Nikmatnya Berenang Di Cukang Taneuh Pangandaran

Wisata di Jawa Barat itu sendiri memiliki segmentasi masing-masing. Dan hampir semua segmen tersedia. Mulai dari mall dan plaza. Wisata alam, wisata religi, wisata belanja, wisata sejarah, dan masih banyak lagu wisata yang lain nya. Salah satu tempat wisata alam di jawa barat yang sangat menakjubkan yaitu Cukang Taneuh Pangandaran. Cukang Taneh, ini mungkin sedikit asing bagi sebagian orang. Namun jika di sebutkan Green Canyon, pasti semua pasti tahu dimana tempat wisata ini berada. Cukang Taneuh Pangandaran merupakan nama lain dari Green Canyon yang di berikan oleh para penduduk lokal setempat. Tempat wisata Pangandaran ini memiliki pesona keindahan yang akan memuat para pengunjung nya tidak bisa berkata-kata lagi. Karena panorama di Cukang Taneuh Pangandaran atau Green Canyon ini sangat lah bagus.

Memacu Adrenalin Di Cukang Taneuh Pangandaran

Cukang Taneuh Pangandaran

Cukang Taneuh Pangandaran atau lebih di kenal dengan sebagai Green Canyon. Merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Pangandaran (kabupaten pemekaran dari ciamis). Objek wisata ini terletak sekitar 31 Kilometer dari pusat kota Pangandaran. Tepat nya berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang. Nama yang di berikan oleh penduduk setempat adalah Cukang Taneuh(Bahasa Sunda). Yang berarti Jembatan tanah. Nama ini di berikan karean ada tebing tinggi yang sering terhubung membentuk bangunan. Seperti jembatan dan biasanya di pakai oleh para petani yang hendak menuju ke sawah nya. Bacar juga tempat wisata pantai pangandaran

Sedangkan nama Green Canyon tersebut di populerkan oleh seorang wisatawan asal Prancis pada tahun 1993.  Dia melihat tebing-tebing sungai yang ditumbuhi lumut berwarna hijau. Dan aliran sungainya yang berwarna hijau tosca sehingga menyebut Cukang Taneuh sebagai Green Canyon. Cukang Taneuh atau Green Canyon merupakan sebuah lembah yang terbentuk dari erosi tanah. Akibat aliran sungai Cijulang selama berjuta-juta tahun lama nya. Aliran sungai tersebut menembus gua yang terdiri dari stalaktit dan stalakmit.

Asal usul Nama Green Canyon ” Cukang Taneuh ” Pangandaran

Masyarakat setempat menyebut nya sebagai Cukang Taneuh. Dalam bahasa Sunda yang berarti mempunyai arti Jembatan Tanah. Karena di lokasi tersebut terdapat jembatan yang terbangun secara alami dari tanah selebar 3 meter. Dan di pergunakan masyarakat sebagai jambatan, sarana penghubung. Yaitu anatar tebing di antara dua desa yang berdekatan. Nama Green Canyon sendiri diyakini di populerkan oleh beberapa turis dari Perancis yang melancong sekitar pada tahun 1993. Dan cukup melejitkan potensi alam daerah ini secara nasional dan internasional. Ngarai ini terbentuk akibat terkikis oleh aliran air sungai cijulalang selama ratusan tahun yang menembus batuan karst. Dan membentuk ornamen-ornamen cantik. Yaitu seperti stalagtit dan stalagmit yang sangat mempesona. Karst memiliki arti lahan gersang berbatu. Dan salah satu nya di cirikan adanya goa sistem bawah tanah.  Kawasan Karst merupakan bentang alam yang memiliki kondisi hidrologi. Dan bentuk lahan spesifik yang berkembang di batuan mudah larut (batugamping, marmer, gipsum, halit).

Kegiatan Menarik Di Cukang Taneuh Pangandaran

Kegiatan yang pailing seru yang bisa di lakukan di Cukang Taneuh ini tentu saja adalah berenang. Siapa yang tahan jika melihat indah nya sungai seperti cukang di Cukang Taneuh Pangandaran ini. Jika kalian memiliki kemampuan berenang yang pas-pasan atau malah mungkin tidak bisa berenang sama sekali. Jangan khawatir, karena di tempat wisata ini sudah di sediakan pelampung. Yang tentu nya sudah siap menjaga agar tidak tenggelam ke dalam sungai Cijulang. Body Rafting juga merupakan kegiatan yang amat sangat menggoda untuk di lakukan di Cukang Taneuh. Beberapa jeram kecil akan di jumpai oleh para pengunjung di sekitar Cukang Taneuh.

Waktu Terbaik Berkunjung Ke Cukang Taneuh

Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal. Sebaik nya menghindari datang ke Cukang Taneuh pada musim penghujan. Karena air sungai Cijulang ini biasanya akan meluap besar. Luapan air tersebut membuat air sungai menjadi coklat. Sehingga para pengunjung tidak bisa menikmati warna asli dari sungai Cijulang yaitu warna hijau toska.

Penginapan

Di sekitar Green Canyon (Cukang Taneuh) terdapat beberapa hotel yang bagus dengan harga yang bervariasi juga. Mulai dari Rp. 250.000 hingga Rp. 600.000 per malam nya. Hotel-hotel yang berada di sekitar Green Canyon, diantara yaitu :

  1. Kalaras Cottages Batukaras
  2. Hotel Pondok Rivana Batukaras
  3. Marlon Rest Guest House
  4. Rivana Homestay
  5. Amazon Bungalow & Cottages

Akses Menuju Ke Green Canyon Pangandaran

Jika kamu datang dari luar Jawa Barat. Maka kamu akan menggunakan jalur udara dari kota Bandung. Dari Bandung, ambil jalur bus yang mengarah ke Pangandaran. Sesampai nya di terminal Pangandaran, kamu bisa menggunakan jasa mini bus untuk sampai ke terminal Cijulang. Kemudian perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan ojek atau sewa mobil. Untuk sampai di Cukang Taneuh ini dari dermaga Ciseureuh, kamu akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 30 hingga 45 menit.

Harga Tiket Masuk

Buat kamu yang penasaran ingin berkunjung ke Cukang Taneuh Pangandaran ini bisa menyewa perahu. Itu juga dengan menaiki perahu kayu modern atau di sebut dengan “Ketinting”. Harga tarif per-orang nya untuk menaiki perahu ketinting itu sekitar Rp. 75.000. Daya tampung perahu kayu ketinting tersebut maksimal untuk lima orang. Dan mulai beroperasi sejak pukul 07.00 WIB hingga 61.00 WIB. Perahu ketinting kayu ini akan membawa Anda menyusuri sungai yang memiliki pemandangan eksotis. Dengan pohon-pohon hijau yang menjulang di sepanjang tepi sungainya, dan sesekali akan tampak satwa di sepanjang sungai. Dalam perjalanan ini, Anda juga bisa melihat air terjun yang turun dari sisi tebing sungai.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: