Tempat Wisata Batu Caves Malaysia Yang Harus Anda Kunjungi

Batu kapur pembentuk Batu Caves Malaysia di katakan berumur sekitar 400 juta tahun, beberapa pintu masuk goa. Di gunakan sebagai tempat wisata Malaysia penampung untuk masyarakat adat temukan (sebuah suku orang asing). Pada wal 1860 pemukim Tiongkok mulai menggali guano untuk pupuk sayuran mereka. Namun mereka menjadi terkenal hanya setelah bukit – bukit kapur. Yang di catat oleh pemerintah Daly dan Syers serta naturalis Amerika, William Hornaday pada tahun 1878.

Tempat Wisata di Malaysia Batu Caves

Batu Caves yang di promosikan sebagai tempat ibadah yang di dirikan oleh K. Thamboosamy Pillai, seorang pedagang india, yang terinspirasi oleh pintu masuk goa utama berbentuk “Vel” dan terinspirasi. Untuk mendedikasikan sebuah kuil untuk Dewa Murugan di goa tersebut. Pada tahun 1890 Pillai yang juga mendirikan Kuil Sri Mahamariamman. Yang membangun murti (patung yang dikuduskan) dari Sri Subramania Swamy. Yang sekarang dikenal sebagai Gua Kuil (Temple Caves). Sejak 1892, festival Thaipusam di bulan Tamil, Thai (yang jatuh pada akhir Januari/awal Februari) telah dirayakan di sana.

Tangga kayu sampai ke Goa Kuil yang bangun pada tahun 1920 dan telah di gantikan oleh 272 anak tangga beton. Dari berbagai goa kuil yang berada di situs tersebut, goa yang terbesar. Dan paling terkenal adalah Temple cavas, dinamakan demikian karena menaungi beberapa kuil Hindu di bawah langit-langit berkubah.

Pembangunan Batu Caves Malaysia

Pembangunan perumahan di mulai sejak 1970 dengan perumahan seperti Taman Batu Caves, Taman Selayang. Taman Amaniah, Taman Sri Selayang, dan Taman Medan Batu Cavas, dalam beberapa dekade terakhir. Daerah sekitarnya telah berubah dari sebuah desa kecil untuk kawasan industri dan perumahan baru serta toko – toko.

Terdapat pula jembatan layang melewati jalan raya, sebuah rel ekstensi KTM Komuter baru senilai 515 juta ringgit. Dari sentul ke Batu Caves telah dioperasikan pada bulan Juli 2010 dan Stasiun Komuter Batu Cavas juga telah di buka. Pada tanggal 1 januari 2011 selama fastival Thaipusam pada tahun tersebut. Yang di umumkan bahwa mobil kabel akan di bangun untuk fastival tahun berikutnya. Pembangunan tersebut akan menelan biaya sekitar 10 juta ringgit.

Baca juga Menara Kembar Malaysia

Berdiri 100 Meter

Berdiri hampir 100 m di atas tanah, kompleks Batu Caves Malaysia yang terdiri. Dari tiga goa utama dan beberapa goa yang lebih kecil. Goa terbesar di sebut sebagai goa katedral atau Goa Kuil (Temple Caves). Yang memiliki tinggi 100 m dan langit – langit berhiaskan ukiran elemen Hindu. Untuk mencapainya para pengunjung harus mendaki 272 anak tangga yang sangat curam. Di dasar bukit yang terdapat dua goa kuil goa galeri senin dan museum goa. Baik yang berisikan patung – patung dan lukisan Hindu. Komplek ini yang di renovasi dan di buka sebagai Vila Goa (Cave Villa) pada tahun 2008. Banyak kuil yang terkait dengan kisah kemenangan Dewa Murugan atas Iblis Soorapadam, tur audio tersedia untuk pengunjung.

Goa Ramayana terletak di sebelah kiri ekstrem sebagai sebelah kiri menghadap dinding bukit. Dalam perjalanan ke Goa Ramayana terdapat patung Hanuman Setinggi 50 kaki (15 m). Dan sebuah kuil yang di dedikasikan untuk Hanuman ajudan Dewa Rama. Upacara pentah bisan kuil tersebut, diadakan pada bulan November 2001. Goa Ramayana menggambarkan cerita Rama secara kronik sepanjang dinding goa yang tidak teratur. Sebuah patung Dewa Murugan setinggi 42.7 meter (140 ft). Yang membutuhkan waktu 3 tahun untuk membangunnya. Patung tersebut adalah patung Dewa Murugan tertinggi di dunia.

Fastival Yang Ada Di Batu Caves Malaysia

Batu Caves ini yang berfungsi sebagai titik fokus untuk festival tahunan Thaipusam untuk masyarakat Hindu. Lokasi ini yang telah menjadi sebuah situs ziarah untuk umat Hindu tidak hanya di Malaysia. Akan tetapi  umat Hindu di seluruh dunia dari negara-negara seperti India, Australia dan Singapura. Prosesi Thaupusam yang di mulai pada dini hari dari Kuil Sri Mahamariamman menuju Batu Caves. Sebagai kegiatan agama untuk Dewa Murugan yang berlangsung selama delapan jam, pengikut prosesi ini yang membawa wadah berisi susu. Sebagai persembahan kepada Dewa Muruga baik dengan tangan atau dalam wadah pembawa pada bahu mereka yang di sebut Kavadi.

Setelah prosesi mandi di Sungai Batu di dekat kawasan ini yang para pengikut berjalan menuju Goa Kuil. Pengikut prosesi ini menggunakan tangga pusat yang lebih luas sementara umat Hindu. Dan kerumunan penonton lainnya naik dan turun di tangga kecil pada kedua sisi tangga pusat tersebut. Ketika pembawa kavadi tiba di anak tangga ke 272 menuju Goa Kuil, para pengikut harus membuat pendakian yang sangat sulit. Pada tahun 2007, fastival ini menarik lebih dari 1,5 juta umat Hindu dari seluruh dunia. Menjadikannya salah satu dari “pertemuan damai terbesar dalam sejarah dunia“.

Baca juga: Pantai Amal Kalimantan

Alam Flora dan Fauna Batu Caves

Di Batu Caves Malaysia yang terdapat goa – goa yang masih asli dengan beragam fauna di dalamnya. Yang termasuk beberapa spesies unik, seperti laba – laba Liphistiidae dan Eonycteris dan kelalawar Rousettus. Situs ini juga di kenal dengan berbagai monyet ekor panjang. Yang di berikan makan oleh pengunjung secara sukarela. Monyet ini juga dapat menimbulkan bahaya karena suka menggigit wisatawan. (Terutama anak kecil), karena mereka cukup teritoris.

Di bawah goa kuil terdapat goa gelap (drak caves), dengan formasi batuan dan sejumlah hewan di temukan di tempat tersebut. Goa ini adalah jaringan dua kilometer dari goa – goa yang relatif tidak tersentuh. Stalaktit menonjol dari langit – langit goa dan stalagmit muncul dari dasar goa yang membentuk formasi rumit. Seperti tirai gua, aliran batu, mutiara dan kerang gua yang memakan waktu ribuan tahun untuk terbentuk. Dalam rangka mempertahankan ekologi goa akses ke daerah tersebut di batasi. Malaysia Nature Society mengorganisir perjalanan pendidikan dan petualangan reguler ke goa gelap tersebut.

Akses

Batu Caves Malaysia terletak 13 km dari ibu kota Kuala Lumpur, cara termudah untuk mencapai. Batu Caves adalah dengan menggunakan kereta komuter dari stasiun komuter KL Sentral, dengan tarif 2 RM untuk satu kali perjalanan. Anda juga dapat menggunakan taksi, dengan tarif sekitar 20-25 RM dari KL Sentral (atau lebih). Anda juga dapat mencapai Batu Cavesmenggunakan Bus Terminus 11/11d dari Bangkok Bank. (Dekat Terminus Puduraya) atau Bus U6 dari Titiwangsa.