Tempat Wisata di Kalimantan Air Terjun Mananggar

Tempat wisata di Kalimantan Air terjun Mananggar memiliki bentang yang cukup lebar. Keindahan Air terjun ini kerap dibandingkan dengan air terjun Niagara di perbatasan Kanada dan Amerika. Dengan ketinggiannya dan aliran air yang cukup deras menjadikan tempat ini menjadi spot foto terbaik untuk Anda pecinta nuansa alam.

Keindahan Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar sering disebut juga Air Terjun Melanggar yang berada di hulu Sungai Landak merupakan Niagara dari Borneo. Air terjun ini berupa patahan dari Sungai Landak. Akses ke dasar air terjun ini masih sangat sulit sekali. Jalan yang hanya setapak dan tertutup belukar sehingga wisatawan cukup sulit untuk mencapai lokasi. Untuk dapat menikmati keindahannya, para pengunjung harus bersabar, karena akan melintasi perjalanan yang panjang, jauh dan berliku. Untuk sampai ke lokasi air terjun akan membutuhkan waktu hingga 6-7 jam.

Air terjun Mananggar terbuka bagi masyarakat umun dan tidak memiliki jam buka pada umumnya. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, karena tempat wisata ini tidak menerapkan biaya untuk akses ke dalamnya. Jika ingin berfoto dengan view yang bagus momen di pagi hari sangatlah cocok. Sebab embun di pegunungan masih terlihat jelas. Juga di sore hari menjelang senja untuk mendapatkan pencahayaan yang indah di sekitar Air Terjun Mananggar. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Liang Mangkulangit.

Keunikan Air Terjun Mananggar

Keunikan dari Air terjun Mananggar ini adalah terdapat danau yang cukup lebar berada dibawah air terjun. Berbentuk bulat dan dapat digunakan untuk mandi, berenang dan memancing ikan atau pun udang. Sedangkan di kiri atas terdapat sebuah tempat untuk memohon rezeki kepada Tuhan. Kegiatan yang sudah dilakukan ratusan tahun yang lalu sampai saat ini. Selanjutnya diatas terdapat gunung Pejapa dengan ketinggian 1.019 meter yang mengelilingi air terjun ini. Sekeliling lokasi masih terlindungi dengan lebat nya hutan tropis.

Hal unik lainnya dari Air terjun Mananggar adalah karakteristik tampilan air terjun yang menyerupai Air terjun Niagara. Namun dengan ukuran lebih kecil sehingga banyak yang menyebutnya Niagara dari Borneo. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Air Terjun Gunung Rian.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun

Air terjun Mananggar terletak di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Dibutuhkan waktu 6-7 jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar. Lalu dari sana perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu. Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayar lunas dengan kepuasan melihat keindahan ribuan tetes air yang jatuh dari ketinggian sekitar 600m. Dan bersatu kedalam sebuah danau luas ditengah hutan tropis.

Perjalanan berawal dari kota Ngabang menuju ke jalan Sarimbu. Ketika melintasi kota Ngabang menuju ke jalan Sarimbu maka jalan aspal akan menyambut Anda dengan pepohonan di kiri dan kanannya. Sesampainya di jalan Sarimbu Anda harus meneruskan perjalanan ke Kecamatan air besar dalam waktu 2-3 jam. Ketika telah sampai di gerbangnya, yaitu desa Tauk maka kita akan melapor kepada pihak desa. Setelah perizinan selesai Anda akan melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan dengan jarak 6-8 km.

Perjalanan dengan akses yang terbatas membuat Anda harus mengendarai kendaraan bermotor dengan handal. Dengan jalur berbukit-bukit sehingga akan menempuh medan yang menanjak dan menurun dari perjalanan tersebut. Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan mobil. Maka Anda dapat menyewa kapal motor penduduk setempat dari desa Hanura yang kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki. Perjalanan tersebut memakan waktu 15-20 menit dengan harga Rp.25.000-Rp.50.000 per mobil dengan tarif parkir Rp.10.000. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Air Terjun Mandin Damar.

Kegiatan di Air Terjun

Danau yang berada dibawah air terjun ini berbentuk bulat kurang lebih berukuran 2 hektar. Danau tersebut ini dapat digunakan untuk mandi dan memancing. Karena arus airnya yang deras dan kedalaman sekitar 15 meter tidak dianjurkan pengunjung untuk berenang. Di Air terjun Mananggar ini hidup populasi ikan tapah dengan ukuran raksasa dengan berat bisa sampai 20 kg. Sangat cocok untuk yang hobi memancing.

kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di lokasi wisata ini adalah camping. Tempat pemancingan alami atau pun wisata rafting seperti yang dikembangkan di sungai Elo Magelang. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Sungai Kapuas.