Pesona Keindahan Bukit Alesano Yang Bisa Menjadi Referensi Liburanmu

Butuh pelarian singkat, cepat, dan hemat dari sibuknya ibukota Jakarta? Ke Bukit Alesano aja! Lokasinya ada di Cijeruk, Kabupaten Bogor, nggak jauh dari Balai Embrio Ternak (BET). Dengan total perjalanan yang hanya berkisar 3 hingga 4 jam. Alesano akan menyajikan pemandangan spektakuler kota Bogor dari ketinggian dan panorama. Gunung Gede Pangrango di depan mata!

Destinasi Wisata Bukit Alesano Bogor

Bukit Alesano

Sebagai salah satu kota dingin di Indonesia, Bogor ternyata menyimpan beragam destinasi objek wisata yang sangat memikat hati. Bisa untuk dijadikan lokasi menghilangkan penat. Salah satu yang tidak biasa dan beda dengan yang lainnya adalah Bukit Alesano. Jika destinasi bukit lainnya menyuguhkan spot foto kekinian, bukit ini menyajikan pemandangan yang berbeda.

Bukit Alesano memang indah pemandangannya, foto-fotonya banyak yang diupload di sosial media. Sehingga menjadikan tempat ini menjadi buruan bagi wisatawan. Bahkan, pada awal tahun 2017 bukit ini sempat ditutup karena pengunjung yang datang begitu membludak.

Pesona Alam Bukit Alesano

Daya pikat utama yang disajikan di Bukit Alesano ini adalah pemandangan kota. Yang saat malam tiba akan nampak seperti hamparan bintang yang memukau. Saat malam semakin larut, lampu-lampu di kota seakan menjelma jadi hamparan bintang yang luar biasa indahnya. Belum lagi suasana di sekitaran yang sejuk membuat mereka yang datang jadi nyaman.

Tempat wisata di Bogor ini menyuguhkan pemandangan alam dari atas ketinggian. Saat siang hari anda bisa menikmati pemandangan hijaunya daun-daunan dan indahnya pemandangan kota Bogor yang terlihat kecil. Saat malam anda bisa menakjubkan dengan berhiaskan lampu-lampu yang menerangi kota Bogor.

Lokasi Bukit Alesano Bogor

Bukit ini berada di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Tempatnya memang bisa dikatakan jauh dari kota bogor. Yaitu  memerlukan waktu tempuh kurang lebih sekitar satu jam. Tempat camping di bogor ini juga telah tersedia beberapa fasilitas seperti toilet dan juga tempat ibadah.

Harga Tiket Masuk Bukit Alesano Dan Tarif Camping

Untuk para pengunjung yang ingin berkunjung kesini akan dikenakan tiket masuk ke bukit ini sebesar Rp. 10.000/motor. Kemudian untuk tarif camping yaitu sebesar Rp. 15.000/orang. Sehingga total pengeluaran jika hendak camping di bukit ini yaitu Rp. 35.000,-.

Rute Menuju Bukit Alesano Bogor

Buat kamu yang ada di Bogor, maka langsung saja menuju ke arah Stasiun Kereta Api Batu Tulis. Kemudian dilanjutkan menuju ke arah Agrowisata Warso Farm. Setelah itu lurus terus hingga menemukan pertigaan. Nanti disana ada papan petunjuk jalan menuju ke arah Balai Embrio Ternak, lalu ambil arah ke kanan. Selanjutnya lurus terus hingga pertigaan lagi, kemudian ambil arah ke kiri. Apabila sudah sampai Pintu Gerbang Balai Embrio Ternak, silahkan ambil arah ke kiri. Setelah itu hanya beberapa ratus meter anda akan menemukan lokasi Bukit Alesano Bogor.

Fasilitas di Bukit Alesano

Seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung, di kawasan Bukit ini pun telah disediakan beberapa fasilitas penunjang. Bagi anda yang ingin ke toilet untuk membersihkan diri atau sebagainya, di sini sudah terdapat toilet. Sementara, bagi wisatawan muslim yang tidak ingin melewatkan ibadan rutin, pengelola Bukit ini juga sudah menyediakan mushola.

Nah, jika untuk urusan perut, anda sebenarnya bisa membawa bekal sendiri dari rumah. Tetapi, jika anda kelupaan atau tidak sempat bersiap-siap, anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, di Bukit Alesano juga telah didirikan beberapa warung yang menyediakan berbagai makanan ringan. Seperti pisang goreng dan juga beberapa minuman hangat seperti teh dan kopi. Sementara, jika anda memerlukan listrik untuk mengisi baterai gadget. Anda bisa melakukan charge baterai di warung atau base-camp, meski terkadang harus antre dengan pengunjung lain.

Ada sedikit tips untuk anda yang ingin berwisata dan camping di bukita alesano. Ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan agar liburan anda semakin aman dan nyaman. Tips pertama adalah siapkan air secukupnya karena di bukit ini susah untuk memperoleh air bersih. Kemudian, siapkan fisik dan kendaraan roda empat karena di tempat tersebut hanya tersedia area parkir untuk sepeda motor.

Tips selanjutnya  adalah jika anda ingin suasana yang tenang, janagn berkunjung ke Bukit Alesano ketika akhir pekan. Pasalnya, setiap weekend bukit tersebut dipastikan penuh. Akan tetapi, jika waktu berkunjung anda hanya di akhir minggu. Lebih baik datanglah lebih awal sebelum berkunjung anda hanya di akhir minggu. Lebih baik datang lebih awal sebelum jam 3 sore. Pasalnya jam-jam tersebut, area bukit masih relatif sepi sehingga anda bisa memilih tempat yang pas untuk camping.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!