Tempat Wisata Kalimantan Menguji Adrenalin di Bukit Kelam

Tidak heran kalau Bukit Kelam menjadi tempat wisata di Kalimantan yang paling menarik untuk dikunjungi. Karena bukit ini bukanlah bukit biasa. Bukit Kelam adalah batu raksasa setinggi 1.002 mdpl. Bahkan tingginya melebihi Ayers Rock di Australia yang hanya 863 mdpl.

Fakta Menarik Bukit Kelam Sintang

Bukit Kelam

Bukit kelam lebih tepatnya berada di Kecamatan Kelam Permai, 20 km dari Kota Sintang, Kalimantan Barat atau sekitar 395 km dari Pontianak. Terletak di antara dua sungai besar, yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Batu raksasa ini terbentang dari timur ke barat dengan tinggi 1.002 mdpl. Jika dibandingkan dengan Ayers Rock di Australia sebenarnya hanya memiliki tinggi sekitar 863 Mpdl. Diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia sebagai Batu Monolid terbesar. Baca juga Goa Batu Hapu.

Bukit kelam merupakan ikon dari Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Bahkan masyarakat setempat menyebutnya bukit raya. Bukit Kelam merupakan salah satu di antara bukit unik di dunia. Keunikan nya adalah bukit ini merupakan sebuah bukit yang murni terdiri dari segumpal batu raksasa. Ada yang menyebutkan bahwa Bukit ini adalah tumpukan batu tertinggi di Asia Tenggara.

Perjalanan menuju bukit

Untuk sampai ke tempat ini dapat menempuh jalur udara maupun darat. Anda dapat terbang menggunakan pesawat Kalstar dengan rute Pontianak- Sintang yang hanya memerlukan waktu tempuh selama 35 Menit. Sedangkan jalur darat harus menempuh jarak 400km selama kurang lebih 6 jam perjalanan ke kota sintang dari Pontianak. Anda dapat menggunakan bus regular jurusan Pontianak – Sintang atau kendaraan pribadi.

Kemiringan Bukit ini hanya 15 hingga 40 derajat. Biasanya waktu yang ditempuh untuk mendaki bukit ini sekitar 4 jam perjalanan. Tapi pihak pengelola menyediakan tangga sebagai alternatif untuk sampai ke puncak bukit. Tangga tersebut memiliki kemiringan 90 derajat. Meski jarak tempuh nya menjadi lebih cepat dibandingkan jalur normal yang hanya 2 jam. Adrenalin akan lebih terpacu saat menggunakan tangga ini.

Misteri Bukit Kelam

Menurut legenda yang ada, Bukit Kelam adalah batu yang di angkat oleh pemuda Dayak bernama Bujang Beji yang ingin menutup Sungai Melawi dengan Sungai Kapuas. Tapi niatnya gagal setelah digodai oleh bidadari sehingga dia terperosok ke dalam lubang dan batu ini dibiarkan saja sampai sekarang.

Banyak masyarakat mempercayai legenda bujang beji karena mereka percaya dengan adanya orang sakti atau berkemampuan luar biasa pada zaman dahulu. Sampai sekarang pun mereka masih mempercayai adanya orang sakti, terutama bagi suku tertentu.

Ada juga yang mengatakan bahwa Bukit Kelam adalah meteor yang jatuh ke bumi pada masa lalu. Sehingga banyak peneliti dari luar yang datang untuk meneliti bukit ini. Mungkin penjelasan itu muncul setelah melihat bentuk bukit yang lebih tampak menyerupai batu raksasa.

Terlepas dari segala mitos dan kisah misteri, tidak sedikit pengunjung yang tertarik naik ke puncak Bukit ini. Dalam perjalanan menuju puncak, Anda akan disuguhi pemandangan indah khas hutan Kalimantan. Bahkan ada beberapa pohon yang langka. Dari atas puncak bukit ini, terlihat Sintang dan hutan yang terhampar luas.

Keistimewaan

Keistimewaan Bukit Kelam masih kalah bersaing dengan negara tetangga Australia. Bukit ini belum dikenal secara maksimal. masih belum banyak orang mengetahui dan sadar akan potensi yang dimiliki batu raksasa ini.

Bukit Kelam juga menjadi tempat hidup beragam flora fauna langka salah satunya tanaman kantung semar. Di sana ada 14 spesies berbeda. Terdapat pula anggrek hitam dan jenis angkrek-angkrek lainnya. Sementara untuk fauna, Bukit ini menjadi tempat hidup bagi beruang madu, armadilo dan berbagai macam jenis burung. Salah satunya burung walet yang tinggal di beberapa gua di kawasan Bukit Kelam.

Pemandangan indah akan di suguhkan Bukit Kelam bahkan sebelum sampai ke puncak. Hutan tropis khas Kalimantan akan menjadi pemandangan pertama. Bukan hanya itu saja disana juga terdapat air terjun serta gua-gua raksasa yang bisa dikunjungi bagi para pengunjung. Sesampainya di puncak, cobalah untuk menginap dan rasakan pemandangan langit yang menakjubkan. Kemudian Anda bisa menunggu ketika fajar menjelang. Saat itu panorama sunrise di puncak bukit dijamin akan membuat betah.