Tempat Wisata Alun Alun Surya Kencana Cianjur Jawa Barat

Alun – alun surya kencana Cianjur ini merupakan salah satu objek wisata yang beradi di kabupaten Cianjur. Surya kencana adalah Taman bung edelweis di Gunung gede yang memiliki luas sekitar 50 hektar. Yang berada di ketinggian 2.70m di atas permukaan kaut (mdpl). Kecantikan, kemegahan, dan keindahan taman ini bisa menjadikan destinasi yang paling ramai di kalangan pendaki gunung di Indonesia. Di Indonesia ini setidaknya terdapat lima lokasi yang sangat populer untuk menikmati pemandangan alam. Khususnya untuk keindahan hamparan bunga edelweis sepuasanya. Sebutlah plawangan sambalu di gunung Rinjani, alun – alun surya kencana Cianjur di gunung Gede. Kalimati di Mahameru Gunung Semeru serta Tegal Alun di Gunung Papandayan. Memilih mengulas alun – alun surya kencana ini yang berada di Gunung Gede, Cianjur, Jawa barat. Alun alun di sini bukan merupakan sebuah dataran yang persis datar seperti tempat upacara kantor. Akan tetapi lembah gunung gede.

Alun - Alun Surya Kencana Cianjur

Gunung gede ini merupakan salah satu dari gunung Kembar gede Pangroro. Seperti nama resmi lokasi ini yaitu Taman Nasional Gede Pangroro. Untuk cara rute liburan ke Taman Bunga Edelweis di gunung gede ini pun tidaklah sulit. Kebanyakan orang menempuh melalui rute Jakrta, Bogor, puncak lalu cibodas atau Cipanas. Jika mendaki gunung Gede ini anda memilih rute melalui Cibodas atau gunung putri (cipanas). Atau salabinatana di Sukabumi. Namun jalur paling populer adalah melalui Kebun Raya Cibodas di kaki Taman Nasional Gede Pangroro. Gunung Gede merupakan salah satu dari lima taman nasional yang kali pertama di umumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi di Provinsi Jawa Barat. Rata-rata suhu kawasan pundang gunung dikisaran 18 derajat celcius pada siang dan sampai 5 derat celcius pada malam hari. Jangan lupa baca juga taman bunga nusantara Cianjur

Cara Menuju Alun – Alun Surya Kencana Cianjur

Rute melalui Desa putri di Cipanas adalah salah satu pilihan yang sangat menarik. Ketika anda melalui desa gunung putri karena dengan pertimbangan kawasan cibodas dan cipanas berdekatan. Sehingga mencoret akses melalui Salabintara di sukabumi. Dan bisa mendaki melalui desa gunung putri cipanas yang rute nya sangat pendek. Serta masing – masing rute ini memiliki plus minusnya. Jika anda mendaki melalui cibodas rute nya memang agak panjang. Dan anda harus melalui dulu puncak gunung gede baru turun ke surya kencana. Serta pada rute ini anda di manjakan dengan sajian alam yang sangat khas pegunungan. Karena daya tarik dari tempat wisata Cianjur alam ini seperti air terjun Cibereum dan lainnya akan membuat anda menikmatinya. Sedangkan jika anda mendaki dari Gunung putri meski menanjak terus tanpa jalan datar.

Sejaharah Alun – Alun Surya Kencana Cianjur

Selain daya tarik pendangan dan tantangan alamnya. Surya Kencana memiliki ‘bumbu’ kisah mistsis bercampur mitologi. Konon beberapa pendaki Gunung Gede yang menyambangi Surya Kencana mendengan suara kaki kuda berlarian. Akan tetapi, tidak tampak wujud kuda tersebut. Menurut cerita rakyat, kejadian itu pertanda Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun dikawal para prajuritnya. Kesempatan lain, para pendaki kadang melihat sebuah istana. Dalam rakyat Surya Kencana merupakan nama seorang Pangeran Aria Wiratanudatar pendiri kota Cianjur yang beristri putri jin.

Pangeran Surya Kencana memiliki dua putra, yakni Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi. Adapun kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayam Pangeran Surya Kencana. Petilasan singgasana Pengeran Surya Kencana beruapa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun dan disebut Batu Dongdang. Sumber air di tengah alun-alun dipercaya dulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi. Dalam hutan yang mengitari alun-alun Suraya Kencana ini terdapat sebuah. Situs kuburan kuno yang konon dipercaya sebagai tempat bersemanyam Prabu Siliwangi.

Pencarian Terbaru: