Wisata Air Terjun Embun Pelangi Majalengka Yang Sangat Memukau

Sebagai kota yang siap menjadi bagian dari jalur transportasi internasional, Majalengka terus berbenah dan bidang wisata. Potensi inilah yang ada di masa depan, yang bisa menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat setempat. Bandar Udara Internasional Jawa Barat ini luas keseluruhan nya 5000 ha. Bandar udara ini di bangun untuk menggantikan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara di Bandung. Tetapi juga melayani daerah di sekitar Kota Cirebon. Geliat tempat wisata Majalengka kini mulai terlihat ke permukaan. Fenomena tempat wisata Air Terjun Embun Pelangi Majalengka ini menjadi perbincangan yang sedang hangat untuk di perbincangkan. Terutama di media sosial dan juga internet.

Air Terjun Embun Pelangi Majalengka atau biasa di sebut warga sekitar yaitu Curug Embun Pelangi. Air Terjun Embun Pelangi ini pesona nya mulai muncul kurang lebih dua tahun belakangan. Setelah ada sekelompok pecinta fotografi menshare foto nya di media sosial. Di foto tersebut menampilkan panorama sebuah air terjun dan aliran sungai. Yang di apit oleh dua tebing tinggi yang kemudian heboh di media sosial. Lalu pada saat ini di kenal sebagai ” Green Canyon ” dari Majalengka. Air Terjun Embun Pelangi semakin terkenal ketika Air Terjun ini kembali di perkenalkan oleh para pecinta alam.

Air Terjun Embun Pelangi “Grand Canyon” Majalengka Yang Mempesona

Air Terjun Embun Pelangi Majalengka

Curug atau Air Terjun sempat menjadi perbincangan yang hangat, terutama di media sosial dan internet. Ya, Air Terjun Embun Pelangi, curug yang pesona nya memiliki pesona yang sangat indah. Air Terjun Embun Pelangi Majalengka atau biasa di sebut Curug Ibun terletak di Desa Sukadana Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Untuk menuju lokasi nya sangatlah mudah, cuma harus berjalan dari jalan penguhubung Maja-Apuy. Lalu melewati ladang sayur-mayur milik warga. Kemudian harus menuruni tangga. Di harapan untuk berhati-hati di karena kan cukup curam. Akan lebih baik berpegangan ke pagar bambu. Yang sudah di buat oleh warga sekitar. Tangga menuju dasar sungai masih terbuat dari tanah dan juga bebatuan. Baca juga tempat wisata Kolam Renang Raja Majalengka 

Mengapa Dinamakan Curug Embun Pelangi?

Pasti diantara kalian bertanya-tanya mengapa di nama kan Curug Embun Pelangi, mari kita bahas. Dinamakan Air Terjun Embun Pelangi atau Curug Embun Pelangi ini, di karena kan embun akibat jatuh nya air sungai tersebut. Karena cahaya matahari. Sehingga muncul ketika hari cerah. Selain melihat Air Terjun Embun Pelangi Majalengka para pengunjung juga bisa panorama tebing batu cadas yang mengapit sungai Cilongkrang. Berbeda pada saat Air Terjun Embun Pelangi Majalengka ini ramai pada awal kemunculan nya. Kini Air Terjun Embun Pelangi Majalengka kembali seperti semula. Hanya beberapa pengunjung saja yang datang untuk berkunjung. Hal ini di karena kan musibah air bah di Goa Lalay. Yang menimbulkan korban jiwa pada awal bulan januari 2015. Jadi ada baik nya, kalian yang akan berkunjung ke Air Terjun Embun Pelangi ini pada saat kondisi cuaca yang cerah. Atau bahkan saat musim kemarau. Karena apabila cuaca hujan akan di khawatirkan bila datang nya kembali air bah.

Asal Muasal Air Terjun Embun Pelangi Majalengka ”Curug Ibun Pelangi”

Air Terjun Embun Pelangi Majalengka berasal dari Sungai Cilongkrang. Yang mengalir dari kaki Gunung Ceremai. Pada satu bagian dasar Sungai Cilongkrang, batuan dasar sungai nya tidak terlalu tahan terhadap aliran air. Sehingga mudah runtuh. Runtuh nya bagian dasar Sungai Cilongkrang ini kemudian menimbulkan erosi vertikal. Erosi vertikal inilah yang hingga saat ini lebih di kenal sebagai Air Terjun Embun Pelangi Majalengka. Atau biasa di sebut oleh warga setempat yaitu Curug Ibun Pelangi. Proses tergerus nya dasar sungai yang tidak kedap air hingga terjadi runtuh nya dasar sungai. Dan erosi vertikal ini terjadi selama berjuta tahun lama nya.

Aliran sungai Cilongkrang yang runtuh kemudian mengalir di bawah bebatuan yang beku. Yang berasal dari aliran lava Gunung Ceremai sehingga lama kelamaan, bebatuan nya tergelus. Dan membentuk lorong yang saat ini dapat di lihat di area Curug ini dengan ketinggian sekitar 20m. Dinding di bagian kanan dan kiri aliran sungai Cilongkrang membentuk guratan-guratan pada batuan. Yang hampir serupa satu sama lain. Kondisi ini menandakan bahwa area di sekitar Air Terjun Embun Pelangi Majalengka ini berada di daerah yang lemah. Terhadap pergerakan (dari dalam bumi). Secara morfologi, Sungai Cilongkrang termasuk ke dalam Sungai Stadia Muda. Sungai Stadia Muda bercirikan banyak nya jeram atau erosi vertikal. Yang dapat di lihat dari keberadaan Air Terjun Embun Pelangi Majalengka sebagai hasil dari erosi vertikal, di aliran Sungai Cilongkrang.

Rute Jalan Menuju Air Terjun Pelangi Majalengka

Untuk akses ke Air Terjun Pelangi Majalengka, mungkin saat ini belum ada kendaraan sampai tempat tujuan. Tapi bagi kalian yang akan berkunjung,  bisa ikuti rute jalan ini.

Dari Jakarta – Air Terjun Embun Pelangi

Ini rute memakai kendaraan umum. Para pengunjung bisa naik bis luragung (sudah tersedia dibeberapa terminal di jakarta). Lalu turun di Cikampek, sekarang harus menaiki bis perempat (berkah jaya, widia dan bintang sanepa) yang arah Majalengka tepatnya Cikijing. Lalu mintalah untuk turun di terminal Maja. Lalu naik ojek menuju arah Argalingga (minta berhenti karena tujuan mau ke Air Terjun Embun Pelangi). Untuk menuju Curug nya, maka akan melewati ladang warga setempat. Seterusnya para pengunjung akan menuruni beberapa anak tangga mencapai curug. Jika kalian masih bingung bisa bertanya pada warga sekitar. Karena warga sekitar akan senang hati menjawabnya.

Dari Bandung – Air Terjun Embun Pelangi Majalengka

Untuk rute dari Bandung. Akan mudah sekali, Karena bayak mobil elf tiap jam nya. Hilir mudik di antara nya elf buhe jaya dan rukun wargi. Nanti minta turun di terminal Maja saja. Lalu naik ojek menuju arah Argalingga  (minta berhenti karena tujuan mau ke air terjun pelangi Majalengka). Untuk menuju curug nya para pengunjung akan melewati ladang warga setempat. Seterus nya para pengunjung akan menuruni beberapa anak tangga, untuk mencapai Curug. Jika kalian masih bingung, maka bisa bertanya kepada warga sekitar. Karena warga sekitar akan ikut membantu memberitahu ke arah yang benar.

Tips Berkunjung Ke Air Terjun Embun Pelangi Majalengka

Ada beberapa tips ketika hendak berkunjung ke Air Terjun Majalengka ini. Yaitu usahakan saat musim terang atau kemarau. Karena debit air sangat besar pada saat musim hujan. Dibalik itu juga, jika saat terang para pengunjung akan menikmati pelangi dari pancaran matahari. Yang terakhir yaitu berhati-hati lah saat naik dan turun tangga. Karena kondisi nya licin. Di sana juga bisa mengabadikan momen yang indah bersama keluarga atau pun teman. Akan tetapi tetap menjaga keselamatan ketika sedang berfoto-foto.

Pencarian Terbaru: