Tempat Wisata di Kalimantan Dengan Pesona Air Terjun Gunung Rian

Gunung Rian adalah salah satu gunung yang memiliki keindahan alam hutan hujan tropis yang terletak di Pulau Kalimantan. Tepatnya di Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Timur. Pesona yang ada di gunung ini adalah air terjun 7 tingkat menjulang tinggi yang indah dan menambah nilai eksotisme. Air Terjun Gunung Rian menjadi salah satu tempat wisata di Kalimantan yang perlu Anda kunjungi.

Mengenal Pesona Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian terletak di di kaki Gunung Rian. Dinamakan Air Terjun Rian karena lokasinya terletak di Kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung (KTT), Kalimantan Utara. Air terjun eksotis dengan ketinggian 90 meter ini memikat wisatawan untuk mengunjungi nya. Air terjun ini memberikan suguhan alam yang begitu indah, dengan air jernih yang mengalir memberikan nuansa kesegaran yang luar biasa. Baca juga tempat wisata di Kalimantan Goa Liang Tapah.

Pesona Air Terjun Gunung Rian ini memang sangat indah dan eksotis. Wisata alam yang sama sekali belum tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Bahkan karena kealamiannya itu disekitar Air Terjun tidak terdapat fasilitas seperti warung, toilet dan mushola.

Air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tidak akan dapat dijumpai di lokasi wisata air terjun yang lainnya. Air terjun ini menyajikan sesuatu yang berbeda dan unik, sehingga tidak akan membuat bosan. Di sekeliling air terjun merupakan hujan tropis dengan vegetasi yang beragam. Disini akan dijumpai salah satu flora khas Kalimantan yaitu pohon Ulin. Pohon yang bernama latin eusideroxylon zwageri.Pohon ini merupakan vegetasi hutan tropis yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi karena kayunya yang memang berkualitas.

Objek Wisata Air Terjun Rian

Air Terjun Rian tingginya sekitar 90 meter. Dari puncaknya dan jatuh melalui bebatuan terjal gunung rian yang terdiri dari 7 tingkatan. Namun hanya tingkatan 1 dan 2 saja yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk mencapai tingkatan lainnya perlu tenaga ekstra. Apalagi untuk sampai pada tingkat ke 7 yang merupakan puncak Air Terjun Gunung Rian. Yang selalu sampai ke tingkat ke 7 adalah orang-orang yang berpengalaman dibidang panjat tebing saja. Di tingkat 2 air yang jatuh belum terlalu tinggi. Di tingkat ini juga memiliki areal yang lebih luas dibandingkan dengan tingkatan lainnya dan bisa digunakan untuk berkemah.

Bagi yang gemar dengan tantangan di alam terbuka, tempat ini merupakan lokasi yang tepat untuk mengekspresikan kebebasan. Cobalah melintasi jalan poros yang membentang di sepanjang desa sekitaran Rian. Dapat terlihat Air Terjun Gunung Rian ini dari jalan yang dilalui. Jika ingin berlibur ke tempat ini sebaiknya pada saat musim kemarau. Karena jika kondisi hujan tanah menuju tempat tersebut sangat licin.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Gunung Rian

Akses menuju wisata alam Air Terjun ini sekitar 1 jam perjalanan. Lokasinya yang cukup jauh membuat wisata ini sama sekali belum dikelola oleh pemerintah daerah sekitar. Objek wisata ini berada diantara dua daerah kabupaten, yakni Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Kabupaten Malinau.

Perjalanan menuju lokasi bisa dibilang cukup mudah. Dari Tarakan bisa menaiki speedboat dan singgah di pelabuhan Kabupaten Tana Tidung. Lalu dilanjutkan melalui darat sejauh 28 km ke arah Malinau. Dari Malinau menuju lokasi adalah 45 km atau sekiatar satu jam perjalanan dari Tidang Pali, Ibukota Kabupaten tana Tidung. Meski lokasi Air Terjun Rian akses nya cukup jauh dari perkotaan, tapi tidak sedikit wisatawan yang berkunjung kesini.

Fasilitas Air Terjun Rian

Di tempat seindah Air Terjun Rian ini tidak disediakan fasilitas keamanan bagi mereka yang ingin menaiki hingga ke puncak. Ditempat ini juga tidak ada orang berjualan makanan. Jadi pengunjung harus membawa bekal sendiri agar tidak kelaparan. Jika pengunjung ingin kemah disini pengunjung harus membawa fasilitas sendiri. Dan jika ingin ke toilet atau melaksanakan ibadah sholat, sekitar 300-500 meter terdapat warung di simpang dari Kantor Desa Rian. Warung tersebut dengan sukarela menyediakan toilet umum dan fasilitas mushola.

Di objek wisata Air Terjun Gunung Rian ini tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Setara dengan fasilitas yang belum lengkap tersebut.