Tempat Wisata Danau Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Balong keramat darmaloka Kuningan ini sebuah danau kecil yang sekarang menjadi objek wisata di kota Kuningan. Beberapa suguhan yang bisa pengunjung dapatkan ketika masuk ke area tempat wisata di Kuningan. Ini adalah asri nya lingkungan yang dihiasi area pepohonan tropis. Serta “Balong” atau kolam yang syarat akan legenda nya. Balong Keramat Darmaloka Kuningan adalah danau yang terletak di desa Darma. Kecamatan Darmadan berada di tepi lintasan jalan Cirebon – Kuningan – Ciamis. Dari kota Kuningan jaraknya lebih dari 13,5 km. Ke arah selatan atau lebih dari 48 km dari kota Cirebon juga ke arah selatan. Koordinat: 7°0’2.7421S 108°24’4.6231E.

Sejarah Balong keramat darmaloka Kuningan

Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Dulunya lokasi ini dibangun oleh utusan wali Sunan Gunung Jati bernama Syekh Rama Haji Irengan. Yang diberikan mandat untuk menyebar luaskan agama islam di sekitar daerah Kuningan. Nama Darmaloka sendiri berasal dari kata Darulmai yang di artikan sebagai Negara Cai. Yang mana sebagian besar sumber mata air di Kabupaten Kuningan berasal dari Desa Darma. Menurut informasi, kolam ini dibangun hanya dalam waktu semalam saja. Bersama kolam-kolam lainnya yang ada di Kuningan seperti Balong Cigugur, Balong Cibulan dan Balong Pasawahan. Pada jaman dulu kolam – kolam sengaja dibangun guna memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar Kuningan.

Bersama kerabatnya, Syakh Rama membangun semua kolam tersebut dalam kurun waktu satu hari. Sangat luar biasa jika dibayangkan. Setelah semua kolam berhasil dibangun, kemudian Syakh beserta rombongannya merayakan syukuran dengan menggelar makan bersama di kolam Darmalo. Ketika usai makan, bekas tulang ikan yang dimakan oleh Syekh kemudian dibuang ke kolam tersebut. Tidak disangka tulang tersebut berubah menjadi ikan hidup. Setelah kejadian tersebut, banyak lah bermunculan ikan – ikan berukuran besar yang sampai saat ini. Masih ada dan warga setempat menamai nya sebagai ikan Dewa atau ikan Kancra Bodas.

Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Luas dari tempat wisata ini sendiri berdiri diatas tanah sekitar 3 hektar. Balong-balong yang berada di Obyek Wisata Balong Keramat Darmaloka Kuningan ini terdiri dari bebarapa bagian. Diantaranya yaitu Balong Bangsal, Balong Ageung, Balong Beunteur, Bale Kambang, serta Sumber Air Cibinuang. Balong tersebut memliki luas sekitar 700 meter. Balong atau kolam yang membentuk lafadz nabi ini sendiri bukan diperuntukkan bagi para wisatawan. Sebagai tempat berenang, hal tersebut bertujuan agar habitat ikan-ikan dan beberapa tumbuhan tidak terganggu.

Pembagian Danau Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Balong Keramat Darmaloka Kuningan terdiri atas beberapa bagian yaitu :

  • Balong Ageung
  • Balong Bangsal
  • Balong Beunteur
  • Bale Kambang
  • Sumber Air Cibinuang

Fasilitas Balong Keramat Darmaloka

Beberapa fasilitas penunjang kenyaman di area wisata Balong Keramat Darmaloka ini diantaranya yaitu, Warung, Mushola, Toilet, Gazebo dan Area Parkir. Dan ada balong yang terdiri dari 3 sumber mata air. Selain itu di lokasi ini terdapat makam Syekh Rama Haji Irengan yang mana merupakan utusan Walisongo. Untuk menyebaran agama islam di daerah Kuningan, Jawa Barat. Lokasi ini selain dijadikan sebagai objek wisata juga menjadi wisara religius bagi masyarakat setempat yang. Selain terdapatnya makam Syekh Aji Irengan, terdapat makam-makam lain yang juga berada. Di area obyek wisata Balong Keramat Darmaloka, beberapa diantaranya yaitu. Makam Aria Salingsingan, Mbok Bukit dan makan penari ronggeng Sari Kuning – Sari Kembang. Meskipun satu area namun makam-makam tersebut saling terpisah satu sama lain.

Harga Tiket Dan Jam Operasional Balong Keramat Darmaloka

Harga tiket Balong Keramat Darmaloka Kuningan ini yaitu Rp. 5000. Dan untuk tarif parkir sebesar Rp 2.000/kendaraan. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin menikmati objek wisata dengan panorama yang indah, udaranya yang sejuk. Dan melihat ikan nya yang keramat, atau ingin berziarah maka lokasi ini dibuka setiap hari. Namun biasa peziarah akan ramai berdatangan di hari Jumat Kliwon yaitu mulai pukul 00.00 – 03.00 WIB.

Lokasi Balong Keramat Darmaloka Kuningan

Lokasi Balong Keramat Darmaloka Kuningan yang berada di Desa Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat cukup mudah untuk  dikunjungi. Lokasi danau berada strategis di pinggir Kota Cirebon. anda bisa ambil jalur menuju Kota Cirebon. Setelah itu menuju ke Kabupaten Kuningan, lanjut ke wilayah Ciamis. Setelah sampai di Ciamis, silahkan ambil rute menuju Kecamatan Darma. Dimana lokasinya berada di dataran tinggi yang memiliki akses sedikit tajam dengan jalanan berkelok. Jaraknya sendiri cukup dekat yaitu sekitar 1 Km. Klik di sini untuk melihat peta.