Menikmati Keindahan Bukit Jamur Bengkayang kalimantan

Tempat wisata kalimantan yang sangat terkenal di Kabupaten Bengkang salah satu nya adalah Bukit Jamur Bengkayang. Sesuai dengan namanya kini bukit jamur yang sudah menjamur kemana – mana hampir semua masyarakat Kalimantan Barat. Dan keindahan bukit jamur namun tidak semua dari mereka pernah ke sana. Penduduk setempat menyebut bukit ini dengan julukan Gunung Batu yang mungkin karena banyak bongkahan batu – batu di sana.

Bukit jamur Bengkayang

Bukit Jamur yang merupakan salah satu bukit yang memiliki keindahan. Yang mirip dengan Mahameru di Kalimantan Barat ada bukit jamur yang bisa di katakan ini adalah Mahamerunya Kalimantan Barat. Bukit Jamur terletak di Desa Belangko, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia tidak jauh dari kota Singkawang.

Akses menuju ke sana anda bisa mengedarai roda dua maupun roda empat, namun untuk menuju ke bukit anda haruslah mendaki. Untuk parkir kendaraan masih belum di sediakan disana namun anda bisa menitipkan kendaraan di pemukiman di dekat bukit. Keindahan alam saat anda menuju puncak bukit Jamur juga tidak kalah indahnya. Saat anda menuju bukit banyak hal yang sangat indah dan pemandangan yang hijau. Baca juga jembatan gantung nateh

Bukit Jamur Bengkayang

Untuk menikmati keindahan dari puncak bukit jamur bukanlah hal yang mudah. Karena untuk mendaki bukit ini anda harus benar – benar mempersembahkan fisik dan perlengkapan saat menuju puncak bukit. Untuk yang hobi mendaki tentu saja hal ini sangat menyenangkan untuk mereka. Meskipun ada juga yang hobi fotografer namun tidak hobi dengan mendaki, hal tersebut juga sangat berat untuknya. Di Bukit Jamur jika anda benar-benar ingin merasakan keindahannya waktu. Yang diperlukan kurang lebih 2 Jam jika di hitung dari lereng bukit menuju puncak.

Kabupaten Bengkayang itu sendiri yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia di Sarawak. Anda juga dapat melihat sosok negara tetangga di sini meskipun itu sangat kecil sekali. Di saat perjalanan anda dapat melihat kolam bekas dari penambang emas. Yang di lakukan oleh masyarakat setempat mereka juga menyebutnya dengan julukan Dompeng.

Namun jika anda ingin merasakan sensasi bagaimana keindahan awan saat matahari tertib. Seperti Mahameru anda harus berangkat sebelum matahari terbit. Untuk melihat lautan awan yang sangat indah dan jarang sekali bisa mendapatkan momen tersebut. Hanya di bukit ini ada dapat melihat keindahan tersebut, dengan terasa di atas awan. Maka dari itu tidak jarang pendaki menginap di puncak gunung dengan bekal tenda dan makanan seperlunya. Untuk merasakan kehangatan matahari terbit dan di kelilingi awan di sekitarnya.

Bukit jamur atau warga sekitar lebih mengenalnya dengan Bukit Batu yang merupakan objek wisata alam. Bukit ini yang memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl (meter diatas permukaan laut). Dengan panorama sunset, sunrise dan lautan awan yang begitu mempesona.

Keindahan Bukit Jamur Bengkayang

Tidak hanya di pagi hari saja anda dapat merasakan keindahan alam waktu malam hari. Dengan hamparan bintang di langit saat berada di puncak dan kelap kelip lampu yang ada di pemukiman warga. Di sana juga anda dapat belajar bagaimana orang – orang pada zaman dahulu, tanpa penerang sekalipun. Untuk pergi ke sana sebaiknya anda mengajak orang yang sudah berpengalaman dan membawa teman – teman agar libur di bukit jamur. Akan lebih terasa menyenangkan pemandangan pada saat di puncak anda bisa melihat gunung – gunung dan pemukiman. Serta banyak lagi seperti lembah, sawah dan lain-lain banyak yang mengatakan jika melihat dari atas bukit semua. Akan menjadi indah semua dihiasi dengan kehijauan alam yang membentang di sekitar Bukit Jamur.

Meskipun sangat di sayangkan karena masih ada dari pendaki yang tidak bertanggung jawab pada saat berada di bukit jamur. Salah satu bukitinya adalah terdapat sebuah sampah yang tidak seharusnya berada di sana. Dan sangat di harapkan kepada yang suka mendaki khususnya di bukit ini untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Asal Bukit Jamur

Perjalanan menuju bukit jamur ini adalah perjalanan ke arah “negeri di atas awan” dengan potensi wisata yang besar. Dari puncak pengunjung juga dapat menyaksikan bukit – bukit yang bertebaran di seberang lebah. Permukiman penduduk, sawah dan ladang yang menghampar bak pendaki, penduduk juga dapat melihat keindahan kota Bengkayang. Selain menikmati indahnya matahari terbit, hamparan awan dan keindahan.

Tentang asal Рmula mengapa bukit ini yang bernama  jamur sebetulnya tidak ada kaitannya sama sekali dengan jamur. Sebab selain tidak ada jamur dalam jumlah banyak yang dapat diwakilkan sebagai sebuah nama. Bukit ini juga tidak memiliki bentuk yang mirip dengan jamur. Bahkan sepanjang jalur pendakian, jamur pun susah ditemukan. Jadi bukan jamur yang dalam arti tumbuhan melainkan disebut jamur. Karena pada jaman dulu masyarakat setempat menjadikan kawasan ini sebagai tempat menjemur padi hasil panen.

Bukit Jamur yang mulai dari arti tumbuhan yang melainkan di sebut jamur karena pada melainkan disebut jamur. Karena pada jaman dulu masyarakat setempat menjadikan kawasan ini sebagai tempat menjemur padi hasil panen. Baca juga bukit jomblo

Lokasi Dan Rute Menuju Bukit

Bukit Jamur terletak di Desa Belangko, Kel. Bhakti Mulya, Kec. Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79213.

Perjalanan dari pontianak yang memerlukan waktu sekitar 4 – 4,5 jam dengan jarak sekitar 157 km belum termasuk berhenti untuk beristirahat.

Untuk mengakses bukit jamur anda dapat menggunakan mobil atau pun motor. Sebelum tiba di bukit jamur anda akan melewati jembatan gantung atau jembatan cinta dengan rasio 1:1. Jika air surut/ kemarau anda juga dapat melewati sungai sebalo yang berada tepat di bawah jembatan tersebut.
Pada sore hari jembatan cinta akan ramai oleh pemuda pemudi yang lagi pacaran atau sekedar berkumpul. Klik di sini untuk melihat peta menuju bukit jamur. Baca juga lebah hijau