Mengunjungi Tempat Wisata Bukit Sembinai Kalimantan

Kecamatan Batu Sopang yang ternyata memiliki wisata alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah Bukit sembinai ini yang dapat di tempuh lewat jalur darat dari Tana Paser. Meskipun jaraknya yang cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Paser dengan jalan berkelok – kelok. Meskipun sepanjang jalan menuju bukit ini harus menempuh jalur dengan jalan yang berkelok, namun hal ini. Akan terbayar dengan indah nya hamparan pemandangan kebun dan lereng yang masih “perawan” di sepanjang jalan. Baca juga bukit jamur bengkayang

Taman Batu Bukit Sembinai

Di dalam perjalanan menuju bukit sembinai tersaji keindahan alam. Yang berupa lebat nya sebuah pepohonan hutan dan air sungai yang jernih. Cukup memanjakan mata sepanjang perjalanan, sebelum sampai di Bukit Sembinai. Yang ternyata ada goa yang sangat cukup besar untuk kita lalui. Bukit Sembinai ini termasuk kedalam wilayah Batu Kajang dan itu tandanya Anda harus membutuhkan sekitar 4 jam perjalanan. Dari Balikpapan menuju Batu Kajang ini adalah baru perjalanan memakai kendaraan belum termasuk tracking menuju bukitnya.

Bukit Sembinai merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang. Diperlukan kehati – hatian untuk menuju Bukit Sembinai, karena selain melalui jalan. Setapak sekitar 1,5 kilometer, juga harus menelusuri tebing di pinggiran Sungai yang terjal.

Sekilas Sejarah Bukit Sembinai

Konon di zaman penjajahan warga yang banyak menyimpan harta mereka seperti emas dan uang di goa ini. Hal ini yang sering di lakukan agar terhindar dari aksi penjarahan dari penjajah. Kondisi rungan di dalam goa yang cukup luas, bahkan tinggi langit – langit nya mencapai 10 hingga 11 meter. Sebagian ruangan cukup mendapat cahaya dari mulut goa, sedangkan sebagai lagi terlihat gelap.

Karena bentuk ruangan berbelok atau melengkung, sehingga cahaya tidak bisa masuk secara penuh dari mulut goa. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 meter dari goa Hajo Saini, terlihat hamparan hijau hutan Kecamatan Batu Sopang. Selain itu kita juga dapat melihat Batu Kajang dari puncak Bukit Sembinai. Baca juga jembatan gantung nateh

Rute Perjalanan

Untuk para pengunjung yang akan singgah ke Kota Balikpapan dengan melalui Bandara Udara Sepinggan Balikpapan. Batu Kajang yang dapat bisa di tempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dari Kota Balikpapan dengan menggunakan jasa penyebrangan ASDP dari Pelabuhan Ferry Balikpapan. Di Kariangau ke Pelabuhan Ferry Penajam (Kabupaten Penajam Paser Utara) kemudian akan melanjutkan perjalanan ke arah Tanjung (Kalimantan Selatan).

Dengan waktu kurang lebih dari 3 hingga 4 jam melalui perjalanan menuju darat. Jika ingin bermalam juga di lokasi ini ada beberapa Hotel kelas melati atau penginapan di sekitar Batu Kajang. Dengan tarif yang sangat terjangkau, di samping itu pula telah tersedia. Fasilitas kesehatan berupa klinik-klinik yang akan siap membantu.

Dan sangat di sarankan sekali untuk pendatang yang mengunjungi Bukit Sembinai. Sebaik nya mencari guide dari warga sekitar yang mengetahui seluk beluk wilayah nya tersebut. Sebagai Tambahan acuan yang letak tempat wisata Kalimantan Bukit Sembinai di tandai dengan adanya jalur dua. Dan kemudian akan di jumpai juga Kantor POLSEK, lalu tidak beberapa jauh. Akan kita jumpai bangunan Masjid As-Salam di sebelah kanan jalan. Yang menuju arah Desa Kasungai, untuk pada saat ini sudah ada papan panduan menuju ke arah Desa Kasungai. Objek wisata Bukit Sembinai masih dalam satu kawasan dengan Goa Lojan (Goa Loyang) dan Goa Tengkorak. Baca juga Pulau selimpai