Taman Wisata Alam Balong Keramat Cigugur Kuningan

Balong keramat cigugur Kuningan ini merupakan objek wisata habitat ikan langka yang disebut. Kancra Bodas (Labaebarbus Dournensis) yang mana ikan ini jarang ditemukan di daerah lain. Yang oleh masyarakat sekitar dikeramatkan karena disebut-sebut adanya ikan Dewa. Masyarakat Kabupaten Kuningan memiliki mitos ikan dewa yang terdapat di Masyarakat Kabupaten Kuningan. Mitos ikan dewa ini terdapat di Balong Keramat di Kecamatan Cigugur, Darmaloka, Desa Ragawacana Kecamatan Kramatmulya. Desa Sidamulya dan Maniskidul Kecamatan Jalaksana serta Kecamatan Pasawahan. Dan ikan dewa ini oleh masyarakat sekitar tidak pernah diganggu, apalagi dipancing untuk dikonsumsi.  Balong ini adalah balong keramat peninggalan Raja Sunda Galuh Pakuan. Prabu Resi Guru Darmasiksa Sanghyang Wisnu yang memerintah pada 1175 – 1297 M. Saat ini balong ini dikelola oleh PDAU kabupaten Kuningan.

Mitos Tempat Wisata Balong Keramat Cigugur Kuningan

Balong keramat cigugur Kuningan

Maksud pengkeramatan pada ikan langka itu tidak lain mempunyai tujuan untuk melindungi serta melestarikannya dari kepunahan akibat tingkah manusia. Terlepas dari maksud untuk melestarikannya, ikan dewa memanglah memiliki mitos sendiri tentang asal usulnya. Orang-orang sekitaran meyakini jika Ikan Dewa yaitu jelmaan dari prajurit-prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi. Orang-orang meyakini jika orang yang konsumsi ikan dewa bakal celaka. Karenanya ada mitos itu, jadi kelestarian dari Ikan Dewa atau. Kancra Bodas ini terbangun serta jadi daya tarik wisata di Kabupaten Kuningan.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Balong Keramat Cigugur Kuningan

Untuk dapat masuk ke tempat wisata Kuningan ini anda hanya harus membayar tiket masuk seharga Rp. 7.000. Di tempat wisata ini anda akan dimanjakan dengan therapy ikan nilem seperti si spa-spa modern. Udara sejuk dari pegunungan serta keindahan panorama Balong Cigugur Kuningan. Jika anda memasukan kaki ke dalam kolam. Anda akan merasakan dinginnya air kolam, Kolam Cigugur ini merupakan. Salah satu habitat ikan langka yaitu ikan dewa dan terapi ikan nilem. Daya tarik obek wisata ini ada pada ikan-ikan nilem yang mengerubungi dan menggigit kaki para pengunjung

Lokasi Tempat Wisata Balong Keramat Cigugur Kuningan

Lokasi Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat?. Seperti yang tertulis di atas lokasi Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat. Terletak di Babakanmulya, Jalaksana, Sadamantra, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554, Indonesia.

Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Obyek Wisata Balong Cigugur di. Jalaksana Kuningan Jawa Barat saya sarankan anda mencari dengan mengetik. Obyek Wisata Balong Cigugur di Jalaksana Kuningan Jawa Barat di search google maps saja. Klik di sini untuk melihat peta wisata balong keramat.

Fasilitas Tempat Wisata Balong Keramat Cigugur Kuningan

Pihak pengelola kolam ikan ini sudah menyediakan beberapa fasilitas demi kenyamanan para pengunjung yang datang. Area parkir yang disediakan juga sudah cukup luas dan lapang serta terjaga keamanannya. Bagi pengunjung yang ingin melaksanakan solat sudah ada mushola yang terawat kebersihannya. Tidak kalah penting disajikan toilet dan kamar mandi yang cukup memadai di sini.

Keindahaan Balong Keramat Cigugur Kuningan

Balong Cigugur merupakan objek wisataberupa kolam yang berisi habitat ikan langka yaitu ikan dewa.  Selain ikan dewa, di kolam ini juga dapat ditemukan ikan Nilem Mangut. Masyarakat kota Kuningan tak pernah mengganggu ikan yang dikenal keramat ini. Memancing maupun mengkonsumsi ikan dewa dipercaya akan mendatangkan kesialan. Ikan dewa mempunyai panjang mulai dari 60 sentimeter hingga 1 meter. Ikan ini berwarna abu-abu kehitaman. Sementara untuk ikan nilem mangut mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan ikan terapi lainnya. Ikan ini bisa mencapai ukuran sedang sekitar 10 inc. Berbeda dengan ikan nilem khusus terapi ukurannya mencapai 2 inc.

Jangan khawatir mulut ikan nilem tidak bergigi melainkan mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak. Serta berumbai yang berupa otot elastis yang berguna untuk menghisap benda, makanan atau kulit mati. Konon ceritanya, ikan – ikan tersebut sudah ada di kolam itu sejak ribuan tahun lalu lamanya. Keunikan ikan dewa ini adalah jumlah nya yang tetap sama dari tahun ke tahun. Tidak pernah bertambah ataupun berkurang. Seolah ikan-ikan tersebut tidak pernah mati atau menurunkan generasi dan