Tempat Wisata Curug Awang Sukabumi Kembaran Niagara Mini Sukabumi

Membentang di pesisir barat daya dan selatan Provinsi Jawa Barat. Sukabumi menyimpan banyak tempat wisata  yang dapat membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di sini. Bentangan daerah nya sangat beragam. Mulai dari daratan tinggi dan pegunungan. Sampai pantai-pantai indah yang menjadikan tempat ini destinasi liburan akhir pekan favorit sebagian warga ibu kota. Berkunjung ke Sukabumi akan memberikan pengalaman yang menyenangkan, dimana kamu bisa memilih destinasi wisata yang diinginkan. Hawa sejuk yang masih asri menjadi sungguhan yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup. Kondisi ini tidak terlepas dari topgrafi wilayah sukabumi yang di kelilingi oleh pengunungan. Tentu nya tempat wisata sukabumi ini sangatlah menakjubkan. Salah satu nya yaitu curug awang sukabumi, yang tentu nya memiliki pesona keindahan alam yang sangat indah.

Curug Awang Sukabumi Yang Sangat Menakjubkan

Curug Awang Sukabumi

Kini kita tidak perlu jauh-jauh untuk melihat pemandangan menkajubkan layak nya pemandangan yang ada di luar negeri. Karena di Negara Indonesia saaat ini pun sudah banyak tempat wisata yang keren-keren. Di Sukabumi, Jawa Barat misalnya. Sukabumi memiliki objek wisata yaitu Curug Awang Sukabumi. Curug Awang sering di sebut sebagai niagara mini yang ada di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Merujuk pada air terjun niagara di perbatasan Amerika Selatan dan Kanada.

Terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebar lebih dari 60 meter. Keindahan nya semakin terlihat jelas dengan warna tebing air terjun cokelat kemerahan, tidak berwarna kehitaman seperti lain nya. Sumber aliran air yang menuju curug awang sukabumi adalah sungai ciletuh. Sungai tersbut merupakan perbatasan dari kecamatan Ciemas dan Ciracap. Juga menjadi pembatas antara desa Tamanjaya dan Cibenda serta Desa Mandra Jaya dan Desa Mekar Jati.

Curug Awang Sukabumi Sangat Menawaan Saat Hujan Tiba

Bebebrapa para wisatawan mengatakan jika, Curug Awang Sukabumi ini semakin terlihat menkjubkan saat musim hujan tiba. Sebab debit air saat musim hujan akan sangat deras. Sehingga bisa menutupi seluruh tebing. Hal ini lah yang membuat Curug Awang Sukabumi ini semakain menyerupai air terjun Niagara. Namun ada juga wisatawan yang mengatakan jika Curug Awang lebih menawan pada saaat musim kemarau. Sebab, bisa melihat dua air terjun pokok yang terimpit oleh arisan tebing. Yang berwarna merah yang berpadu dengan warna air yang cokelat keruh dan warna biru nya langit. Baca juga tempat wisata curug sawer sukabumi dan tempat wisata jembatan gantung situ gunung sukabumi

Lokasi Curuh Awang Sukabumi

Curug Awang berada di kawasan Geopark Ciletuh. Tepat nya di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sebenarnya di kawasan Geopark Ciletuh ini ada beberapa curug atau air terjun. Namun yang paling terkenal dan paling banyak ialah Air Terjun Awang ini. Curug atau Air terjun Awang sendiri merupakan air terjun pertama dari tiga air terjun di sungai Ciletuh. Yang ada di desa Tamanjaya, kecamatan Ciemas.

Sejarah Tentuknya Curug Awang

Banyak sumber yang mengatakan terkait terbentuk nya dari Curug Awang Sukabumi. Pastinya lokasi air terjun yang sangat terkenal di Ciletuh Geopark itu terbentuk secara alami. Terlihat dari tebing tempat air mengalir dari sungai ciletuh, adanya lapisan yang cukup tebal. Itu di akibat kan dari batu pasir yang lebih muda dan batuan lainnya di kawasan ciletuh. Batuan dasar sungai juga terdiri dari batu pasir. Yang merupakan bagian formasi jampang. Curug nya sendiri akibat dari patahan lempeng dasar ciletuh. Untuk penanaman Awang sendiri, ada sejarah atau asal usul nya. Menurut penelusuran warga setempat, karena lokasi nya berada paling tinggi seperti berada di angkasa. Sehingga di sebut awang. Yang alam bahasa Sunda berarti anglasa. Walau sebenar nya masih ada lagi tempat air terjun sebelum awang, yaitu curug puncak jeruk. Sayang nya kedua nya berada di desa yang berbeda.

Mitos Curug Awang Sukabumi

Sebuah mitos yang beredar di Curug Awang ini menjadi legenda di Curug Awang Sukabumi. Yaitu apabila tercium bau kemangi dari dasar kola, maka akan muncul buaya putih. Ada juga mitos lain nya, masih berada di area Ciletuh Geopark. Yaitu Curug Curug Cimarinjung. Di sini beredar kabar bahwa curug tersebut di larang untuk di kujungi pada hari jumat. Apabila ini di langgar maka akan jatuh korban jiwa. Juru kunci rutin memberikan sesajen di sekitar air terjun. Maka dari itu, sangat di butuhkan kebijaksanaan dari para wisatawan yang berkunjung. Untuk selalu menghormati setiap peraturan yang di terapkan di kawasan ciletuh geopark. Karena di dalam nya pun juga tinggal warga lokasi dari desa setempat dan masih mempercayai mitos di sekitar nya. Tetap menjaga sikap selama berada di tempat wisata alam, kalau ingin mengambil foto. Lakukan saja dengan sewajar nya dan jangan mengedit gambar terlalu berlebihan. Shingga keaslian dari tempat tersebut terlihat meragukan.

Fasilitas

Untuk fasilitas ang di sediakan dapat di katakan lengkap. Karena terdapat beberapa fasilitas seperti mushola, kamar mandi, saung, warung makan, dan area parkir yang lumayan luas. Meskipun jarak nya sedikit jauh dari lokasi. Jadi jika ingin menikmati keindahan lokasi Curug Awang Sukabumi ini. Maka kamu masih harus menempuh perjalanan kaki dari lokasi parkir semula.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Curug Awang Sukabumi

Untuk harga tiket masuk Curug Awang Sukabumi ini, maka akan di kenakan tarif Rp. 3.000/orang. Tarif lain nya seperti parkir kendaraan akan di kenakan biaya Rp. 3.000. Sedangkan untuk kendaraan roda dua Rp. 5.000. Itu juga berlaku untuk kendaraan roda empat.

Spot Foto Curug Awang Sukabumi

Dengan keindahan alam Curug Awang Sukabum itu yang begitu memukau. Tidak ada satupun pengunjung yang melewatkan untuk mengabadikan moment yang sangat menarik di sana. Untuk bisa mendapatkan keindahan alam darik Curug Awang Sukabumi, bisa mengambil angle di atas bukit. Di bukit ini maka posisi aliran sungai akan terlihat sangat hjelas di belakang. Namun jika ingin menikmati lebih dekat. Maka bisa turun sedikit ke bawah yaitu menuju sebuah danau tumpahan dari air dari Curug Awang Sukabumi. Karena di situlah posisi yang paling pas untuk kamu mengambil foto.

Rute Menuju Curug Awang Sukabumi

Untuk menuju Curug Awang Sukabumi ini memang terbilang tidak lah mudah. Karena jika anda dari Jakarta. Kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 6 jam-an perjalanan. Jika anda berada di Jakarta, perjalanan kamu bisa di mulai dengan melewati jalur Jakarta-Bogor-Cijeruk-Cibadak-Cikijang-Pelabuhan Ratu-Simpenan-Kiara Dua-Jampang Kulon-Waluran-Tamanjaya. Setelah sampai di kawasan Desa Tamanjaya. Anda bisa melanjutkan perjalanan anda menuju kawasan Ciletuh Geopark. Dari kawasan ini, Curug Awang Sukabumi berada di pinggir jalan tepat nya berada di sebelah kiri. Setelah sampai di lokasi parkir Curug Awang Sukabumi, anda perlu perlu berjalan sedikit. Yaitu sekitar 200 meter untuk bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri keindahan Curug awang Sukabumi ini.