Menikmati Keindahan Tempat Wisata Di Batu Dinding Kalimantan

Sebuah dinding karst setinggi 125 meter yang membenteng sejauh 150 meter dan untuk saat ini telah menjadi tempat wisata Kalimantan. Batu Dinding Samboja, demikian warga menamai fanorama alam. yang terletak di Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (kukar). Meskipun untuk saat ini belum terlalu terkenal di kalangan para wisata.

Batu Dinding

Batu dinding Samboja yang menjadikan destinasi wisata petualangan secara tidak sengaja. Destinasi yang di temukan sekelompok mahasiswa perguruan tinggi dari bandung, Jawa Barat beberapa tahun lalu. Mahasiswa tersebut yang menulis skripsi mengenai bebatuan. Saat meneliti mahasiswa tersebut dengan menjadikan bebatuan berpasir di Samboja sebagai objek observasi.

Foto – foto keindahan alam sekitar ini yang kemudian menjadi viral sehingga menarik banyak pengunjung untuk datang. Namun Batu Dinding ini juga pun langsung di sematkan. Karena hal ini juga yang mengacu pada kondisi bebatuan yang sangat terjal di kanan dan kiri seperti dinding. Bahkan tidak sedikit juga yang menyebutnya destinasi ini sangat mirip dengan Tembok China yang sangat terkenal.

Akses Menuju Lokasi

Batu Dinding berada di Kota Minyak, Balikpapan. Tepatnya di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Batu Dinding ini yang bisa dicapai melalui rute KM 45 Jalan Soekarno-Hatta dari Balikpapan menuju Samarinda. Dari sini tinggal melakukan trekking menuju bukit Batu Dinding.

Jarak yang harus anda tempuh menuju puncak kurang lebih 8 kilometer. Sejauh mata memandang, di kedua sisi jalur trekking adalah tebing-tebing menjulang serupa dinding. Medan trekking yang harus ditempuh memang cukup sulit. Tetapi pemandangan yang bisa dinikmati juga sepadan. Berupa pepohonan hijau yang diselimuti kabut tipis. Jalan petak itu hanya bisa di tempuh dengan kendaraan bermotor roda dua. Perjalanan roda dua pun tidak langsung mengantar anda kelokasi, hanya sampai di parkiran kendaraan. Dan di sana juga anda harus berjalanan sejauh 1 kilometer. Menyusuri pepohonan Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto serta perkebunan warga. Baca juga danau jempan kalimantan

Menikmati Batu Dinding

Sepanjang perjalanan keindahan alam pemandangan perkebunan buah naga, jeruk sunkist, dan kereta akan menemani anda. Namun jika ingin lebih aman dan pasti sampai, ada warga sekitar yang menyediakan jasa pemandu untuk wisatawan. Jangan ragu untuk bertanya atau bercengkaraman dengan mereka. Warga sekitar memang banyak yang beralih profesi dari bertani atau berkebun. Menjadi pemandu jalan, penjual makanan, hingga ikut mengelola Bukit Dinding Samboja.

Dengan insiatif mengelola destinasi baru ini memang bikin pengunjung tenang. Mereka juga memastikan para pengunjung tertib saat memasuki puncak bukit yang sangat sempit. Lebak puncak bukit karst ini yang kurang dari 5 meter. Bahkan di beberapa batu yang menjulang, lebarnya hanya sekitar 1 meter saja. Batu Dinding Samboja memang berbentuk memanjang seperti pundak kuda kurus, dari selatan ke utara. Panjangnya kurang lebih 500 meter.

Ketika pengunjung sedang ramai – ramai nya, bukan tidak mungkin ada wisatawan yang terpeleset dan jatuh dari tebing. Untuk menghindari hal itu, ada beberapa warga warga menjadi pengawas di lokasi. Dan selain itu juga mereka berinisiatif membuat pagar pembatas seadanya dari tali dan besi. Meskipun demikian anda juga tetap harus berwaspada dan berhati – hati saat berkunjung ke atas Dinding Batu Samboja.

Dari ketinggian Batu Dinding anda juga dapat menyaksikan belantara Kalimantan yang sangat hijau. Pemandangan indah alam Borneo Timur akan melenakan dan membuat hati tenang. Dari ketinggian Batu Dinding anda bisa menikmati pesona matahari terbit dan juga terbenam. Jika anda ingin menikmati pesona matahari terbit dan matahari terbenam juga. And abisa mengunjungi lokasi ini pada pukul 04.00 dan pukul 16.00. Baca juga sungai Kapuas kalimantan

Harga Batu Dinding

Cukup merogoh kocek Rp. 5.000 / orang untuk tiket masuk ditambah parkir Rp. 10.000 / mobil dan jika menggunakan motor cukup Rp. 5.000 / motor. Disarankan ketika menaiki bukit ini menggunakan sepatu gunung atau sandal khusus untuk gunung. Dikarenakan kondisi gunung yang begitu terjal dan keamanan kawasan puncak masih sangat minim. Baca juga goa batu hapu