Keistimewaan Tempat Wisata Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Kulon Progo adalah kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai segudang pesona alam. Keindahannya tidak kalah dengan yang dimiliki oleh Gunungkidul dan juga Bantul yang sudah punya nama dengan ikon wisata nya. Saat ini Kulon Progo sedang mengembangkan potensi wisata nya apalagi, dengan pembangunan kawasan bandara yang sebentar lagi resmi beroperasi. Nama Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta mungkin masih terdengar asing, atau mungkin juga tidak. Bila tak salah ingat, kawasan ini pernah menjadi lokasi sebuah acara televisi bertajuk traveling di sebuah stasiun swasta. Keindahannya, memang mampu mengalahkan beberapa air terjun ternama di Yogyakarta.

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Nama Air terjun Kedung Pedut mungkin masih terdengar asing, atau mungkin juga tidak. Bila tak salah ingat, kawasan ini pernah menjadi lokasi sebuah acara televisi bertajuk traveling di sebuah stasiun swasta. Keindahannya, memang mampu mengalahkan beberapa air terjun ternama di Yogyakarta. Keunikan dari air terjun ini terletak di warna air yang memiliki dua warna yaitu hijau tosca dan berwarna putih.

Bagi yang belum pernah sama sekali ke tempat wisata Yogyakartaini, mungkin tidak akan percaya dengan warna yang di sajikan. Tetapi, warna air terjun ini memang asli tanpa efek edit sama sekali. Warna yang terlihat di tempat ini bisa jadi karena pengaruh batuan dasar sungai. Yang larut secara perlahan sehingga merubah warna air seperti yang terlihat saat ini.

Lokasi

Kedung pedut merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di kota Yogyakarta. Yang letak nya masih tersembunyi di deretan menoreh. Lebih tepat nya letak nya berada di Kabupaten Kulon Progo. Yang menjadikan air terjun ini unik dan berbeda dengan air terjun yang lain nya. Yaitu adalah kedung air yang ada di pendut memiliki beberapa warna berbeda di setiap kedung nya. Yaitu ada yang berwarna biru tosca dan ada juga yang air nya berwarna putih jernih.

Lokasi dari Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta ini berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Dimana kedung pedut bukan lah satu – satu nya tempat wisata yang berada di daerah itu. Namun, banyak sekali wisata alam yang ada di daerah tersebut.

Keistimewaan Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Wisata ait terjun kedung pedut ini baru di buka pada tanggal 15 Febuari 2015 oleh penduduk sekitar. Orang sekitar tempat wisata ini menyebutkan kedung pedut sebagai waterpark yang alami. Hal ini di karenakan kedung pedut memiliki sebuah kolam yang berukuran sangat besar yang terbentuk secara alami. Dan untuk sumber air yang mengisi kolam tersebut berasal dari aliran terjun yang tidak jauh dari lokasi.

Kata Kedung di dalam bahasa Jawa memiliki makna kolam atau genangan air yang cukup dalam. Dan Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta ini memiliki kedalaman sekitar 2 – 3 meter. Nah, di sini lah para pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang menikmati kesegaran air yang langsung turun dari pegunungan. Sedangkan untuk kolam air yang dekat dengan air terjun utama. Para pengunjung sangat di sarankan untuk berfoto atau sekedar menikmati nya saja. Tidak di anjurkan untuk berenang.

Tentu saja kolam yang ada di wisata air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta ini tidak hanya ada satu saja. Banyak sekali kolam – kolam kecil yang ada di sekitar lokasi wisata yang satu ini. Dan tentu saja setiap kolam memiliki keunikan tersendiri. Jika di lihat dari kejauhan kolam – kolam air yang bertumpuk ini memiliki perpaduan warna hijau dan biru. Sehingga menciptakan suatu pemandangan yang sangat mengangumkan. Untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan tumpukan kolam tersebut, maka bisa menyaksikan melalui gardu pandang yang berada di ketinggian. Baca juga tempat wisata pantai wediombo yogyakarta

Rute Menuju Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Karena lokasi dari Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta ini berada di dalam kawasan Kulon Progo. Maka membutuhkan waktu perjalanan yang lumayan lama untuk para pengunjung bisa pergi ke tempat wisata yang satu ini. Wilayah Kulon Progo ini memang jauh dari pusat kota Yogyakarta dan sedikit membutuhkan perjuangan pula.

Perjalanan pertama bisa berawal dari tugu Yogyakarta. Menuju ke arah barat menuju ke perempatan Ring Road Barat Demak Ijo. Lalu ambil jalan menuju ke jalan Godean hingga mencapai ke pasar Godean. Lurus lah ikuti jalan hingga sampai di pasar kenteng. Setelah mencapai sini, lanjutkan perjalanan menuju tanjakan menoreh. Setelah mencapai sebuah Pertigaan ambil ke arah Goa Kiskendo. Kemudian, menemukan Pertigaan kembali ambil arah ke kiri. Jalan terus sekitar 4km hingga para pengunjung menemukan Grojogan Mudal.

Dari sini belok ke kiri menuju ke air terjun Soka. Nah, dari sini para pengunjung bisa mengikuti beberapa petunjuk jalan. Yang akan mengantarkan para pengunjung menuju ke air terjun kedung pedut yogyakarta. Cukup melelahkan memang, akan tetapi, rasa nya semua rasa lelah akan terbayarkan setelah sampai di lokasi.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk

Untuk menjamin kenyamanan para pengunjung nya. Maka pihak pengelola bekerja sama dengan masyarakat. Yaitu telah membangun beberapa fasilitas. Meskipun masih tergolong sangat lah sederhana. Antara lain jembatan dari bambu, mushola, toilet, kamar mandi, serta warung makan. Untuk harga Tiket masuk ini hanya Rp. 3.000 saja. Di tambah dengan biaya parkir untuk mobil Rp. 5.000 dan untuk motor Rp. 3.000 saja. Harga yang cukup murah untuk fasilitas yang bisa di nikmati di kawasan ini.

Wisata Di Dekat Lokasi Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta

Pada saat akan menuju ke lokasi air terjun kedung pedut yogyakarta ini. Para pengunjung akan melewati beberapa tempat wisata lain nya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang berada di sekitar lokasi air terjun ini.

1. Air Terjun Kembang Soka

Untuk yang belum puas menikmati air terjun yang ada di kedung pedut. Maka bisa langsung pergi ke air terjun Kembang Soka. Dimana air terjun kembang soka ini hanya berjarak sekitar 1 km saja dari tempat kedung pedut.

2. Wisata Alam Kalibiru

Jika ingin menikmati pemandangan Kulon Progo dari atas ketinggian. Maka bisa datang ke tempat wisata alam Kalibiru Yogyakarta. Dimana tempat wisata alam Kalibiru ini sangat lah terkenal di media sosial. Karena memiliki pemandangan yang sangat memukau. Dan hanya berjarak sekitar 5 Km saja dari kedung pedut.

3. Taman Sungai Mudal

Selain air terjun Kembang Soka, di dekat kedung pedut juga terdapat tempat wisata. Dengan nama Taman Sungai Mudal, tempat wisata tersebut merupakan sebuah taman yang memiliki air terjun bertingkat yang sangat indah. Tentu saja untuk para pengunjung yang belum puas bermain air di kedung pedut. Akan bisa melanjutkan main air nya di tempat ini.

4. Gunung Lanang

Sebelum sampai di lokasi Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta ini harus melewati Gunung Lanang Terlebih dahulu. Untuk yang ingin meneruskan perjalanan dengan mendaki gunung , bisa mencoba mendaki gunung lanang ini.

5. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo merupakan salah satu Goa yang memiliki pemandangan yang indah di dalam nya. Dimana Goa ini telah ada sejak ribuan tahun lama nya dan jarak dari kedung pedut hanya sekuat 7 Km saja.