Agrowisata Kampung Nangorak Sumedang Yang Sangat Komplit

Di balik kota Sumedang, yang banyak mengatakan bahwa “Kota Leutik”. Tetapi Sumedang memiliki objek wisata yang tidak kalah indah nya dengan kota-kota yang lain nya. Mungkin banyak yang kurang tahu, kalau kota Sumedang ini juga mempunyai tempat wisata yang asik. Sekaligus asyik untuk rekreasi juga tempat untuk mengenal lebih dekat tentang pengetahuan bercocok tanam di tempat wisata sumedang. Dan juga beternak dengan keindahan alam yang menjajikan. Duduk di tempat semilir angin yang berhembus. Atau sekedar berjalan-jalan di kebun strawberry sambil memetik dan mencicipi buah nya yang sangat manis. Dan semua itu bisa kita dapatkan di tempat wisata Agrowisata Kampung Nangorak Sumedang.

Melihat kebun melon yang ranum dan harum atau mengunjungi peternakan sapi perah. Dan semua nya ada di sini. Inilah kawasan Agroteknobisnis Sumedang. Yaitu tempat wisata Agrowisata Kampung Nangorak Sumedang. Tempat wisata ini terletak di ketinggian antara 800-1000 meter mdpl. Hanya memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Karena jalannya yang sempit dan terus menanjak. Bahkan di beberapa tikungan jalan terlihat agak terjal. Maka haruslah ekstra hati-hati sebab jika tidak akan menyebabkan kecelakaan.

Agrowisata Kampung Nangorak Sumedang, Unggulan Kabupaten Sumedang

Kampung Nangorak Sumedang

Kabupaten Sumedang menyimpan banyak lokasi tempat wisata yang sangat menakjubkan. Ter desain dengan Kondisi alam yang berbukit berpadu. Dengan suhu yang cukup dingin membuat tanah Sumedang cocok untuk pembudidayaan berbagai jenis flora. Memanfaatkan sumber daya alam yang memukau itu, Pemerintah Kabupaten Sumedang berinisiatif menciptakan kawasan agrowisata. Kawasan Agroteknobisnis Sumedang (KAS) namanya. Keunggulan hamparan buah dan perkebunannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal.

Wisata Alam Rumah Pohon Kampung Nangorak

Wisata alam rumah pohon Kampung Nangorak merupakan sebuah tempat wisata yang berada di kawasan Gunung Rengganis, Kampung Nangorak. Tempat ini memberikan pengalaman berpetualang di alam terbuka yang berbeda bagi pengunjungnya. Sesuai dengan nama nya, tempat wisata ini mengandalkan objek rumah pohon sebagai salah satu fasilitas nya. Rumah pohon yang berada di tempat wisata ini bisa di jadikan tempat berkumpul dan juga berisitirahat para wisatawan. Bagi para pengunjung yang mau menginap, bisa juga menggunakan rumah pohon sebagai tempat penginapan. Baca juga tempat wisata gunung kunci sumedang

Di rumah pohon ini di lengkapi dengan berbagai macam perlengkapan. Sehingga yang menginap di sana bisa melakukan berbagai aktivitas. Sebagaimana layak nya berada di rumah sendiri, seperti memasak, memancing, dan juga berkumpul dan berbagai aktivitas lain nya. Di sini terdapat empat buah rumah pohon yang bisa digunakan oleh wisatawan. Di setiap rumah pohon disediakan lesehan sebagai tempat berkumpul wisatawan. Yang membawa teman dan atau keluarga, sambil menikmati pemandangan Kota Sumedang dan Gunung Rengganis.

Rute Menuju Agrowisata Kampung Nangorak Sumedang

Dari arah barat (Bandung), sekitar 500 meter sebelum alun-alun Sumedang. Terdapat perempatan Palasari, dimana jika belok ke kiri akan menuju ke Terminal bus antarkota. Dan pada kesempatan ini ambil arah ke kanan. Kondisi sebaliknya jika kita dari arah alaun-alun, maka sekitar 500 meter akan ditemui perempatan tersebut, dan ambil arah kiri. Ikuti jalan utama, dan ikuti tanda petunjuk ke arah Makam Pahlawan Naional Cut Nya’ Dhien. Arah ke lokasi agrowisata kampung nangorak Sumedang ini memang melewati makam yang juga dikenal sebagai Makam Gunung Puyuh ini.

Setelah melewati makam, ikuti terus jalan utama. Hingga sekitar 2,5 km akan ditemui percabangan jalan (pertigaan), ikuti arah jalan ke kanan. Jalan ini akan membawa kita langsung ke kawasan lokawisata agro tersebut. Total jarak dari jalan utama Sumedang sampai lokasi wisata ini sekitar 6 km. Jika masih bingung, ada cara yang paling gampang. Yaitu cobalah untuk meminta tolong ke ojek yang biasa mangkal. Lokasi nya tidak jauh dari Makam Gunung Puyuh.

Apa Saja Yang Bisa Dinikmati Di Kampung Nangorak Sumedang

Lokawisata agro di kampung Nangorak ini lebih dikenal dengan nama KAS (berasal dari singkatan Kawasan Agroteknobisnis Sumedang). Terletak di ketinggian antara 850 dan 1000 meter dpl, mempunyai medan (kondisi permukaan) yang menarik. Karena perbedaan ketinggian yang agak mencolok (berkontur rapat). Akan tetapi mempunyai bidang yang cukup datar di beberapa tempat. Di sisi kiri dapat terlihat rumah kaca yang cukup luas di dalam nya di tanami melon. Dengan pengairan sistem drip. Sedangkan di kelilingi rumah kaca yang terdapat kebun strawberry. Melon dan strawberry secara berkala siap untuk di panen. Dan pengunjung di persilahkan menikmati proses panen tersebut. Dengan cara-cara yang nanti nya di pandu oleh penjaga.

Sedang dikembangkan juga tanaman berkhasiat obat dengan jumlah sekitar 250 jenis tanaman. Sedikit mendaki dari daerah rumah kaca. Akan kita temui gazebo, yaitu rumah kaca atau pondok tanpa dinding, itu tempat untuk istirahat. Pondok yang terbuat dari kayu ini dasar nya merupakan anyaman bambu. Dan berupa panggung dengan ketinggian sekitar 1 meter dari permukaan tanah. Sekitar 15 meter sebelah timur dari gazebo ini, ada kolam pemancingan (ikan patin). Ini khusus bagi para pengunjung yang gemar pancing-memancing. Jika sudah dapat ikan nya, mau langsung di bakar juga bisa. Karena alat-alat pemanggang ikan ini di sana telah di sediakan dan cukup komplit.

Pencarian Terbaru: