sangat kuat. Meskipun saat bulan kemarau debet airnya masih sangat kuat dan mampu mengalir hingga ke sungai yang ada di samping Curug. Sedangkan saat musim penghujan sendiri debet air nya semakin besar hingga terbelah menjadi dua bagian. Karena inilah yang membuat pengunjung selalu ingin menyaksikan keindahan objek wisata yang ada di Curug Kuningan satu ini.

Legenda Curug Bangkong Kuningan

Konon menurut cerita, Abah Wiria melakukan tapa brata nya itu di balik air terjun. Dimana di sinyalir di balik air terjun itu ada sebuah gua atau lubang tempat Abah Wiria melakukan semadi nya. Berhari-hari bahkan berbulan-bulan Abah Wiria berada di sana.  Masyarakat merasa kehilangan seorang tokoh yang selama ini membimbing mereka.  Mereka khawatir terjadi sesuatu dengan tokoh yang berjasa tersebut. Teka – teki keberadaan Abah Wiria pun merebak ke antero desa.  Warga lantas berinisiatif mencarinya, akan tetapi sosok Abah Wiria tak kunjung ditemukan.  Dugaan bila Abah Wiria menghilang (moksa) karena telah sempurna melaksanakan ritual tapa brata nya.

Curug Bangkong Kuningan

Banyak yang menyakini bila tubuh orang tua itu telah menjelma menjadi seekor Bangkong (kodok).  Hal itu lantaran sepeninggal Abah Wiria, disekitar air terjun itu sering terdengar suara kodok.  Padahal selama ini, jarang warga disitu mendengar ada suara kodok dan aneh nya ketika suara kodok itu didekati tiba-tiba menghilang. Berdasarkan dugaan itu, akhirnya air terjun itu diberi nama Curug Bangkong Kuningan. Dalam perkembangannya bila seseorang mengikuti jejak Abah Wiria bertapa disekitar Curig Bangkong Kuningan, pastinya akan disambut suara kodok.

Misteri Curug Bangkong

Dibalik keindahannya, banyak yang berasumsi kalau Curug Bangkong Kuningan adalah tempat yang angker. Curug ini memanglah penuh dengan misteri. Bagaimana tidak? Dipandang dari asal usulnya saja telah mengundang misteri. Di tahun 1970 – an orang-orang pernah lihat sinar jelas benderang melayang-layang di sekitaran Curug. Sinar itu menghilang di satu makam keramat yang ada disana. Makam itu yaitu makam Pangeran Arya Salingsingan, seseorang panglima Kerajaan Talaga. Yang diakui sebagai satu diantara penyiar agama Islam di daerah Kuningan Barat. Beberapa orang berasumsi Curug ini adalah tempat yang angker. Berawal dari asumsi beberapa orang di saat lantas yang mengaitkan nya dengan momen meninggal nya. Pemuda bernama Yoyo di Curug itu yang lalu mayatnya tak di ketemukan. Beberapa berasumsi kalau kematian nya adalah tumbal keangkeran Curug itu. Momen itu berimbas juga pada wisatawan yang lalu di larang mandi disana.

Pada tahun 2002 lalu seseorang pemuda bernama Tatang mengakhiri hidup nya dengan gantung diri di sekitaran Curug. Dua peristiwa itu membekas di dalam benak orang – orang sampai sekarang ini. Berkaitan lubang yang ada di belakang samping kiri Curug, sesepuh desa menyampaikan ujung nya itu hingga ke Gunung Embun. Apabila debet air meraih lima kubik jadi bakal keluar embun dari lubang yang ada disana. Di tahun 1950 – an pernah di kerjakan eksperimen dengan memasukkan seekor anjing yang diikat tali kedalam lubang. Sesudah sebagian lama, tali lalu ditarik. Namun yang kembali cuma tali saja serta ajing itu menghilang. Lepas dari semuanya misteri yang ada, memanglah Curug ini sepintas tampak angker. Tetapi untuk beberapa penggemar alam, Curug ini memiliki kekhasan sendiri yang membuatnya mesti ada pada daftar kunjungan mereka.

Fasilitas Curug Bangkong Kuningan

Meskipun fasilitas di sini belum terlalu lengkap namun itu semua tidak menghalangi niat para pengunjung. Untuk menyaksikan keindahan alam air terjun Bangkong. Hanya terdapat satu buah toilet umum yang kondisinya tidak terawat. Namun meskipun begitu jangan kuatir dengan keindahan yang dimiliki oleh air terjun di Kuningan Jabar ini. Sejumlah fasilitas seperti listrik, tong sampah, mushola dan warung pun masih sepi dan belum terlihat disana. Jika ada jaraknya masih jauh dari lokasi Curug, sedangkan untuk area parkir sendiri sudah ada namun masih. Menggunakan tanah milik warga setempat yang dijadikan sebagai tempat parkir wisata curug.

Akses Lokasi Menuju Curug Bangkong

Lokasi Curug Bangkong yang berada di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaheang, Kabupaten Kuningan. Berlokasi 9 Km dari pusat Kuningan, 44 Km dari pusat Kota Cirebon dan 63 Km dari Kota Ciamis. Akses menuju lokasi pun dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi saja. Kamu bisa menuju ke Kecamatan Nusaheang yang berjarak 9 Km dari pusat Kuningan. Jalanan sudah beraspal, namun karena lokasi curug berada di pegunungan. Maka jalanan berkelok dan sedikit curam pun akan menambah keseruan selama menuju lokasi curug. Di sepanjang jalan sudah tersedia plang petunjuk yang mengarah ke lokasi wisata, pengunjung tak perlu bingung lagi. Sesampainya di pintu masuk area dan di tempat parkir kendaraan, pengunjung harus melewati jalanan setapak yang mengarah ke Curug Bangkong. Tenang, jaraknya tak jauh dari tempat parkir tadi.