Sunrise Di Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Jika berwisata ke dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Tidak lah lengkap tanpa mengunjungi Bukit Sikunir Dieng yang terletak di Desa Sembungan. Bukit Sikunir sebagai salah satu objek wisata Wonosobo yang menjadi andalan di datarn tinggi Dieng saat ini semakin ramai. Yaitu di kunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Banyak hal yang menarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata Wonosobo ini. Salah satu nya yaitu melihat keindahan sunrise dari puncak sikunir. Yang di kenal dengan Golden Sunrise Sikunir yang sangat fenomenal ini. Selain itu juga, dari Puncak Sikunir wisatawan bisa menyaksikan gagah nya gunung-gunung tinggi berderet di kejauhan.

Golden Sunrise Di Bukit Sikunir Wonosobo

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Tidak bisa di pungkiri lagi, bahwa yang paling utama yang di incar oleh para wisatawan. Saat berwisata ke Bukit Sikunir Wonosobo ini. Yaitu adalah Golden Sunrise nya yang amat sangat mempesona. Puncak sikunir ini bahkan di sebut-sebut sebagai tempat strategis untuk mendapatkan spot sunrise terindah dan terbaik se-Asia Tenggara. Hanya di bukit sikunir wonosobo ini para wisatawan dapat menyaksikan warna jingga keemasan Golden Sunrise di langit fajar. Yang menyinari gunung-gunung tinggi yang berselimut kabut. Baca juga tempat wisata telaga warna wonosobo dan taman margasatwa serulingmas banjarnegara

Spot yang cantik ini lah  yang di incar dan dengan sabar di tunggu-tunggu oleh penikmat sunrise di bukit sikunir. Secara serentak suara decak kagum dan bumi jepretan kamera pengunjung mengiringi detik-detik bangun nya matahari dari peraduan nya. Sungguh ini lah fenomena alam yang pantas untuk mendapatkan julukan dan pujian dari siapa saja. Terutama oleh para pemburu sunrise dan pecinta fotografi. Fenomena golden sunrise sikunir ini lah yang membuat Bukit Sikunir Wonosobo menjadi tempat wisata yang sangat di minati. Dan juga layak di perhitungkan dalam destinasi wisata dataran tinggi Dieng.

Letak Dan Lokasi Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Bukit Sikunir Dieng adalah bukit kecil fenomenal yang terletak di Kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Yang memiliki ketinggian 2.263 mdpl. Tepat nya sebelah timur Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Bukit sikunir yang terletak di Desa Sembungan ini memungkinkan wisatawan untuk leluasa memandang alam dataran tinggi Dieng dari ketinggian. Di kaki Bukit Sikunir para wisatawan akan berjumpa dengan Telaga Cebong yang indah. Dengan air nya yang sangat jernih. Akan lebih indah lagi sambil memandang Telaga Cebong dari puncak Sikunir.

Jalur Akses Dan Tiket Menuju Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Jalur akses dan rute perjalanan menuju Desa Sembungan tempat Bukit sikunir berada di jalur yang cukup mudah. Para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi tau kendaraan sewaan. Seperti angkot atau ojek. Jarak dari kota Wonosobo (mulai dari alun-alun Wonosobo) ke Dieng memakan waktu sekitar 50 menit dengan kendaraan. Dari dataran tinggi Dieng ambilah jalur ke arah Desa Sembungan. Yang berjarak sekitar 4 Kiometer. Jalan ke desa Sembungan memang agak menanjak dan juga berbelok-belok. Jadi, perlu berhati-hati saat berkendara. Setelah 15 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Maka akan sampai lalu akan bertemu dengan gerbang masuk desa yang mirip candi dengan tulisan ” Welcome to SEMBUNGAN VILLAGE “. Memasuki desa Sembungan akan langsung di suguh kan dengan pemandangan telaga cebong dan juga rumah-rumah penduduk. Dan juga mesjid-mesjid yang berkubah tinggi yang juga menarik. Di dekat elaga cebong terdapat area parkir kendaraan. Parkirkan lah kendaraan sebelum mendaki bukit sikunir Dieng Wonosobo.

Saat memasuki kawasan bukit sikunir Dieng Wonosobo hanya akan di kenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang nya. Jalur pendakian ke bukit sikunir Dieng Wonosobo terbilang sangat lah pendek. Dari parkiran bukit sikunir yang merupakan star awal pendakian ke puncak sikunir berjarak 1 Km. Atau dengan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam pendakian. Penerangan yang belum cukup memadai. Serta jalur pendakian menanjak dengan jurang yang cukup curam. yang berada di kiri dan kanan mengharuskan pengunjung membawa penerangan. Perlu di ingat, waktu yang baik untuk mendaki bukit sikunir Dieng Wonosobo ini paling lambat pada pukul 03.30 dini hari. Agar bisa menyaksikan sunrise. Karena jika mendaki di pagi buta saat suhu udara sangat lah rendah. Yaitu 10.15 derajat Celcius. Para pendaki harus menggunakan pakaian yang tebal agar tidak membeku.

Waktu Terbaik Menikmati Sunrise Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Bagi kalian yang tertarik dan juga berminat untuk berlibur ke puncak sikunir Dieng Wonosobo ini. Untuk mendapatkan momen sunrise terbaik. Kalian di anjurkan untuk datang pada rentang bulan juli sampai oktober. Alasan nya karena pada bulan-bulan ini, keadaan cuaca biasa nya sedang terang-terang nya. Sehingga golden sunrise bisa disaksikan dengan sangat jelas. Tanpa terhalang oleh kabut. Namun jika tidak sempat untuk datang pada bulan-bulan tersebut. Golden sunrise sebenar nya masih bisa disaksikan. Hanya saja pada bulan-bulan lain, golden sunrise di bukit puncak sikunir Dieng Wonosobo mungkin akan sedikit terhalangi oleh kabut. Dan justru bagi sebagian orang, adanya kabut saat momen golden sunrise malah akan menambah kesan yang unik. Pada hasil jepretan kamera. Jadi, pilihan waktu kedatangan ini sebenar nya opsional saja. Tergantung dari view sunrise seperti apa yang di inginkan.

Memandang Deretan Gunung-Gunung Tinggi Di Pulau Jawa

Tidak hanya golden sunrise sikunir saja yang di incar oleh para pengunjung bukit sikunir Dieng Wonosobo. Lanskap deretan beberapa gunung tinggi di pulau Jawa. Juga menjadi salah satu spot yang di buru-buru oleh para pengunjung  yang datang. Terutama dari kalangan pecinta fotografi. Dari puncak sikunir para pengunjung bisa memandang Gunung Sindoro yang berselimut kabut tipis. Yang berampingan dengan Gunung Kembang dan Gunung Sumbing. Tidak jauh dari ketiga Gunung itu akan terlihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Unggaran yang menjulang tinggi. Penampakan gunung-gunung ini kan lebih indah pada saat matahari berada di atas nya saat pagi hari.

Hamparan Lahan Pertanian Dan Kearifan Lokal Desa Sembungan

Kawasan Bukit Sikunir Dieng Wonosobo juga terkenal dengan hamparan lahan-lahan pertanian penduduk Desa Sembungan. Lahan-lahan pertanian yang di dominasi oleh tanaman kentang dan carica (tanaman khas Dieng yang menyerupai pepaya). Ini menghiasi kaki dan lereng Bukit Sikunir Dieng Wonosobo. Nah lahan-lahan pertanian penduduk ini berjenjang dan bisa di jadikan sebagai objek foto yang menarik. Daya tari bukit sikunir Dieng Wonosobo ini bukan hanya memiliki sebatas keindahan alam nya saja. Akan tetapi, keramahan dan juga kehangatan yang di miliki penduduk desa Sembungan tempat bukit sikunir Dieng Wonosobo akan melengkapi wisata. Di bukit sikunir dieng wonosobo ini. Kesan yang bersahabat yang di suguh kan oleh penduduk desa Sembungan membuat para pengunjung akan betah untuk berlama-lama. Dan juga bercengkrama dengan mereka. Penduduk desa yang umum nya berprofesi sebagai petani ini dengan ramah akan menyapa para pengunjung nya.

Pencarian Terbaru: